x

5 Kiper yang Bisa Pindah Klub Usai Tampil Apik di Piala Dunia 2022

Rabu, 21 Desember 2022 19:48 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Kiper Polandia, Wojciech Szczesny penyelamat gawang setelah pemain Argentina Lionel Messi gagal penalti di grup C Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Amanda Perobelli)

FOOTBALL265.COM - Piala Dunia 2022 menunjukkan bahwa ada sejumlah kiper yang punya kualitas terbaik. Mereka pun bisa pindah klub usai tampil apik di Piala Dunia tersebut.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa negara yang secara mengejutkan mampu melaju jauh di Piala Dunia 2022, termasuk dengan menyingkirkan negara-negara favorit.

Baca Juga

Padahal, kiper-kiper ini tidak setenar kiper top dunia lainnya. Namun, mereka mampu menunjukkan kualitasnya bisa setara lewat turnamen akbar empat tahunan tersebut.

Dengan performanya kemarin, para kiper ini bisa direkrut oleh klub-klub besar Eropa di bursa transfer berikutnya.

Berikut lima kiper yang bisa pindah klub usai tampil baik di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Wojciech Szczesny - Polandia 

Polandia memang tidak lolos dari babak 16 besar usai kalah 1-3 dari Prancis. Tetapi, penampilan Wojciech Szczesny cukup menyita perhatian.

Baca Juga

Performanya cukup apik saat dirinya tampil di fase grup. Dari empat penampilannya, dia kebobolan lima kali dan meraih dua clean sheet.

Dengan performa ini, Szczesny sepertinya bisa jadi perbincangan untuk bursa transfer mendatang meski kontraknya di Juventus baru berakhir pada Juni 2024 nanti.


1. Dominik Livakovic - Kroasia

Dominik Livakovic dari Kroasia usai kalahkan Brasil dan maju ke semi final Piala Dunia 2022 REUTERS-Dylan Martinez

Dalam dua edisi Piala Dunia terakhir, Kroasia tampil impresif, termasuk lini belakangnya. Mereka punya kiper berkualitas.

Di Piala Dunia 2018, Danijel Subasic mampu menghantarkan Kroasia ke final. Kini, Dominik Livakovic juga membawa Kroasia ke peringkat tiga Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Livakovic mengejutkan dunia dengan menghentikan Brasil dalam babak adu penalti di semifinal. Total, dia punya 25 penyelamatan, dua clean sheet, dan kebobolan tujuh kali.

Saat ini, kiper 27 tahun tersebut juga terikat kontrak dengan Dinamo Zagreb, klub asal Kroasia, hingga Juni 2024.

Yassine Bounou - Maroko 

Sama seperti Livakovic, Yassine Bounou adalah penyelamat Maroko, khususnya saat menumbangkan Spanyol di babak 16 besar lewat babak adu penalti.

Bounou juga sukses membawa Maroko ke perebutan tempat ketiga meski akhirnya kalah dari Kroasia dengan skor 1-2.

Baca Juga

Meski begitu, ini adalah pencapaian terbesar Maroko karena Maroko merupakan negara Afrika pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia.

Kegemilangan ini sepertinya membawa dirinya menjadi incaran klub besar. Akan tetapi, dia masih jadi pemain Sevilla FC hingga Juni 2025 nanti.


2. Yann Sommer - Swiss

Yann Sommer penjaga gawang Swiss

Ketertarikan klub-klub besar terhadap Yann Sommer memang sudah cukup lama tersiar. Tetapi, belum ada pergerakan hingga saat ini.

Kiper 34 tahun ini telah mengawal pertahanan Swiss di Piala Dunia 2022 meski akhirnya tidak lolos dari babak grup.

Baca Juga

Namun, Manchester United sepertinya akan melakukan pergerakan untuk menggaetnya demi menggantikan David de Gea.

Untuk kontraknya, Sommer sendiri akan bertahan di Borussia Monchengladbach, klub asal Jerman, hingga Juni 2023.

Jordan Pickford - Inggris 

Penampilan Jordan Pickford di Piala Dunia 2022 memang tidak begitu memukau karena Inggris berakhir di perempat final usai kalah dari Prancis.

Baca Juga

Di level klub, Pickford telah bertahan lebih dari lima musim di Everton. Ini saatnya untuk pindah ke klub yang lebih besar.

Sejauh ini, Tottenham Hotspur menunjukkan minatnya terhadap kiper 27 tahun ini untuk menggantikan Hugo Lloris yang sudah berusia 35 tahun.

Piala DuniaPiala Dunia 2022KiperYassine BounouTrivia Piala Dunia 2022Dominik Livakovic

Berita Terkini