x

3 Pelatih Lokal yang Sukses Bawa Negaranya Juara Piala AFF, Tahun Ini Dijamin Tak Ada

Selasa, 20 Desember 2022 19:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mantan pelatih Thailand yang pernah juara Piala AFF, Kiatisuk Senamuang. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

FOOTBALL265.COM - Sederet pelatih asing menyerbu gelaran Piala AFF 2022 yang mulai berlangsung hari ini, Selasa (20/12/22).

Ada hal unik memang, di edisi Piala AFF kali ini, di mana seluruh kontestan yang berpartisipasi ditangani oleh pelatih asing.

Selain Timnas Indonesia yang ditangani Shin Tae-yong, Vietnam dan Malaysia juga dibesut pelatih asal Korea Selatan. Kemudian ada Alexandre Polking di Timnas Thailand dan yang lainnya.

Namun sepanjang sejarah turnamen, sepak terjang para pelatih lokal juga tidak kalah hebat dari mereka yang berasal dari luar negeri.

Sejak turnamen dimulai pada tahun 1996, tercatat ada tiga pelatih lokal yang berhasil membawa tim asuhannya memenangkan Piala AFF.

Baca Juga

Nah, siapa saja mereka, para local pride yang berprestasi untuk negaranya tersebut?

Thawatchai Sartjakul (Timnas Thailand)

Sosok yang satu ini menjadi pelatih pertama yang mencatatkan kemenangan di Piala AFF. Bersama Timnas Thailand, ia berhasil membawa pulang gelar juara di edisi 1996.

Baca Juga

Saat itu, kompetisi Piala AFF bahkan masih bernama Tiger Cup dan diselenggarakan di Singapura pada bulan September.

Timnas Thailand memiliki bekal yang apik di fase gugur setelah meloloskan diri sebagai juara grup. Di semifinal, mereka menekuk Thailand untuk akhirnya menginjakkan kaki di partai puncak.

Di final Piala AFF 1996, Timnas Thailand berjumpa Malaysia dan memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0. Adalah Kiatisuk Senamuang yang menjadi pencetak gol tunggal di laga tersebut. 

Baca Juga

1. Thawatchai Sajakul dan Rajagobal Krishnasamy

Mantan pelatih Thailand yang pernah juara Piala AFF, Kiatisuk Senamuang. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Thawatchai Sajakul atau Wanasthana Sajakul menangani Timnas Thailand dari periode 1993 sampai dengan 1996 di berbagai level usia.

Selain olahraga, ia juga sempat berkecimpung di dunia politik dan pernah menjabat sebagai salah satu anggota parlemen.

Selain Piala AFF alias Tiger Cup 1996, ia juga mempersembahkan medali emas untuk Thailand di cabor sepak bola SEA Games 1995 dan 1997.

Di edisi 1995, Thailand menekuk Vietnam 4-0. Lalu di edisi 1997, mereka berhadapan dengan Timnas Indonesia di final dan memenangkan laga melalui adu penalti 4-2.

Bukan hanya itu, medali emas SEA Games 1993 juga pernah digondolnya setelah membawa Thailand menang atas Myanmar 4-1.

Baca Juga

Bukan hanya Timnas Thailand, sepanjang kariernya Thawatchai Sajakul juga pernah membesut klub sepak bola yang berbasis di Bangkok, Chula-Sinthana FC.

Rajagobal Krishnasamy (Timnas Malaysia)

Sediki berbeda dengan Thawatchai Sajakul, sosok yang satu ini memang memiliki latar belakang sepak bola lantaran pernah berprofesi sebagai pemain.

Baca Juga

Eks striker Selangor dan Sabah FA ini juga pernah menjadi bagian Timnas Malaysia selama periode 1980 sampai dengan 1982.

Saat menangani Timnas Malaysia sebagai pelatih, ia berhasil membawa Harimau Malaya menjuarai Piala AFF 2010.

Gelar perdana Harimau Malaya di ajang Piala AFF tersebut diperoleh setelah menumbangkan Timnas Indonesia melalui pertandingan dua leg, dengan kemenangan agregrat 4-2.

Baca Juga
 

2. Rajagobal Krishnasamy dan Kiatisuk Senamuang

Mantan pelatih Thailand yang pernah juara Piala AFF, Kiatisuk Senamuang. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Sebelumnya, Rajagobal Krishnasamy juga membawa Timnas Malaysia memenangkan medali emas di SEA Games 2009.

Pada 2011 lalu, ia mendapat anugerah Panglima Jasa Negara atas kontribusinya untuk Malaysia. Sejak saat itu, ia pun menyandang kata Datuk di depan namanya.

Sebelum Piala AFF 2022, pelatih kelahiran Kuala Lumpur ini sempat ditunjuk menangani Brunei, tapi ia lengser dari jabatannya tanpa sekali pun bertugas di pertandingan karena pandemi Covid-19.

Baru turun takhta beberapa waktu lalu, posisinya saat ini digantikan oleh pelatih asal Spanyol, Mario Rivera Campesino.

Selain Timnas Malaysia, Rajagobal Krishnasamy pun pernah membesut tim-tim di level klub termasuk Selangor FA, Kelantan FA, dan Sarawak FA.

Baca Juga

Kiatisuk Senamuang (Timnas Thailand)

Menjadi pahlawan kemenangan skuad Gajah Perang di Piala AFF 1996, Kiatisuk Senamuang kemudian mengabdikan dirinya sebagai pelatih Timnas Thailand pada tahun 2013.

Sempat menangani tim U-23, ia naik jabatan pada 2014 setelah menjabat sebagai caretaker tim senior. Ia pun memimpin Timnas Thailand ke Piala AFF dan berhasil meraih gelar juara.

Baca Juga

Memakai sejumlah pemain dari tim U-23 yang pernah dibesutnya, Kiatisuk Senamuang dan anak-anak asuhnya memenangkan laga final kontra Malaysia lewat agregat 4-3.

Namun kesukesan Kiatisuk Senamuang di kancah Piala AFF tidak berhenti sampai di situ saja. Di edisi berikutnya, ia kembali membawa Timnas Thailand berjaya.

Di Piala AFF 2016, mereka menekuk Timnas Indonesia asuhan Alfred Riedl melalui pertandingan final dua leg dengan kedudukan agregat 3-2.

Baca Juga
MalaysiaThailandPiala AFFBola InternasionalKiatisuk SenamuangPiala AFF 2022

Berita Terkini