x

4 Penyerang Belanda yang Pernah Bela Liverpool, Hati-hati Cody Gakpo

Rabu, 28 Desember 2022 20:52 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi penyerang sayap Belanda, Cody Gakpo usai cetak gol ke gawang Qatar dalam laga terakhir Grup A Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Albert Gea).

FOOTBALL265.COM - Liverpool sudah resmi memboyong Cody Gakpo dari PSV Eindhoven. Ternyata sebelum dirinya, sudah ada 4 penyerang Belanda yang pernah bela The Reds. 

Tidak lama usai Piala Dunia 2022 berakhir, terjadi kejutan jelang bursa transfer musim dingin Januari 2023 mendatang. 

Baca Juga

Yakni bintang muda dari skuat Belanda akhirnya melabuhkan hatinya untuk Liverpool, di tengah spekulasi yang mengatakan dia juga diincar Manchester United. 

Transfer mengejutkan ini terjadi manakala wartawan terkemuka, Fabrizio Romano mengumumkan bahwa kesepakatan antara Cody Gakpo dan Liverpool sudah terjadi. 

Tentu saja, kabar ini cukup mengejutkan, mengingat pemain yang moncer di gelaran Piala Dunia 2022 ini dikaitkan dengan Manchester United. 

Baca Juga

Bahkan, pelatih Manchester United, Erik ten Hag sudah memberikan kode dengan sebuah senyuman, manakala ditanya oleh wartawan soal kemungkinan datangnya Cody Gakpo.

Sebelumnya, Romano juga sempat mengabarkan bahwa Manchester United sejatinya sudah mendapat lampu hijau, tetapi tak juga memberikan tawaran.

Kondisi ini agaknya segera disikapi oleh Liverpool yang memang mencari pemain sayap baru guna menambah daya gedor di lini depan. 

Baca Juga

Apalagi, Liverpool dan sang pelatih, Jurgen Klopp akan ditinggal pemain sayap asal Kolombia, Luis Diaz yang terkena cedera berkepanjangan yang bisa dilapis oleh Cody Gakpo.

Akhirnya bintang berusia 23 tahun itu akan berseragam Liverpool per Januari 2023 mendatang. Namun, dia harus hati-hati jika melihat 4 penyerang Belanda di bawah ini yang ternyata pernah bermain di Anfield. 


1. 1. Erik Meijer

Dirk Kuyt, pelatih tim Feyenoord U19.

Penyerang Belanda pertama yang berseragam Liverpool adalah Erik Meijer. The Reds merekrutnya dari Bayer Leverkusen pada musim panas 1999 silam. 

Namun pada penghujung tahun 2000, Meijer angkat kaki dari Anfield dan memilih Hamburg SV sebagai pelabuhan berikutnya. 

Baca Juga

Benar saja, striker yang sempat dikenal spesialis heading itu kesulitan di Liverpool dengan hanya mencetak dua gol dari 26 penampilan kompetitif. 

2. Boudewijn Zenden

Butuh waktu lebih dari lima tahun untuk Liverpool kembali merekrut penyerang Belanda, yakni Boudewijn Zenden yang diboyong pada musim panas 2005. 

Zenden sebelum gabung Liverpool sudah main di Liga Inggris untuk klub gurem Middlesbrough FC. 

Baca Juga

Namun ternyata itu tidak terlalu membantu adaptasinya di Anfield. Zenden hanya mencetak dua gol dari 47 pertandingan selama dua musim. 

Karena penampilannya yang kurang memberi kontribusi, manajemen Liverpool pun menjualnya ke Olympique Marseille pada musim panas 2007 silam.

3. Dirk Kuyt

Mungkin dalam daftar ini, hanya Dirk Kuyt sebagai penyerang Belanda yang cukup moncer bersama Liverpool. 

Baca Juga

Kuyt bergabung pada musim panas 2006 dari Feyenoord yang kemudian membela Liverpool selama enam tahun. 

Selama enam tahun itu, Dirk Kuyt sukses membuktikan kualitasnya dengan catatan 71 gol dari 285 pertandingan di semua kompetisi bersama The Reds. 


2. 4. Ryan Babel

Ryan Babel dab Memphis Depay

Kesuksesan Dirk Kuyt di Liverpool membuat Liverpool kembali merekrut penyerang asal Belanda, kali ini posisinya winger yakni Ryan Babel. 

Datang dari Ajax Amsterdam yang suka memproduksi para pemain muda berbakat, Ryan kala itu memang dipandang sebagai salah satu wonderkid paling berkualitas. 

Meski dipandang kurang meyakinkan, Babel mampu bertahan di Anfield selama lima tahun dari 2017-2012. Setelah itu, dia dilepas ke TSG 1899 Hoffenheim secara bebas transfer. 

Baca Juga

Selama lima musim bermain untuk Liverpool, Ryan Babel memang kurang moncer buktinya hanya mampu cetak 22 gol dari 146 penampilan di semua kompetisi. 

Kini, dia masih aktif bermain di Liga Turki bersama klub Eyupsor dengan mencetak empat gol dan satu assist di musim 2022/2023 ini.

Melihat keempat penyerang Belanda yang sudah membela Liverpool, hanya Dirk Kuyt yang mampu menaklukkan Anfield. Oleh karena itu, Cody Gakpo harus hati-hati dengan karirnya di Liverpool.

Manchester UnitedLiverpoolBelandaDirk KuytLiga InggrisCody Gakpo

Berita Terkini