x

Terjun Bebas ke Zona Merah, Pelatih Barito Putera Bersyukur Liga 1 Sempat Ditunda

Sabtu, 3 Desember 2022 10:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Skuat Barito Putera di Liga 1 2022, jelang menghadapi Rans Nusantara FC.

FOOTBALL265.COM - Terjun bebas ke zona merah klasemen, pelatih anyar PS Barito Putera, Rodney Goncalves akui bersyukur kompetisi Liga 1 2022/2023 sempat ditunda.

Kompetisi Liga 1 2022/23 ditunda setelah stakeholder sepak bola nasional dituntut untuk melakukan perbaikan, pascatragedi Kanjuruhan yang memakan ratusan korban.

Namun, ketika para pelaku sepak bola merasa rugi atas penghentian Liga 1, pelatih anyar Barito Putera malah mengaku mendapatkan hikmah di balik musibah ini.

Rodney Goncalves bisa memanfaatkan waktu jeda untuk beradaptasi dengan tim. 

Maklum, Rodney Goncalves baru saja resmi ditunjuk sebagai pelatih Barito Putera pada pekan ke-9, dan liga terhenti di pekan ke-11.

Baca Juga

Rodney Goncalves baru pertama kali ini melatih tim Indonesia. Apalagi, pelatih asal Brasil itu dituntut untuk membenahi skuad yang sebelumnya diramu Dejan Antonic.

Barito Putera tak mampu berbicara banyak di Liga 1 2022/23. Mereka menatap kekalahan demi kekalahan, hingga terbenam di zona merah, kemudian terancam degradasi.

Baca Juga

Dengan beban berat untuk mengangkat prestasi Laskar Antasari di Liga 1, Rodney tentu perlu adaptasi. Maka, ia mengambil sisi positif dari penundaan kompetisi ini.

"Saya akui ada hikmah dari berhentinya Liga 1," blak-blakan Rodney Goncalves.

"Saya jadi memiliki waktu yang sangat baik untuk mengetahui para pemain di sini, dan saya coba memahami potensi yang ada pada diri mereka," ungkap sang pelatih.

Baca Juga

1. Kelemahan Barito Putera di Mata Rodney

Rodney Borges Goncalves, pimpin latihan Barito Putera.

Beban berat menanti Rodney Goncalves. Jika Liga 1 2022/23 kembali bergulir, ia harus mendongkrak peringkat skuad Barito Putera.

Rodney menilai jika kemampuan individu para pemain Laskar Antasari sudah bagus, tidak ada masalah. Hanya saja, dia melihat ada sisi mentalitas yang kurang maksimal.  

"Saya percaya bahwa para pemain secara fisik dan teknik berada dalam kondisi yang bagus. Tetapi secara psikologis saya tidak bisa mengatakan apa pun," ucap Rodney. 
 
Selama jeda Liga 1, banyak hal dilakukan Rodney Goncalves untuk membenahi tim binannya, terutama menjaga kondisi fisik.

Barito Putera kini melakukan pemusatan latihan di Yogyakarta, sebagai pemanasan menanti Liga 1 2022/23.

Baca Juga

Laskar Antasari juga baru saja menjajal laga uji coba melawan PSS Sleman, hari Jumat (02/12/22) sore. Namun, hasil akhir kurang memuaskan, Barito harus tumbang 0-2.

Dua gol dilesakkan oleh penggawa muda PSS Sleman, Todd Rivaldo Ferre dan Hokky Caraka. Rodney berupaya mencari materi terbaik untuk meningkatkan mental Barito.

Baca Juga

"Kami selama ini hanya menjaga sesi latihan kami tetap berjalan," 

"Kami menggunakan waktu yang ada untuk mencoba mengembangkan ide bermain dan melakukan beberapa penyesuaian," ujar Rodney Goncalves yang sempat melatih Timnas El Savador U-20 itu. 

Berdasarkan kabar terkini, kompetisi Liga 1 2022/23 yang diikuti Barito Putera sudah mendapatkan izin dari Polri, dan akan mulai digelar pada 5 Desember. Lokasi tetap terpusat di Jateng dan Jogja.

Baca Juga
Barito PuteraLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023Rodney Borges Goncalves

Berita Terkini