x

Striker Garuda Select 5, M. Ragil Ditandai Pelatih Inggris, Siap Berkarier di Eropa?

Selasa, 3 Januari 2023 09:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Muhammad Ragil, pemain Bhayangkara FC lolos seleksi Garuda Select 5. (Foto: Instagram@programgarudaselect)

FOOTBALL265.COM - Striker Garuda Select 5, Muhammad Ragil ditandai oleh pelatih asal Inggris. Benarkah jika ia diproyeksikan untuk melanjutkan kariernya bersama klub Eropa?

Perlu diketahui, hanya ada 16 pemain muda asal Indonesia yang terpilih dalam skuat Garuda Select 5 di Inggris.

Sisanya, para pemain dipilih dari Italia, Afrika, dan ada satu pemain kelahiran Australia yang besar di Inggris.

Di antara semua pemain itu, posisi striker adalah yang paling vital. Pelatih Garuda Select memercayakan posisi itu pada pemain Indonesia, Muhammad Ragil.

Ragil menceritakan bagaimana ia bermain di Elite Pro Academy Liga 1 U-18 bersama Bhayangkara FC. Sosoknya yang jangkung hingga 185 cm itu langsung jadi perhatian.

Baca Juga

"Saya bermain di Bhayangkara FC, ikut Elite Pro Academy dari awal kompetisi sampai akhir, alhamdulillah saya diberi kepercayaan terus sama pelatih," kata Muhammad Ragil.

Terpilih mengikuti program Garuda Select 5 ke Inggris, Muhammad Ragil mengaku ada banyak perbedaan yang ia rasakan antara latihan sepak bola di Indonesia dan Eropa.

Baca Juga

"Pelatih detail banget, kayak salah sedikit langsung diperbaiki. Cara gerak sedikit saja salah, dia detail banget lah, nggak kayak pelatih di Indonesia," blak-blakan Ragil.

Dengan bekal berlatih di Inggris, Ragil berharap suatu saat ia bisa melanjutkan karier di klub Eropa, dan juga mendapatkan panggilan untuk membela Timnas Indonesia.

"Di sini saya harus bisa jadi yang terbaik dan harus bisa membuktikan. Semoga di sini ada penawaran dari klub luar negeri, atau saya dipanggil Timnas," imbuhnya.

Baca Juga

1. Penilaian Danny Holmes untuk Muhammad Ragil

Danny Holmes memimpin sesi latihan skuat Garuda Select 5 di Inggris. (Foto: Instagram@programgarudaselect)

Asisten pelatih Garuda Select, Danny Holmes tak ragu untuk memuji penampilan Muhammad Ragil. Menurutnya, penyerang 17 tahun itu punya potensi yang terpendam.

"Ragil memiliki banyak potensi, dia salah satu pemain yang sangat ingin kita gali dan kembangkan sebagai sebuah individu."

"Sama seperti pemain-pemain muda yang lain, mereka ada di sini karena suatu alasan, karena kita melihat ada sesuatu dalam diri mereka," jelas Danny Holmes di Mola TV.

Hanya saja, Ragil bukan tipikal penyerang yang garang di depan gawang. Ia selalu penuh perhitungan, tetapi kadang hal itu membuatnya telat mengambil keputusan.

Danny Holmes berharap Ragil bisa terus berkembang, menjadi lebih cepat dan bisa melesakkan gol demi gol untuk tim Garuda.

Baca Juga

"Dia harus memahami bahwa dia harus lebih cepat lagi. Dia tidak bisa bermain dalam 'waktu Ragil', dia harus bermain dalam waktu yang sebenarnya."

"Dia harus menahan, mengoper bola, lari melewati lawan, menahan bola, mengatur bola dengan pemain lain," jelas Holmes.

"Ketika dia sudah mulai melakukan itu, saya percaya Ragil akan menjadi pemain yang bagus," ujar asisten pelatih Garuda Select yang berpengalaman di Inggris tersebut.

Baca Juga

Muhammad Ragil tampil dalam dua laga uji coba Garuda Select 5, melawan Fleetwood Town dan Walsall. Namun, ia tak sekali pun mencetak gol. Ini yang jadi sorotan pelatih.

"Kita ingin melihat dia sebagai seorang striker murni, seseorang yang bisa masuk dalam kotak penalti dan menguasai bola, seseorang yang bisa mencetak gol."

"Karena saya melihat dia memiliki kaki dan kemampuan yang bagus," pungkas Holmes.

Baca Juga
InggrisBola InternasionalBhayangkara FCBakat Muda IndonesiaGaruda SelectPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriDanny Holmes

Berita Terkini