x

Deretan Fakta Kemenangan Man City atas Leeds di Liga Inggris: Erling Haaland Banjir Rekor!

Kamis, 29 Desember 2022 08:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Erling Haaland melepaskan tembakan di laga Leeds United vs Manchester City (29/12/22). (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

FOOTBALL265.COM – Kemenangan Manchester City atas Leeds United pada lanjutan Liga Inggris (Premier League) diwarnai dengan sejumlah fakta menarik termasuk rekor yang dicatat Erling Haaland.

Manchester City memetik kemenangan 1-3 saat menjalani laga Boxing Day Liga Inggris saat bertandang ke Elland Road, kandang Leeds United, Kamis (29/12/22) dinihari WIB.

Pemain asal Norwegia, Erling Braut Haaland menjadi bintang lapangan dengan mencetak dua gol kemenangan Manchester City di menit ke-51 dan 64.

Sementara satu gol lagi dicetak oleh Rodri Hernandez di akhir babak pertama (45+1’). Ada pun Leeds hanya mampu membalas satu gol berkat Pascal Struijk (73’).

Hasil Liga Inggris ini membawa Manchester City kembali ke peringkat kedua klasemen sementara dengan 35 poin. Sementara Leeds United tertahan di peringkat ke-15.

Baca Juga

Terlepas dari kemenangan itu, INDOSPORT merangkum lima fakta menarik yang terjadi di pertandingan Leeds United vs Manchester City:

1. Haaland Kian Perkasa di Puncak Top Skor

Dua gol yang dilesakkan ke gawang Leeds United membawa Erling Haaland kian menguasai puncak top skor Liga Inggris.

Baca Juga

Penyerang asal Norwegia tersebut kini mengantongi 20 gol dari 14 penampilan di Liga Inggris. Di belakangnya, ada Harry Kane yang baru mengoleksi 12 gol dari 15 penampilan sejauh musim ini.

Catatan ini membuat mantan pemain Borussia Dortmund ini hampir tak mampu dikejar oleh pemain Liga Inggris manapun.

Posisinya akan semakin di atas awan jika mampu mencetak gol lagi di pertandingan Manchester City berikutnya.

Baca Juga

1. 2. Haaland Catat Rekor Gila

Erling Haaland melepaskan tembakan di laga Leeds United vs Manchester City (29/12/22). (Foto: Reuters/Lee Smith)

Tak hanya semakin memuncaki daftar top skor Liga Inggris, Erling Haaland juga mencatat sejumlah rekor di luar nalar dengan dua golnya ke gawang Manchester City.

Saat Haaland mencetak gol pertamanya di laga kontra Leeds, pundi-pundi Haaland bertambah menjadi 19 gol dalam 14 penampilan di Liga Inggris.

Menurut Opta Joe, catatan ini membuatnya melampaui rekor yang pernah dibuat oleh ayahnya sendiri, Alfie Haaland 18 gol dalam 181 penampilan).

Bukan hanya itu, brace ke gawang Leeds United juga menjadikan Haaland pemain tercepat yang mencetak 20 gol di Liga Inggris, di mana dia melakukannya hanya dalam 14 penampilan.

Beberapa pemain sebelumnya mencatatkan 20 gol setelah tampil di 20 lebih penampilan. Sebut saja Kevin Phillips (21), Andrew Cole (23), Ruud van Nistelrooy (26), Diego Costa (26), dan Tony Yeboah (26).

Baca Juga

Dengan pencapaian ini, Erling Haaland semakin mengukuhkan dirinya sebagai robot. Sebab, dia telah mengantongi 100 gol dalam 81 penampilan di sepanjang kariernya baik di Bundesliga Jerman  (82 gol , 18 assist) maupun Liga Inggris.

3. Debut Rico Lewis

Pertandingan Leeds United vs Manchester City menjadi pertama kalinya Rico Lewis menjalani debut sebagai starter di skuad senior besutan Pep Guardiola.

Opta mencatat, Lewis yang brusia 18 tahun 37 hari jadi pemain Inggris termuda yang debut di Liga Inggris bersama Manchester City.

Baca Juga

Rekor ini sebelumnya pernah dipecahkan eks pemain Man City, Micah Richards pada Mei 2006 saat melawan Blacburn. Dia debut di usia 17 tahun, 317 hari.

Menghadapi Leeds United, Rico Lewis bermain selama 68 menit sebagai bek kanan sebelum digantikan oleh Joao Cancelo.

Menurut data Sofascore, Lewis mendapat rating 6,8, setelah sukses mencatat 2 kali sapuan, menang 1 kali duel udara, dua kali dari 5 percobaan perebutan bola, dan akurasi passing 87 persen.

Intinya, dia tampil luar biasa dalam menguasai dan mematikan bola. Dia juga selalu menjadi pelayan setia Rodri yang jadi poros tengah bagi serangan Manchester City.

Baca Juga

2. 4. Rekor Baru untuk Ederson

Ederson

Kiper Ederson, juga jadi pemain Manchester City lainnya yang mencatatkan rekor baru setelah menghadapi Leeds United.

Ederson sejatuh ini sudah memenangkan 150 dari 197 penampilannya di Liga Inggris. Ini menjadikannya pemain tercepat yang mencapai 150 kemenangan di kompetisi ini.

Capaian Ederson ini melampaui rekor yang pernah dibuat beberapa legenda, seperti Patrice Evra (213), Fernandinho (216), dan Petr Cech (217), dan bahkan rekan setimnya sendiri Kevin de Bruyne (215).

Baca Juga

5. Man City Masih Terlalu Perkasa

Dengan kemenangan ini, Manchester City mempertajam catatan rekor bahwa mereka masih terlalu perkasa untuk tim sekeleas Leeds United.

Pasalnya, Leeds terakhir kali mengalahkan juara bertahan Premier League di kandang sendiri pada 1999.

Selain itu, tiga gol yang dilesakkan ke gawang Leeds membuat Man City kini mengantongi 14 gol melawan Leeds dalam tiga pertandingan mereka sejak musim lalu.

Pasukan Pep Guardiola harus selanjutnya akan fokus menghadapi lanjutan Liga Inggris dengan menjamu Everton di Etihad Stadium pada Sabtu (31/12/22) malam WIB lusa.

Baca Juga
Manchester CityLiga Primer InggrisLeeds UnitedLiga InggrisEdersonErling Braut HaalandBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini