x

4 Pemain Pamit Termasuk Ze Valente, Ada Apa dengan PSS Sleman?

Rabu, 4 Januari 2023 13:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Termasuk Mychell Chagas, empat pemain sudah pamit untuk tak menjadi bagian tim PSS Sleman pada putaran kedua Liga 1 2022/2023. (Foto: PSS Sleman)

FOOTBALL265.COM - Empat pemain sudah pamit untuk tak menjadi bagian tim PSS Sleman pada putaran kedua Liga 1 2022/2023. Sementara manajemen tim Elang Jawa masih belum memberikan respons. Ada dengan PSS?

Prestasi PSS pada putaran pertama, terutama lima laga sistem bubble, terbilang jeblok. Mereka tak bisa memenuhi ekspektasi suporter untuk minimal masuk sepuluh besar.

Dari lima laga yang sudah berjalan pada sistem bubble Liga 1, PSS hanya mendapatkan empat poin. Catatan itu membuat PSS terlempar dari posisi sebelas ke posisi 15 alias setingkat dari zona degradasi.

PSS Sleman saat ini mengoleksi 16 poin dari 16 laga. Mereka punya satu laga tunda melawan Persija Jakarta yang masih tersisa 43 menit. Jika menang, PSS bisa naik ke peringkat 12, menggeser Persis Solo.

Namun, bukan perkara mudah untuk menang atas Persija. Saat laga dihentikan, kedua tim masih bermain tanpa gol 0-0. Saat ini, dua dari 21 nama di line-up juga sudah tak jadi bagian tim.

Baca Juga

Ya, Mychell Chagas dan Ze Valente sudah tak jadi bagian tim. Dalam laga itu, status Mychell dan Ze Valente merupakan penghuni bangku cadangan. Penggawa baru jelas tak bisa main pada laga berstatus pekan ke-17 itu.

2 Nama Lain Pamit

Selain Mychell Chagas dan Ze Valente, dua nama juga sudah pamit dari tim. Dua nama itu adalah kiper Jandia Eka Putra dan winger Komarodin.

Dari empat nama yang sudah tak jadi bagian tim, manajemen PSS baru mengumumkan status Mychell Chagas. Bomber asal Brasil ini dilepas karena belum memenuhi ekspektasi tim pada putaran pertama.

Baca Juga

Sementara untuk Ze Valente, Jandia Eka Putra dan Komarodin, PSS Sleman belum mengeluarkan sikap resmi. Ketiga nama itu sudah mendahului pamit melalui instagram pribadinya.

Salam perpisahan Ze Valente jelas paling mengejutkan. Gelandang asal Portugal dianggap sebagai perekrutan pemain asing paling sukses pada musim ini.

Ze Valente tampil dalam 14 pertandingan pada putaran pertama. Ketika dua laga lain absen, Ze Valente bukan diparkir, melainkan sempat mengalami cedera.

Tak diketahui pasti alasan PSS Sleman memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Ze Valente. Manajemen belum merilis sikap resmi sampai tim melakukan latihan perdana tahun ini, Selasa (03/01/23).

Baca Juga

1. Rumor Pilar Baru

Laga BRI Liga 1 antara Bali United vs PSS Sleman di Stadion Manahan Solo. (Foto: ligaindonesiabaru.com)

Deretan nama-nama sudah dikaitkan dengan PSS Sleman sebagai pengganti Mychell Chagas, Ze Valente, Jandia Eka Putra, dan Komarodin.

Higor Vidal sebagai nama terdepan. Banyak rumor membahas kesepakatan PSS dengan Persebaya terkait pertukaran Ze Valente dengan Higor Vidal.

Bonek juga sudah banyak meninggalkan pesan perpisahan di postingan instagram Higor Vidal. Maka, rumor ini disebut-sebut tinggal menunggu waktu untuk diumumkan.

Selain itu, ada mantan penggawa musim 2019, Guilherme Batata, yang memberi kode ingin pulang ke PSS Sleman. Baru-baru ini, ia mengunggah momen saat berseragam PSS, yang kemudian direspons ratusan suporter Elang Jawa.

Baca Juga

Gerilya Terus Jalan

Sebelumnya, manajemen PSS sempat memastikan bahwa gerilya pemain terus berjalan. Manajer tim PSS, Dewanto Rahadmoyo, sempat memberi kode bahwa nama-nama baru sudah dikantongi, tetapi masih dalam proses.

"Sudah ada, kita sedang memproses semuanya," kata Dewanto saat merespons sosok pengganti Mychell Chagas."

Baca Juga

Sosok penyerang menjadi kebutuhan paling penting menuju putaran kedua Liga 1 2022/2023. Pada enam laga sistem bubble, ada banyak peluang yang gagal dimaksimalkan barisan depan.

Jika para sosok pengganti gagal menunjukkan performa terbaik, perubahan pada putaran kedua bisa menjadi bumerang bagi PSS Sleman. Persaingan zona bawah Liga 1 sangat ketat yang memungkinkan perputaran posisi setiap pekan.

Baca Juga
PSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Ze ValenteMychell Chagas

Berita Terkini