x

Tiba di Jakarta, Bintang Liga Belanda Segera Urus Proses Naturalisasi demi Perkuat Timnas Indonesia

Jumat, 16 Desember 2022 14:36 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Rafael William Struick, pemain keturunan yang tampil membela Timnas Indonesia U-20 vs Slovakia, Sabtu (19/11/22).

FOOTBALL265.COM - Tiba di Jakarta, salah satu pemain keturunan asal Belanda, Rafael Struick segera mengurus proses naturalisasi, demi bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Rafael Struick sudah tiba di Indonesia pada Kamis (15/12/22) malam, guna menjalani tes medis. Tes ini merupakan salah satu syarat penting untuk mengikuti proses naturalisasi.

Kedatangan Rafael Struick dikabarkan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, atau yang akrab disapa Iwan Bule.

Rafael datang ke Indonesia dengan seorang wanita, yang diduga adalah ibunya. Namun, Rafael memiliki darah Belanda dari sang ayah dan neneknya orang asli Semarang.

Ketum PSSI menambahkan bahwa Rafael Struick yang berusia 19 tahun, sudah tidak sabar membela Timnas Indonesia U-20.

Baca Juga

"Semalam Rafael Struick datang ke Indonesia dan langsung dijemput oleh Bung Hamdan Hamedan," ungkap Iwan Bule.

Baca Juga

"Di sela kesibukan membela ADO Den Haag, dia menyempatkan waktu guna melengkapi dokumen dan tes medis sebagai syarat mendapatkan Kewarganegaraan Indonesia."

"Saya harap Rafael bisa menikmati prosesnya," lanjut Iwan Bule lagi.

"Dan tentutnya seperti harapan masyarakat sepak bola Indonesia, Rafael bisa segera ucapkan Sumpah WNI dan memperkuat Timnas U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 Tahun Depan."

Baca Juga

1. Rafael Struick untuk Timnas Indonesia U-20

Rafael William Struick, pemain keturunan yang tampil membela Timnas Indonesia U-20 vs Slovakia, Sabtu (19/11/22).

Diketahui, nama Rafael William Struick mulai menarik perhatian publik saat ia mengikuti pemusatan latihan Timnas U-20 di Spanyol.

Pemain berusia 19 tahun sudah pernah terlibat dalam uji coba yang digelar Timnas Indonesia U-20, sehingga wajar ketika Shin Tae-yong memintanya untuk dinaturalisasi.

"Selama menjalani trial beberapa waktu lalu, permainan Rafael diapresiasi oleh Shin Tae-yong," ungkap Ketum PSSI, Iwan Bule.

"Rafael pun merasa nyaman dan diterima ketika bergabung bersama penggawa Garuda Nusantara," lanjut Iwan Bule.

Saat Timnas Indonesia U-20 menggelar laga uji coba kontra Slovakia U-20, 19 November lalu, Rafael Struick berkontribusi mencetak satu gol, dan menjadi man of the match.

Baca Juga

Hanya saja, kala itu Garuda Nusantara harus mengakui keunggulan Slovakia di angka 1-2.

Namun, kehadiran Rafael Struick dirasa cukup untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia U-20 jelang Piala Asia U-20 dan juga Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Sebab, sebelumnya PSSI sudah mengajukan proses naturalisasi dua pemain muda lain, yakni Ivar Jenner dan Justin Hubner.

Baca Juga

Rafael Struick menimba ilmu sepak bola di Akademi Forum Sport, kemudian ia pindah ke RKAVV Leidschendam pada tahun 2020.

Namun, ia tak lama di akademi tersebut, karena Rafael langsung masuk Akademi ADO Den Haag. Kini ia tercatat sebagai pemain senior di tim Liga 2 Belanda itu.

Rafael Struick pernah main di Keuken Kampioen Divisie dalam dua laga. Namun ketimbang hanya duduk di bangku cadangan, Struick kini dipinjamkan ke ADO Den Haag U-21.

Baca Juga
BelandaPSSINaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalADO Den HaagIwan BuleMochamad IriawanKetua Umum PSSIBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Rafael William Struick

Berita Terkini