x

Lama Tak Tanding, Pelatih Madura United Genjot Kondisi Fisik Pemain Asing Barunya

Minggu, 8 Januari 2023 13:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Fabio Araujo Lefundes punya tugas khusus untuk mengejar kebugaran fisik para pemain Madura United, jelang bergulirnya putaran dua Liga 1.

FOOTBALL265.COM - Fabio Araujo Lefundes punya tugas khusus untuk mengejar kebugaran fisik para pemain Madura United, jelang bergulirnya putaran dua Liga 1.

Tugas khusus itu tertuju kepada Kwabena Appiah-Kubi, yang merupakan pemain asing rekrutan baru pada transfer window saat ini.

Karena sebagaimana diketahui, pemain kelahiran Selandia Baru dengan kebangsaan Australia ini tercatat lama tak bertanding di kompetisi.

Appiah datang ke Madura United dengan status tanpa klub, usai merampungkan kontrak bersama Nakhonratchasima Mazda FC.

Winger berusia 30 tahun itu berlaga di Liga Thailand pada Juni hingga Desember 2021. Data Transfermarkt menyebut, Appiah tanpa klub sejak Januari 2022.

Baca Juga

"Ya, Appiah memang baru datang sejak hari ini (07/01/23). Kami akan melihatnya dari hari ke hari," ucap pelatih Madura United, Fabio Araujo Lefundes.

"Karena kita tahu, dia telah lama tidak bertanding (di kompetisi). Dia berada dalam pengawasan Coach (Osvaldo) Lessa (pelatih fisik)," tambah Lefundes.

Baca Juga

Madura United tampaknya punya pertimbangan lain di balik mendatangkan Kwabena Appiah-Kubi dalam bursa transfer Liga 1.

Kendati mereka juga tahu, bahwa Appiah sudah lama tidak merasakan laga-laga kompetitif selama satu tahun terakhir.

"Kami akan berupaya keras mengejar kondisinya mencapai level yang siap untuk bertanding. Baik segi fisik, teknik dan lainnya," jelas Lefundes.

Baca Juga

1. Optimis Adaptasi Lancar

Striker asal Australia, Kwabena Appiah-Kubi.

Seiring hal itu, Fabio Lefundes juga optimis bahwa Kwabena Appiah-Kubi tak akan mendapat problem perihal adaptasi.

Terlebih cuaca di Indonesia khususnya Madura, cukup identik dengan tempat tinggal Appiah di Australia.

"Saya pikir sama saja, cuaca di sana sedang memasuki musim panas dan tidak berbeda jauh," kata Fabio Lefundes.

Lagipula, bermain di sepak bola Asia Tenggara juga bukan pengalaman pertama bagi Appiah, selepas berlaga untuk Nakhonratchasima Mazda FC Thailand.

"Kendati saya tahu, masa adaptasi ini memang perannya cukup penting untuk setiap pemain baru di setiap klub," lanjut dia.

Baca Juga

Senang Gabung Madura United

Sebagaimana diketahui, Kwabena Appiah-Kubi menjadi rekrutan terbaru tim berjulukan Laskar Sappe Kerrab dalam bursa transfer Liga 1. Winger berusia 30 tahun ini mengisi slot pemain asing asal Asia. Dia berkewarganegaraan Australia tetapi memiliki keturunan Ghana.

"Saya senang berada di klub ini. Klub yang mempunyai pemain-pemain bagus," ujar Kwabena Appiah-Kubi pada Sabtu (07/01/23).

Appiah menggantikan posisi striker kebangsaan Timor Leste, Pedro Henrique Cortes Oliveira Gois, yang dicoret, Selasa (03/01/23).

Baca Juga

Dia didatangkan Madura United sebagai upaya untuk membenahi produktivitas gol yang dinilai masih kurang di lini depan. Membukukan 24 gol dari 27 laga kompetisi, tampaknya kurang memuaskan bagi pelatih tim, Fabo Araujo Lefundes.

Alasan itulah yang membuat klub lantas mendatangkan pemenang trofi Liga Champions Asia musim 2014 bersama Western Sydney Wanderers. "Sekarang saya (menjadi bagian) Madura United. Klub yang konsisten (berada di papan atas)," ujar Kwabena Appiah-Kubi 

Madura United asuhan Fabio Araujo Lefundes sendiri konsisten bersaing di papan atas. Mereka finis di peringkat tiga pada klasemen paruh musim Liga 1 dengan 33 poin.

Baca Juga
Madura United FCLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Fabio Araujo LefundesKwabena Appiah-Kube