x

Resmi Gabung Bali United, Ryuji Utomo Tak Dimainkan Lawan Persija?

Kamis, 12 Januari 2023 10:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Ryuji kemungkinan tak dimainkan saat Bali United melawan Persija Jakarta, Minggu (15/01/23) mendatang.

FOOTBALL265.COM - Ryuji Utomo resmi bergabung dengan Bali United pada kompetisi Liga 1 2022/2023. Namun, Ryuji kemungkinan tak dimainkan saat Bali United melawan Persija Jakarta, Minggu (15/01/23) mendatang.

Bali United benar-benar ganas pada bursa transfer tengah musim. Setelah memperkenalkan Wellington Carvalho, Sandi Sute dan Gerri Mandagi, mereka masih sempat mempermanenkan Ryuji Utomo.

Ryuji Utomo diikat kontrak setelah resmi berpisah dengan Persija Jakarta. Ini jadi keputusan besar bagi Ryuji karena sudah enam tahun jadi bagian tim Macan Kemayoran.

Kehadiran Ryuji menambah kuat sektor bek tengah yang sudah dipenuhi pemain lokal berkualitas, seperti Leonard Tupamahu, Haudi Abdillah hingga Jajang Mulyana.

Chief Executive Officer (CEO) Bali United, Yabes Tanuri, mengatakan Ryuji Utomo didatangkan untuk menghadapi kompetisi yang jalan dengan jadwal padat.

Baca Juga

"Tim pelatih menilai bahwa Ryuji memang merupakan pemain yang sesuai dengan kriteria untuk melengkapi komposisi tim terutama di sektor pertahanan," kata Yabes Tanuri, Rabu (11/1/23).

Ryuji Utomo punya segudang pengalaman. Sebelum merumput di Malaysia, Ryuji juga pernah berkarir di Bahrain dan Thailand.

Baca Juga

Namun begitu, deretan pengalaman itu tak akan ada artinya jika Ryuji Utomo gagal beradaptasi dengan cara bermain Bali United.

"Semoga ia dapat beradaptasi dengan mudah di tim Serdadu Tridatu dan bisa memberikan kontribusi yang baik bagi Bali United," ujar Yabes Tanuri.

Baca Juga

1. Absen Lawan Persija

Ryuji Utomo, eks pemain Persija Jakarta.

Ryuji Utomo memang sudah diperkenalkan sebagai bagian dari Bali United pada Rabu siang. Namun, bukan berarti Ryuji akan langsung dimainkan melawan mantan klubnya.

Mepetnya waktu persiapan menuju laga melawan Persija membuat Ryuji Utomo kemungkinan baru dimainkan pada laga melawan PSM Makassar di Bantul, 20 Januari 2023.

Sebelum diperkenalkan secara resmi, pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, menyebut main atau tidaknya sang pemain baru ini bergantung pada sesi latihan.

"Kita sudah mau main di putaran kedua. Harusnya sudah datang sebelum pertandingan melawan Persija, tapi seperti biasa, yang mengurus semua adalah manajemen," kata Teco pada Selasa (10/01/23) petang.

Rencananya, Ryuji Utomo akan mulai berlatih dengan Bali United pada Rabu sore di Kuta. Jebolan SAD Indonesia ini hanya memiliki tiga sesi latihan sebelum Bali United melawan Persija.

Baca Juga

"Kita tidak punya banyak latihan. Kita hanya ada tiga latihan, jadi semua tergantung kondisi fisiknya. Semua harus lihat di latihan," papar Teco.

Lini Belakang Penuh

Sangat kecil kemungkinan Ryuji Utomo ditampilkan melawan skuat Thomas Doll. Di lini belakang, khususnya sektor bek tengah, berjubel nama-nama yang sudah jadi andalan sepanjang tahun ini.

Satu nama hampir pasti diamankan Wellington Carvalho. Bek pengganti Willian Pacheco ini sudah gabung lebih cepat ketimbang Ryuji Utomo.

Baca Juga

Satu nama lagi akan diperebutkan Leonard Tupamahu, Jajang Mulyana, Haudi Abdilah, I Komang Tri Arta Wiguna dan Gunawan Dwi Cahyo.

Maka, partai kandang perdana melawan PSM Makassar menjadi opsi realistis debut Ryuji Utomo bersama Bali United.

Selain Ryuji Utomo, ada juga Sandi Sute dan Gerri Mandagi yang menanti debut bersama Bali United di Liga 1 setelah didatangkan tengah musim ini.

Baca Juga
Persija JakartaRyuji Utomo PrabowoBali UnitedLiga IndonesiaBali United FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini