x

Yassine Bounou, Si Tangan Besi Maroko yang Buat Spanyol Tersingkir di Piala Dunia 2022

Rabu, 7 Desember 2022 01:48 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Yassine Bounou jadi pahlawan kemenangan Maroko pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan menepis dua tendangan Spanyol di adu penalti, Selasa (06/12/22).

FOOTBALL265.COM – Sosok Yassine Bounou sukses jadi pahlawan kemenangan Maroko pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan menepis dua tendangan Spanyol di babak adu penalti, Selasa (06/12/22).

Bertanding di Education City Stadium, Timnas Maroko kembali melanjutkan kejutan di Piala Dunia 2022 dengan singkirkan salah satu kandidat kuat juara, Spanyol lewat babak adu penalti.

Sepanjang laga berjalan, sejatinya Spanyol mampu menguasai pertandingan dengan torehkan 77% penguasaan bola serta lepaskan 13 tembakan.

Berbanding terbalik dengan Maroko yang hanya memanfaatkan serangan balik, dan cuma catatkan 6 tembakan sepanjang laga.

Meski lebih dominan, namun Spanyol kerap kali kesulitan menembus pertahanan rapat Maroko bahkan banyak peluang emas yang mereka dapatkan harus terbuang percuma lantaran finishing yang buruk.

Baca Juga

Hingga 90 menit laga berjalan, Spanyol masih belum mampu memecah kebuntuan dan memaksa pertandingan berlanjut ke extra time.

Dalam 2x15 menit babak tambahan, keadaan serupa dialami Spanyol yakni kesulitan membuka skor meski mereka mampu menguasai permainan.

Baca Juga

Skor tak kunjung berubah hingga masa perpanjangan berakhir, dan pertandingan kembali dilanjutkan ke babak adu penalti.

Apes bagi Spanyol, setelah menguasai permainan selama 120 menit namun mereka gagal lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 usai tiga penendang mereka gagal menjalankan tugas.

Para eksekutor Spanyol yang dimulai dari Pablo Sarabia, Carlos Soler hingga Sergio Busquets tak mampu menjaringkan bola ke gawang Maroko.

Sementara empat penendang Maroko, hanya Badr Benoun yang tak bisa menjalankan tugas. Sedangkan Abdelhamid Sabiri, Hakim Ziyech dan Achraf Hakimi berhasil mencetak gol dan membawa Maroko menang 3-0 serta lolos ke perempat final Piala Dunia 2022.

Dibalik keberhasilan Maroko tumbangkan Spanyol, ada peran penting Yassine Bounou yang sukses memblok dua tembakan penalti Tim Matador di babak adu tos-tosan.

Baca Juga

1. Profil Yassine Bounou

Yassine Bounou dari Maroko menyelamatkan penalti yang gagal dilakukan oleh Carlos Soler dari Spanyol di Piala Dunia 2022 REUTERS-Lee Smith

Tak cuma di babak adu penalti, penampilan gemilang Yassine Bounou juga sudah terlihat dalam waktu normal saat hadapi Spanyol.

Tercatat, ada delapan penyelamatan kunci yang dilakukan Yassine Bounou dan membuat Maroko terhindar dari kebobolan sebelum babak adu penalti.

Jika melihat trek rekornya sebagai pemain, Yassine Bounou memang kerap jadi momok menakutkan para pemain lawan saat duel penalti.

Melansir dari laman whoscored, tercatat Yassine Bounou mampu melakukan penyelamatan sebanyak 26 kali saat berhadapan dengan pemain lawan di kotak 16.

Selain itu, kiper Sevilla tersebut telah melakukan 13 kali penyelamatan dari total 50 penalti yang ia dapatkan.

Baca Juga

Memulai karier di akademi Atletico Madrid, karier Yassine Bounou mulai meroket dan dilirik timnas saat dirinya hengkang ke Girona pada musim 2016 silam.

Selama tiga musim memperkuat Girona, Yassine Bounou bermain sebanyak 84 pertandingan dengan torehan 25 kali clean sheets di semua ajang.

Baca Juga

Berbekal postur tubuh tinggi (195 cm) serta refleks membaca bola yang baik, membuat Yassine Bounou dilirik Sevilla musim 2019.

Sempat berstatus pinjaman, namun performa impresifnya di musim debut membuat Sevilla rela mengeluarkan kocek 4 juta euro untuk mempermanenkan Yassine Bounou dari Girona.

Dalam empat musim di Ramon Sanchez Pizjuan, pemain berusia 31 tahun tersebut sudah bermain sebanyak 120 laga dengan statistik 109 kali kebobolan dan 53 clean sheets.

Sejumlah prestasi pun berhasil diraih Yassine Bounou bersama Sevilla, mulai dari juara Europa League musim 2019/20 serta runner up UEFA Super Cup tahun 2020.

Yassine Bounou juga sempat meraih penghargaan La Liga Zamora Trophy atau kiper terbaik Liga Spanyol musim 2021/22 serta masuk dalam skuad UEFA Europa League of the Season 2019/20.

Berbekal penampilan gemilang hingga tumbangkan Spanyol di 16 besar Piala Dunia 2022, mampukah Yassine Bounou membawa Maroko melangkah lebih jauh di Piala Dunia tahun ini? Menarik dinantikan.

Baca Juga
SpanyolPiala DuniaMarokoPiala Dunia 2022Yassine BounouTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini