x

5 Pahlawan Arsenal yang Dilepas Secara Cuma-Cuma dalam 10 Tahun Terakhir

Sabtu, 31 Desember 2022 15:48 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Santoi Cazorla dan Mesut Ozil.

FOOTBALL265.COM - Arsenal sebenarnya punya sejumlah pemain berkualitas. Sayangnya, mereka dilepas dengan status bebas transfer alias gratis.

Padahal untuk mendapatkan beberapa dari mereka, Arsenal harus merogoh kocek cukup dalam. Tetapi, pihak klub Liga Inggris ini justru menyia-nyiakannya.

Baca Juga

"Saya pikir di masa depan, Anda akan melihatnya semakin banyak. Mengapa? Karena transfernya sangat tinggi, bahkan untuk pemain normal," kata Arsene Wenger, mantan pelatih Arsenal.

"Anda akan melihat semakin banyak pemain memasuki tahun terakhir kontrak karena tidak ada klub yang mau membayar jumlah yang diminta."

Untuk itu, berikut lima bintang Arsenal yang akhirnya dilepas secara gratis dalam 10 tahun terakhir.

Baca Juga

Santi Cazorla 

Beberapa tahun yang lalu, Arsenal punya pemain fantastis, yakni Santi Cazorla. Namun, kariernya dihancurkan oleh cederanya sendiri.

Saat itu, Cazorla nyaris kehilangan kakinya akibat cedera yang dideritanya. Padahal, cedera tersebut bisa saja disembuhkan lebih cepat dan lebih baik.

Baca Juga

Ketika kontraknya berakhir pada pertengahan 2018, gelandang asal Spanyol ini kembali ke negaranya untuk bergabung kembali bersama klub lamanya, Villarreal.

Meski pergi secara gratis, tetapi ajaibnya cederanya pulih dan performanya kembali membaik.


1. Jack Wilshere

Olivier Giroud (kanan) dan Jack Wilshere (kiri) saat masih membela Arsenal.

Jack Wilshere adalah salah satu pemain yang menyesal telah pergi dari Arsenal pada Juli 2018 lalu. Saat itu, dia bergabung dengan West Ham.

Tahun ini, atau tepatnya di usianya yang ke-30 tahun, Wilshere bahkan sudah memutuskan pensiun dini dari karier profesionalnya.

Baca Juga

Kini, pemain asal Inggris tersebut kembali ke klub masa kecilnya, Arsenal, sebagai pelatih The Gunners U-18.

Aaron Ramsey

Performa Aaron Ramsey sebenarnya cukup baik. Dia adalah gelandang andalan Arsenal sejak Juli 2008 lalu.

Tetapi setelah menetap selama lebih dari satu dekade, Ramsey memutuskan untuk terbang ke Italia untuk bergabung dengan Juventus pada Juli 2019.

Baca Juga

Di klub raksasa Italia tersebut, Ramsey sukses menjuarai Serie A, sebuah liga lokal di Italia yang mana dirinya tidak bisa meraih Liga Inggris untuk Arsenal.

Saat ini, pemain 32 tahun asal Wales ini menjadi milik OGC Nice, klub asal Prancis, dengan kontrak hingga Juni 2023 mendatang.


2. Mesut Ozil

Mesut Ozil tampak tak percaya Arsenal ditahan West Ham United di Liga Primer Inggris

Mesut Ozil secara mengejutkan keluar dari Real Madrid pada September 2013 dan bergabung dengan Arsenal seharga 47 juta euro.

Di musim pertamanya, Ozil telah mempersembahkan gelar Piala FA 2013-2014, sebuah gelar Piala FA pertama Arsenal dalam tujuh tahun terakhir.

Baca Juga

Meski begitu, pemain yang sempat dijuluki raja assist ini tidak mampu meraih gelar Liga Inggris untuk The Gunners.

Pada akhirnya, Ozil dilepas Arsenal secara gratis ke Turki pada Januari 2021 untuk bergabung dengan Fenerbahce. Kini, dia masih di Turki dan berseragam Basaksehir.

Pierre-Emerick Aubameyang

Sebenarnya, Pierre-Emerick Aubameyang cukup tajam selama bermain untuk Arsenal. Dia juga mampu mencetak 10 gol dalam 13 laga pertamanya di Liga Inggris.

Baca Juga

Senasib dengan Ozil, Aubameyang juga hanya sanggup memberikan trofi Piala FA dan Community Shield saja untuk Arsenal.

Pada akhirnya, striker asal Gabon ini dilepas ke Barcelona pada Januari 2022. Meski hanya bermain enam bulan, Aubameyang direkrut Chelsea pada September kemarin.

ArsenalMesut OzilLiga Primer InggrisSanti CazorlaLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini