x

Kejutan, FIFA Tunjuk Negara Antah-berantah Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2025

Jumat, 16 Desember 2022 20:37 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Juni Adi
Presiden FIFA Gianni Infantino secara resmi telah menetapkan bahwa Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2025 akan berlangsung di Seychelles, Afrika bagian timur.

FOOTBALL265.COM – Presiden FIFA Gianni Infantino secara resmi telah menetapkan bahwa Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2025 akan berlangsung di Seychelles, Afrika bagian timur.

Sebagai permulaan, Piala Dunia Sepak Bola Pantai FIFA merupakan kompetisi internasional yang akan dimainkan oleh tim nasional pria dari asosiasi anggota FIFA.

Turnamen ini pertama kali digelar pada 1995 di Pantai Copacabana, Rio de Janeiro, Brasil yang dimenangkan oleh tuan rumah.

Sebelumnya, turnamen ini pertama kali berada di bawah payung Beach Soccer Worldwide (BSWW) yang kemudian diambil alih oleh FIFA pada 2005 silam.

Awalnya, Piala Dunia Sepak Bola Pantai digelar setiap setahun sekali, namun setelah 2009 pelaksanaan mulai dilaksanakan setiap dua tahun.

Baca Juga

Hal terjadi karena FIFA menilai pelaksanaan turnamen dua tahun sekali dilakukan agar turnamen tingkat konfederasi bisa terus berkembang tanpa terganggu oleh kualifikasi.

Berangkat dari sana, FIFA memandang bahwa acara dua tahunan ini terus mendapatkan respons positif, sehingga mereka berencana untuk memindahkan lokasi pelaksanaan dari asalnya di Brasil.

Baca Juga

Untuk pertama kalinya, Piala Dunia Sepak Bola Pantai digelar di Plages du Prado, Marseille, Prancis pada 2008 silam.

Kemudian, setelah turnamen ini digelar di Prancis, negara-negara lain seperti, Uni Emirat Arab, Italia, hingga Portugal berkesempatan untuk menjadi tuan rumah.

Dengan demikian, FIFA pada akhirnya telah menetapkan bahwa pelaksanaan Piala Dunia Sepak Bola Pantai edisi 2023 dan 2025 akan digelar di dua negara yang berbeda, termasuk Afrika bagian timur.

Baca Juga

1. Negara Afrika Bagian Timur Jadi Tuan Rumah Berikutnya

Presiden FIFA Gianni Infantino

Beberapa waktu lalu, FIFA telah merilis tuan rumah untuk turnamen Piala Dunia Sepak Bola Pantai pada edisi 2023 dan 2025.

Melalui Twitter resminya, FIFA memberikan informasi bahwa pada pelaksanaan turnamen Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2023 akan berlangsung di Dubai.

Sebelumnya, Dubai pernah menjadi tuan rumah turnamen ini pada edisi 2009 yang bertempat di Pantai Jumeirah, Dubai, Uni Emirat Arab.

Pada turnamen itu, Brasil kembali membawa pulang gelar juara setelah mengalahkan Swiss dengan skor telak 10-5.

Sedangkan pada pelaksanaan Piala Dunia Sepak Bola Pantai 2025, FIFA telah menunjuk Seychelles sebagai tuan berikutnya.

Baca Juga

Melansir Wikipedia, Seychelles merupakan negara kepulauan yang berada di Samudera Hindia atau sebelah timur dari laut Madagaskar, Afrika.

Negara Seychelles memiliki pantai berpasir putih yang cukup indah karena terdiri dari 115 pulau.

Baca Juga

Hanya saja, negara ini hanya memiliki populasi sekitar 86.525 jiwa, sehingga menjadikannya salah satu negara dengan populasi terkecil di Afrika.

Namun, FIFA menilai bahwa Seychelles memiliki wilayah yang cukup indah sehingga sangat ideal untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola Pantai.

Sumber: FIFA

FIFABola InternasionalSepak Bola PantaiAfrika

Berita Terkini