x

Bambang Pamungkas Jadi Bakal Calon Waketum PSSI, Teco: Berita Bagus!

Rabu, 18 Januari 2023 09:52 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, ikut senang mendengar kabar Bambang Pamungkas maju sebagai calon wakil ketua umum PSSI.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, ikut senang mendengar kabar Bambang Pamungkas maju sebagai calon wakil ketua umum PSSI.

Legenda Persija Jakarta tersebut dinilai punya kualitas untuk membenahi sepak bola Tanah Air.

Bambang Pamungkas atau akrap disapa Bepe menjadi calon yang diumumkan komite pemilihan PSSI pada Selasa (17/1/23). Ternyata, dokumen yang dikirim via email masuk dalam kolom spam.

Bepe bukan satu-satunya calon anggota komite eksekutif PSSI yang berkasnya nyangkut di spam. Berkas Gede Widiade dan Ponaryo Astaman yang nyalon juga mengalami nasib serupa.

Keputusan Bepe mencalonkan diri sebagai wakil ketua umum PSSI mendapat dukungan banyak pihak. Ia merupakan mantan pilar Timnas Indonesia yang sudah kenyang pengalaman di sepak bola Tanah Air.

Baca Juga

Dukungan ini salah satunya datang dari mantan pelatihnya di Persija, Stefano Cugurra Teco. Sosok asal Brasil ini sangat mengetahui kepribadian Bepe karena pernah berada di klub yang sama pada musim 2017-2018.

Pada Liga 1 2017, Teco memainkan Bepe dalam 24 pertandingan dengan kontribusi lima gol. Lalu saat menjadi juara di edisi 2018, ia bermain dalam 13 pertandingan dengan mengemas satu gol.

Maka, ketika mengetahui nama Bepe ada dalam jajaran calon wakil ketua umum PSSI, Teco ikut senang.

"Ini berita bagus. Bambang orang yang serius, pasti mau sepak bola Indonesia maju," kata Teco, Selasa (17/1/23).

Teco menilai perjalanan Bepe di sepak bola tak perlu diragukan. Ia menjadi salah satu pemain Indonesia yang pernah sukses ketika bermain di luar negeri.

Baca Juga

Tak seperti rekan-rekannya yang kemudian menjadi pelatih, Bepe sempat menjabat sebagai manajer tim Persija.

"Bambang merupakan mantan pemain Timnas yang sudah main di luar negeri. Punya pengalaman sebagai pemain dan sebagai manajer tim, pasti tahu masalah di sepak bola Indonesia," tutur Teco.

Perjalanan panjang yang dimiliki pemain asal Salatiga itu membuat Teco yakin Bepe bisa memberikan angin segar bagi sepak bola Tanah Air.

Sebagai sosok yang sudah lama berkecimpung di sepak bola Indonesia, Teco punya harapan besar agar sepak bola Indonesia lebih maju.

"Pasti bisa bantu buat memperbaiki sepak bola Indonesia," tegas Teco.

Baca Juga

1. Bambang Pamungkas Hadapi Persaingan Ketat

Bambang Pamungkas maju sebagai calon waketum PSSI. Foto: Bradley Kanaris/Getty Images.

Meski punya nama besar sebagai pemain, langkah Bambang Pamungkas untuk terpilih sebagai wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027 tidak mudah.

Total ada 19 nama yang resmi menjadi bakal calon wakil ketua umum PSSI. Mayoritas dari mereka juga sudah mondar-mandir dari klub ke federasi selama bertahun-tahun.

Baca Juga

Nama-nama itu adalah Ahmad Riyadh, Ahmad Syauqi, Andre Rosiade, Yunus Nusi, Sadikin Aksa, Gede Widiade, Hasani Abdulgani, Hasnuryadi Sulaeman dan Juni Rachman.

Kemudian, ada Duddy Sutandi, Yesayas Oktavianus, Doni Setiabudi, Fary Djemy Francis, Ponaryo Astaman, Maya Damayanti, Ratu Tisha Destra, dan Menpora RI, Zainudin Amali.

Baca Juga

Deretan nama ini masih berstatus sebagai bakal calon wakil ketua umum PSSI. Data dari 19 nama ini akan diverifikasi oleh Komite Pemilihan untuk menjadi daftar calon sementara dan daftar calon tetap.

Rencananya, Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akan digelar pada 16 Februari 2023 mendatang.

PSSIBambang PamungkasLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoBola Indonesia

Berita Terkini