x

5 Striker Termahal yang Pernah Direkrut dalam Sejarah Liga Inggris

Jumat, 13 Januari 2023 18:41 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Alvaro Morata mencetak dua gol untuk Chelsea saat mengalahkan Crystal Palace 3-1.

FOOTBALL265.COM - Liga Inggris (Premier League) dikenal sebagai liga yang berani mendatangkan pemain dengan biaya transfer yang tinggi. Setidaknya, ada lima striker termahal yang pernah didatangkan ke Liga Inggris.

Sebagaimana diketahui, harga pasar pemain semakin menggila sejak rekor transfer yang dirasa tidak masuk akal. Hal ini juga berlaku ke Liga Inggris.

Baca Juga

Bahkan, sebuah klub rela membayar seorang striker hingga mencapai 100 juta euro dalam sekali transfernya.

Meski ditebus dengan harga fantastis, sayangnya performa sang pemain tidak sesuai ekspektasi. Bahkan, lebih mengarah ke zonk.

Berikut lima striker termahal dalam sejarah Liga Inggris.

Baca Juga

Alvaro Morata - 66 juta euro

Alvaro Morata didatangkan Chelsea pada Juli 2017 dari Real Madrid. Dengan harga 66 juta euro, performa Morata nyaris zonk.

Padahal, striker asal Spanyol ini mampu mencetak 10 gol dalam 18 penampilan pertamanya di Liga Inggris 2017-2018.

Baca Juga

Sayangnya, catatan tersebut mulai terganggu lantaran serangkaian cedera yang dideritanya. Dia hanya mencetak sebuah gol tambahan di paruh kedua Liga Inggris musim tersebut.

Pada Januari 2019, Morata dipinjamkan ke Atletico Madrid hingga dipermanenkan klub asal Spanyol tersebut pada Juli 2020.


1. Alexander Isak - 70 juta euro

Alexander Isak

Kepemilikan bos baru di Newcastle United membuat klub ini langsung jor-joran dalam pembelian pemain, salah satunya kepada Alexander Isak.

Newcastle berani merekrutnya dari Real Sociedad senilai 70 juta euro pada Agustus 2022. Sedikit demi sedikit, Isak berhasil mencetak gol di klub barunya ini.

Baca Juga

Sayangnya, penampilan striker 23 tahun asal Swedia itu mulai terganggu karena dibekap cedera sehingga hanya bermain lima pertandingan saja di paruh pertama musim 2022-2023 ini.

Darwin Nunez - 80 juta euro

Setelah tampil mengesankan untuk Benfica pada 2021-2022, Liverpool bergerak cepat untuk mengamankan Darwin Nunez.

Striker 23 tahun asal Uruguay ini pun berhasil didatangkan Liverpool seharga 80 juta euro pada Juli 2022. Tentu The Reds berharap banyak padanya.

Baca Juga

Akan tetapi, harga tersebut dirasa terlalu mahal untuk seorang yang memiliki finishing sangat buruk. Sejumlah kesempatan emas yang dipunyainya gagal dikonversi menjadi gol.

Meski begitu, setidaknya Nunez sudah mengantongi lima gol dan dua assist dalam 13 penampilannya di Liga Inggris musim ini.


2. Romelu Lukaku - 84,7 juta euro

Romelu Lukaku menggunakan jersey baru Manchester United.

Manchester United rela membayar 84,7 juta euro untuk mendapatkan striker terbaik Everton saat itu, Romelu Lukaku, pada Juli 2017.

Kedatangannya ke Old Trafford tentu diharapkan bisa melanjuti kesuksesan Man United setelah meraih Piala Liga dan Liga Europa pada 2016-2017.

Baca Juga

Striker asal Belgia ini pun sukses lesatkan tujuh gol dalam tujuh penampilan debutnya. Tetapi, semua berubah saat kursi kepelatihan berganti dari Jose Mourinho ke Ole Gunnar Solskjaer.

Di bawah asuhan Solskjaer, Lukaku lebih jarang dimainkan. Pada akhirnya, dia dilepas ke Inter Milan pada Agustus 2019 setelah mencatatkan 42 gol dalam 96 laga untuk Setan Merah.

Romelu Lukaku - 113 juta euro

Chelsea sepertinya tidak belajar dari kasus Lukaku di Man United. Chelsea pun merekrutnya dari Inter pada Agustus 2021 dengan mahar mencapai 113 juta euro.

Kedatangannya ke Chelsea kali ini sebenarnya menjadi kedatangan keduanya. Sebab, Lukaku pernah berseragam The Blues sejak 2012-2014 dulu.

Baca Juga

Di awal musim 2021-2022, Lukaku sempat tampil cukup baik. Namun, striker 29 tahun ini berselisih dengan pelatih Chelsea kala itu, Thomas Tuchel, sehingga mulai tersingkirkan dari skuad.

Kemudian, Chelsea pun 'memulangkan' Lukaku ke Inter pada Juli 2022 sebagai pemain pinjaman selama semusim, alias akan kembali ke Stamford Bridge pada Juni 2023 mendatang.

Manchester UnitedChelseaLiga InggrisTRIVIABerita Liga InggrisJadwal Liga Inggris

Berita Terkini