x

'Perang' Profil Pemain Termahal di 4 Skuad Semifinalis Piala AFF 2022

Rabu, 4 Januari 2023 17:42 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Kompetisi Piala AFF 2022 sudah memasuki fase semifinal yang akan menghadirkan penampilan Timnas Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

FOOTBALL265.COM - Kompetisi Piala AFF 2022 sudah memasuki fase semifinal yang akan menghadirkan penampilan Timnas Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Skuad Garuda sendiri melenggang ke semifinal usai finis di peringkat dua klasemen Grup A di bawah Thailand.

Dengan demikian, mereka harus berhadapan dengan Vietnam yang juga ditangani pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo.

Meski dihadapkan pada lawan yang berat, Timnas Indonesia tentu tidak akan gentar. Bagaimanapun juga, mereka salah satu kandidat favorit juara yang sudah dijagokan sejak turnamen dimulai.

Selain itu, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki skuad mahal di Piala AFF 2022 yakni 9,3 juta euro atau kurang lebih Rp151,4 miliar.

Baca Juga

Akan tetapi, tiga lawan mereka di semfinal Piala AFF 2022 juga tidak kalah kompetitif. Lantas, siapa pemain termahal di masing-masing skuad dan seperti apa profilnya?

Timnas Indonesia

Jordi Amat menjadi pemain termahal di skuad Garuda yang bermain di Piala AFF 2022, dengan label 1 juta euro, atau sekitar Rp16,5 miliar menurut data Transfermarkt saat ini.

Baca Juga

Pemain Johor Darul Ta'zim tersebut menjadi starter di dua pertandingan Timnas Indonesia di Grup A, masing-masing di partai menghadapi Kamboja dan Thailand.

Kehadirannya membuat lini belakang Timnas Indonesia makin kuat dan pngalamannya bermain di liga Eropa juga sangat membantu.

Bek berusia 30 tahun ini sudah kenyang bermain di Spanyol baik di level klub maupun timnas. Ia pun sempat bermain untuk Catalunya sebelum merapat ke skuad Garuda.

Baca Juga

1. Indonesia dan Malaysia

Kompetisi Piala AFF 2022 sudah memasuki fase semifinal yang akan menghadirkan penampilan Timnas Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Timnas Indonesia sejatinya memiliki pemian termahal di skuad dalam diri Sandy Walsh, yang diklaim bernilai 2 juta euro (Rp33,1 miliar).

Hanya saja, pemain K.V. Mechelen ini tidak berpartisipasi di Piala AFF 2022. Meski begitu, ia sangat setia mengikuti perjalanan rekan-rekannya selama turnamen bergulir.

Bahkan, ia sempat mengunggah Instagram Story tentang Timnas Indonesia saat mereka sukses meraih tiket ke semifinal.

Timnas Malaysia

Pemain paling mahal di Timnas Malaysia memasuki semifinal Piala AFF 2022 adalah Faisal Halim.

Bintang Selangor FC berusia 24 tahun tersebut memiliki nilai pasar 300 ribu euro atau sekitar Rp4,9 miliar.

Baca Juga

Faisal Halim pun masih menasbihkan diri sebagai salah satu top skor Piala AFF 2022 dengan raihan 3 golnya sepanjang kompetisi.

Jumlah tersebut sama banyak dengan rekan setimnya, Stuart Wilkin, dan semifinalis lainnya, Nguyen Tien Linh dari Timnas Vietnam.

Baca Juga

Satu-satunya semfinalis yang mengantongi jumlah gol lebih banyak darinya adalah Teerasil Dangda (Timnas Thailand).

Selain Piala AFF 2022, Faisal Halim turut berpartisipasi di skuad Timnas Malaysia yang berhasil lolos kualifikasi Piala Asia 2023.

Ia bahkan turut mencetak gol selama fase kualifikasi tersebut.

Baca Juga

2. Vietnam dan Thailand

Kompetisi Piala AFF 2022 sudah memasuki fase semifinal yang akan menghadirkan penampilan Timnas Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Timnas Vietnam

Sebagai salah satu kandidat favorit di Piala AFF 2022, Timnas Vietnam memiliki dua pemain termahal di daftar pemainnya.

Mereka adalah Nguyen Quang Hai dan Nguyen Hoang Duc. Keduanya sama-sama berlabel 400 ribu euro atau sekitar Rp6,6 miliar.

Nama yang pertama, sudah mengalami insiden di Piala AFF 2022 saat menghadapi Laos Desember lalu. Ia bahkan ditarik keluar lebih cepat dari lapangan karena mengalami cedera.

Sementara itu, Nguyen Hoang Duc sempat mencetak gol di pertandingan melawan Timnas Malaysia saat matchday ketiga grup.

Timnas Thailand

Kampiun Piala AFF 2020, Timnas Thailand, memang punya Teerasil Dangda yang memimpin daftar top skor sementara di edisi kali ini.

Baca Juga

Akan tetapi, pemain veteran tersebut bukan pemain termahal di skuad Gajah Perang.

Pemain dengan nilai tertinggi di Timnas Thailand adalah Theerathon Bunmathan. Masih menurut data Transfermarkt, bintang Buriram United ini memiliki harga pasar 600 ribu euro adalah Rp9,3 miliar.

Baca Juga

Theerathon Bunmathan sudah cukup berpengalaman bermain di Piala AFF.

Sebelum edisi 2022, ia sudah pernah juara bersama Timnas Thailand di Piala AFF 2016 dan 2020. Ia juga menggondol medali emas SEA Games 2013 bersama tim U-23.

Jadwal semifinal Piala AFF 2022 untuk leg pertama Timnas Indonesia vs Vietnam bakal digelar pada Jumat tanggal 6 Januari 2023, dan Malaysia vs Thailand pada Sabtu tanggal 7 Januari 2023. 

Baca Juga

Sumber: Transfermarkt

MalaysiaVietnamThailandTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandPiala AFF 2022

Berita Terkini