x

Deretan Momen 'Sulit Dipercaya' Timnas Indonesia di Piala AFF 2022: Witan dan Egy Paling Sadboy

Jumat, 30 Desember 2022 13:47 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Terdapat serangkaian momen ‘sulit dipercaya’ yang dialami penggawa Timnas Indonesia sepanjang pertandingan di fase Grup A Piala AFF 2022.

FOOTBALL265.COM – Terdapat serangkaian momen ‘sulit dipercaya’ yang dialami penggawa Timnas Indonesia sepanjang pertandingan di fase Grup A Piala AFF 2022.

Tiga pemain, yakni Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Hansamu Yama Pranata, jadi ‘aktor’ paling sadboy saat gagal mengonversi gol dari peluang emas yang didapat.

Mari membahasnya satu per satu  serangkaian momen menyesakkan Piala AFF 2022 tersebut dimulai dari kisah Witan Sulaeman

1. Witan Sulaeman di Laga Indonesia vs Kamboja

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada Jumat (23/12/22), timnas Indonesia sempat unggul lebih dahulu melalui Egy Maulana Vikri pada menit ketujuh.

Namun Kamboja membalas delapan menit berselang melalui sundulan Saret Krya yang berhasil memanfaatkan peluang sepak pojok.

Baca Juga

Indonesia kembali bisa mencetak gol melalui Witan Sulaeman di menit-35 yang diawali dari serangan balik cepat Marselino Ferdinan.

Witan Sulaeman sejatinya mendapat kans emas mencetak gol di menit ke-48 usai lolos dari jebakan offside. Dia juga lepas dari kawalan lawan saat melakukan serangan balik.

Baca Juga

Saat tinggal berhadapan dengan kiper Kamboja, sayangnya bola tembakan Witan masih melebar tipis ke sisi kanan gawang lawan.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong di pinggir lapangan bahkan tak bisa mengekspresikan rasa kecewanya dengan momen tersebut.

Baca Juga

1. Witan Sulaeman di Laga Indonesia vs Thailand

Witan Sulaeman gagal manfaatkan peluang emas untuk mencetak gol di menit ke-39 dalam match timnas Indonesia vs Thailand, Kamis (29/12/22).

2. Witan Sulaeman di Laga Indonesia vs Thailand

Kejadian nahas yang sama juga dialami Witan Sulaeman yang menyia-nyiakan peluang saat tinggal berhadapan dengan kiper timnas Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022.

Bertanding pada Kamis (29/12/22) di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Witan Sulaeman gagal memafaatkan peluang emas di menit ke-39 dalam match timnas Indonesia vs Thailand.

Peluang emas diawali dari Jordi Amat yang melakukan sapuan langsung dari pertahanan Garuda ke gawang timnas Thailand.

Bola sejatinya bisa dikuasai oleh kiper andalan Thailand, Kittinupong Phodthawchuek, yang kemudian melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Siapa sangka bola yang ditendang sang kiper malah membentur Witan Sulaeman. Alhasil Witan berlari secepat kilat hingga sukses melewati kiper dan melepaskan tembakan kaki kiri.

Baca Juga

Sayang, bola itu justru melebar tipis di gawang Thailand yang membuat skor Indonesia vs Thailand tetap imbang 0-0 di babak pertama.

Pertandingan timnas Indonesia vs Thailand berakhir 1-1. Gol Indonesia diciptakan Marc Klok lewat penalti pada menit ke-50 sebelum dibalas Sarach Yooyen di menit ke-79.

Baca Juga

3. Egy Maulana Vikri di Laga Melawan Kamboja

Setelah Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri juga menjadi sad boyberikutnya sepanjang fase grup perhelatan Piala AFF 2022.

Dia pernah menyia-yiakan peluang emas untuk mencetak gol saat berjumpa Kamboja pada Jumat (23/12/22) di matchday pertama Grup A Piala AFF 2022.

Kejadian bermula di menit ke-38, saat Egy mendapatkan umpan terobosan dari Jordi Amat yang ada di lini pertahanan.Egy yang berhasil lolos dari jebakan offside, langsung berlari cepat berhadapan dengan kiper Kamboja, Keo Soksela.

Sempat menipu kiper dengan pergerakannya, Egy Maulana Vikri saat itu justru keserimpet sehingga bola lepas dari penguasaannya.

Baca Juga

2. Hansamu Yama

Hansamu Yama Pranata gagal memanfaatkan peluang emas untuk menjadi gol saat menghadapi Brunei Darussalam di matchday kedua fase Grup A Piala AFF 2022.

3. Hansamu Yama

Hansamu Yama Pranata gagal memanfaatkan peluang emas untuk menjadi gol saat menghadapi Brunei Darussalam di matchday kedua fase Grup A Piala AFF 2022.

Momen menyesakkan tersebut terjadi di babak kedua, saat Hansamu aktif membantu penyerangan dari sisi kanan pertahanan lawan.

Aksi Asnawi Mangkualam di sisi kiri membuat situasi di kotak penalti Kamboja kocar-kacir. Hansamu yang menerima umpan silang di depan gawang, justru melambung tinggi ke atas mistar gawang.

Padahal posisi Hansamu sudah lepas dari penjagaan lawan, bahkan kiper Brunei hanya bisa melongo melihat momne tersebut.

Karena aksi tersebut, Hansamu gagal ikut menyumbang gol saat timnas Indonesia unggul telak 7-0 atas Brunei Darussalam.

Baca Juga

Gol timnas Indonesia atas Brunei Darussalam dicetak oleh Syahrian Abimanyu (20’), Dendy Sulistyawan (41’), Egy Maulan Vikri (59’), Ilija Spasojevic (59’), Ramadhan Sananta (68’), Marc Klok (86’), dan Yakob Sayuri (90+2).

Sampai Jumat (30/12/22), timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong berada di posisi kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022 di bawah Thailand dengan koleksi sama –sama tujuh angka.

Baca Juga

Sementara posisi ketiga diraih Kamboja dengan enam angka, Filipina dengan tiga angka dan Brunei Darussalam dengan nol angka.

Tiket semifinal tinggal diperebutkan Thailand, Indonesia, dan Kamboja. Ketiganya berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia bisa saja tersingkir di fase grup jika tidak bisa mengalahkan Filipna dan Kamboja mengalahkan Thailand pada matchday keempat pada Senin (02/01/23).

Baca Juga
Hansamu Yama PranataTimnas IndonesiaEgy Maulana VikriWitan SulaemanBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini