x

Brendan Gan, Gelandang Malaysia Penyintas Kanker yang Comeback di Piala AFF 2022

Jumat, 30 Desember 2022 22:11 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Gelandang Timnas Malaysia, Brenda Gan Seng Ling, kembali memperkuat negaranya untuk perhelatan Piala AFF 2022 usai berjuang melawan kanker testis tahun lalu.

FOOTBALL265.COM – Gelandang Timnas Malaysia, Brenda Gan Seng Ling, kembali memperkuat negaranya untuk perhelatan Piala AFF 2022 usai berjuang melawan kanker testis tahun lalu.

Brendan Gan, suami dari Elyse Gan tersebut termasuk salah satu pesepak bola yang dipanggil oleh pelatih kepala Timnas Malaysia, Kim Pan-gon untuk Piala AFF 2022.

Piala AFF 2022 berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023, di mana Malaysia berjuang untuk merebut trofi dari juara bertahan Thailand.

Malaysia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Singapura, Myanmar, dan Laos. Sementara di Grup A ada Thailand, Indonesia, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Menurut aturan AFF, hanya akan ada dua tim dari masing-masing grup yang akan melaju ke semifinal untuk berebut tiket ke partai puncak.

Baca Juga

Sejauh ini, per Jumat (30/12/22) malam, Timnas Malaysia mengoleksi enam poin, satu angka di bawah Vietnam dan Singapura. Namun skuad The Golden Star unggul selisih gol sehingga ada di pucuk klasemen.

Malaysia harus bisa meraih kemenangan atas Singapura di matchday keempat pada Selasa (03/01/23) jika ingin tetap berpeluang lolos ke semifinal.

Baca Juga

Brendan Gan pun berpeluang untuk kembali diturunkan oleh pelatih Kim Pan-gon pada laga Timnas Malaysia melawan Singapura nanti.

Meski belum mencetak gol, namun suami wanita cantik bernama Elyse Gan tersebut diketahui selalu tampil sejak matchday pertama Piala AFF 2022.

Bahkan kecuali saat melawan Laos, Brendan Gan tampil full sampai laga berakhir dengan penampilan yang sangat impresif.

Baca Juga

1. Berjuang Melawan Kanker Testis

Gelandang Timnas Malaysia, Brendan Gan, yang berjuang melawan kanker testis.

Impresifnya penampilan Brendan Gan di Piala AFF 2022, tentu sekaligus menjawab rasa penasaran penggemar tentang keadaan sang pesepak bola yang sudah membaik usai tahun lalu divonis kanker testis. 

Selama menjalani perawatan kanker, tentu banyak yang harus dikorbankan penggawa Timnas Malaysia tersebut. Termasuk , ia yang harus melewatkan sejumlah pertandingan penting untuk timnya.

Brendan Gan juga tentunya diambang kecemasan mengingat ada ancaman bahwa dia tidak lagi bisa comeback ke lapangan sebagai pesepak bola dengan riwayat sakitnya.

Apalagi saat itu sempat beredar pemberitaan jika Brendan Gan sempat drop dan mentalnya terganggu setelah divonis hanya bisa bertahan hidup selama enam bulan.

“Dokter mengatalkan kepada saya bahwa saya hanya memiliki enam bulan untuk hidup," ujar Brendan Gan melansir Stadium Astro.

Baca Juga

“itu sangat memengaruhi saya karena saya telah melalui pasang surut sepanjang karier saya,” sambungnya.

“Saya telah melatih pikiran dan mental saya agar kuat untuk menghadapi tantangan apa pun dalam hidup ini.”suami Elyse Gan itu menambahkan.

Baca Juga

Sampai akhirnya segala perjuangan pun dilakukan oleh Brendan Gan untuk bisa comeback ke sepak bola dan membela Timnas Malaysia di Piala AFF 2022.

Salah satunya berkat dukungan sang istri, Elyse Gan, yang setia mendampingi Brendan Gan semasa kariernya yang terpuruk tersebut.

Baca Juga

2. Dukungan Besar sang Istri

Dukungan sang istri, Elyse Gan, untuk Brendan Gan melawan kanker dan comeback ke sepak bola.

Dalam sebuah wawancara dengan Tatler, Brendan Gan menegaskan bahwa sang istri, Elyse Gan, selalu setia mendampinginya, hingga dia bisa kembali berkarier di sepak bola.

“Istri saya telah menjadi pendukung terbaik di belakang saya. Saya tidak akan bisa di tempat sekarang tanpa dia,” ujar Brendan Gan kepada Tatler yang dilansir dari Zing News.

“Sekarang, dia telah memberiku hadiah terbesar, yakni Koa (putra kedua). Keluarga kecilku akan selalu menjadi sumber kekuatanku,” sambungnya.

Sebagai informasi, dari pernikahannya dengan Elyse Gan yang sudah berjalan 10 tahun, Brendan Gan dikaruniai dua orang anak yakni Willow dan Koa Brooklyn Gan.

Berkat sang istri, Brendan Gan comeback di Piala AFF 2022 untuk membela Timnas Malaysia dalam misi merebut trofi kebanggaan sepak bola Asia Tenggara itu.

Baca Juga

Namun sebelum comeback di Piala AFF 2022, Brendan Gan pertama kalinya comeback usai perawatan kanker di pertandingan Liga Super Malaysia melawan Sarawak United.

Melansir laman Transfermarkt, laga itu berlangsung pada 19 Juni 2022 di mana Brendan Gan yang tampil satu babak, mampu menjadi penyumbang gol kemenangan 7-0 Selangor FC.

Baca Juga

Sejak itu, Brendan Gan kembali dipercaya bermain penuh saat melawan JDT ingga Sabah FC di pertandingan Malaysia Super League berikutnya.

Tak mengherankan, berkat comeback cepatnya, Brendan Gan kini kembali dipercaya sebagai salah satu pemain penting Timnas Malaysia di Piala AFF 2022.

Baca Juga
Piala AFFBola InternasionalTimnas MalaysiaSepak BolaPiala AFF 2022

Berita Terkini