x

Presiden Federasi Sepakbola Prancis Akhirnya Minta Maaf Usai Hina Zinedine Zidane

Rabu, 11 Januari 2023 20:45 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Subhan Wirawan
Noel Le Graet, Presiden Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) sampaikan permintaan maaf atas komentarnya terhadap Zinedine Zidane.

FOOTBALL265.COM - Presiden Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) Noel Le Graet akhirnya meminta maaf atas komentar kontroversi yang bernada penghinaan terhadap Zinedine Zidane.

Sebelumnya, Noel Le Graet menjadi sorotan dunia, khususnya di Prancis setelah melontarkan komentar berbau penghinaan terhadap legenda Timnas Prancis, Zinedine Zidane.

Ia dinilai telah melecehkan Zizou, julukan Zinedine Zidane yang sudah mempersembahkan titel Piala Dunia dan Piala Eropa untuk Les Bleus.

Dalam ucapannya, La Graet menyindir pedas Zidane sehari setelah perpanjangan kontrak Didier Deschamps sebagai pelatih Timnas Prancis.

Pria 81 tahun itu mengaku tak pernah berkenan dengan eks pelatih Real Madrid tersebut yang maju sebagai suksesor Deschamps.

Baca Juga

Selain itu, Le Graet juga tidak peduli dengan masa depan Zinedine Zidane setelah diketahui lama menganggur usai menduduki kursi kepelatihan Real Madrid pada 2021.

Setelah pernyataannya viral dan mendapat pertentangan dari sejumlah pemain bintang Prancis, akhir Noel Le Graet meminta maaf kepada Zizou.

Baca Juga

"Atas nama pribadi saya ingin menyampaikan permintaan maaf dan pernyataan (kontroversial) tersebut sama sekali tidak mencerminkan pemikiran saya, atau pertimbangan saya untuk dia sebagai pemain dan menjadi pelatih sekarang," kata Noel Le Graet, dikutip dari Reuters.

"Saya akui bahwa saya membuat pernyataan kontroversial yang menimbulkan kesalahpahaman. Zidane tahu penghargaan besar yang saya miliki untuknya, seperti semua orang Prancis," sambungnya.

Penyerang Prancis Kylian Mbappe adalah salah satu orang  yang menyuarakan ketidaksetujuannya setelah komentar Le Graet dilayangkan.

Baca Juga

1. Dukungan untuk Zizou

Massimiliano Allegri (pelatih Juvebtus) dan Zinedine Zidane (pelatih Real Madrid).

Sejumlah pihak tidak tinggal diam ketika Zinedine Zidane dihina oleh Presiden FFF, Noel Le Graet. Diantaranya ada bintang PSG, Kylian Mbappe dan Real Madrid.

Melalui media sosialnya, Mbappe angkat bicara atas penghinaan yang dilakukan oleh Le Graet.

Pemain muda tersebut sangat menghormati legenda Timnas Prancis tersebut, sehingga Mbappe tak terima ketika Zidane diacuhkan oleh negaranya sendiri.

"Zidane adalah Prancis, kami tidak menghormati legenda seperti itu," kata Mbappe di Twitter.

Selain itu, klub raksasa Liga Spanyol, Real Madrid juga tak tinggal diam begitu salah satu mantan bintang dan eks pelatih utama mereka mendapat perlakukan yang dianggap tidak pantas.

Baca Juga

Lewat pernyataan resmi klub, Los Blancos mengecam ucapan Presiden Federasi Sepak Bola Prancis (FFF), Noel Le Graet, terhadap Zinedine Zidane.

Sebelumnya, Le Graet menegaskan, Zidane boleh saja melatih timnas mana pun, termasuk timnas Brasil. Bahkan, ia mengaku tidak akan menerima panggilan telepon andai Zinedine Zidane mengontaknya.

Baca Juga

"Zidane ke Brasil? Saya tidak peduli, biarkan dia pergi kemana pun dia mau," ujarnya. Atas pernyataan tersebut Real Madrid langsung mengeluarkan rilis resmi khusus mendukung Zizou.

"Pernyataan itu menunjukan kurangnya rasa hormat terhadap salah satu figur paling dikagumi oleh pendukung sepak bola di seluruh dunia. Kami mengharapkan reaksi sesegera mungkin," tulis pernyataan Madrid seperti dilansir Marca.

"Zidane telah mewujudkan nilai-nilai olahraga lewa berbagai penghargaan dan torehan prestasi. Baik saat masih menjadi pemain maupun kala menapaki karier sebagai pelatih."

Baca Juga

Sumber: Reuters

Real MadridPrancisNoel Le GraetBola InternasionalKylian Mbappe

Berita Terkini