x

Makin Sulit Dikejar, Napoli Pasti Bakal Juara Liga Italia Musim Ini?

Kamis, 26 Januari 2023 21:20 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain Napoli jelang pertandingan di Liga Italia

INDOSPORT. COM - Bukan AC Milan, Inter Milan atau Juventus, melainkan Napoli yang menjadi calon kuat juara Liga Italia musim ini. Napoli hingga saat ini masih memimpin di puncak klasemen Liga Italia sendirian. 

Bahkan beberapa waktu lalu, Napoli mampu membantai Juventus dengan skor sangat telak. Padahal Juventus dalam 2 bulan terakhir sedang sangat on fire dengan tak terkalahkan di Liga Italia.

Juventus juga berhasil tak kebobolan atau cleansheet bersama Massimiliano Allegri. Tapi di tangan Napoli, Juventus benar-benar tak berdaya dengan tanpa ampun langsung dibantai 1-5. 

Baca Juga

Sebenarnya selain fakta tadi, sepertinya Napoli memang bakal menjadi juara Liga Italia bersama pelatih Luciano Spalletti. Ada banyak faktor dan alasan yang membuat mengapa Napoli menjadi calon kuat juara Liga Italia musim ini.

Napoli musim ini memang berbeda dengan musim yang lalu, selain lebih kompak tapi juga ada beberapa alasan dan faktor yang membuat skuad asuhan Luciano Spalleti sangatlah kuat. Apa saja? 

Berikut alasan mengapa Napoli memang sangat layak menjadi calon kuat juara Liga Italia musim ini dibanding Juventus, AC Milan hingga Inter Milan.


1. Luciano Spalletti Jenius

Luciano Spalletti, pelatih Napoli. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

Pertama, Luciano Spalleti sebagai pelatih Napoli memanglah sosok yang sangat jenius dalam hal soal taktik dan strategi.

Bagaimana tidak, Napoli di awal musim sebenarnya kehilangan 2 pemain penting yaitu Kalidou Koulibaly yang hengkang ke Chelsea dan cederanya striker utama Victor Osimhen.

Tapi dengan cepat, Luciano Spalletti langsung menemukan pengganti Kalidou Koulibaly dan Victor Osimhen secara instan. Yaitu menempatkan  Kim Min-jae yang merupakan bek asal Korea Selatan untuk menggantikan Koulibaly.

Sedangkan untuk posisi Victor Osimhen, Luciano Spalletti memanfaatkan keberadaan Giacomo Raspadori dan Giovanni Simeone sebagai goal getter atau mesin gol Napoli.

Hasilnya ternyata luar biasa positif, Kim Min-jae berhasil menjadi batu karang yang sungguh kokoh untuk menjaga pertahanan Napoli.

Sedangkan Giacomo Raspadori dan Giovanni Simeone berhasil menggantikan peran Victor  Osimhen secara bergantian sebagai mesin gol.

Situasi semakin menguntungkan bagi Napoli karena sekarang Victor Osimhen sudah kembali yang artinya lini serang skuad asuhan Luciano Spalletti semakin mengerikan dan menakutkan.

Baca Juga

Lini Tengah Kuat

Khvicha Kvaratskhelia, pemain Napoli. Foto: REUTERS/Ciro De Luca

Tak hanya itu, Napoli juga memiliki lini tengah yang sangat kuat, kokoh dan solid. Yaitu kehadiran Andre-Frank Zambo Anguissa, Piotr Zielinski dan Stanislav Lobotka yang membuat Napoli jadi punya lini tengah tak kalah hebat dengan Real Madrid misalnya.

Ketiganya secara ajaib mampu saling melengkapi sehingga membuat lini tengah Napoli sangat stabil. Anguissa dengan kemampuan fisik yang sangat bagus di atas rata-rata terutama ketika sedang merebut bola.

Digabungkan kemampuan Lobotka ketika sedang menyeimbangkan lini tengah dan dicampur dengan kreativitas Zielinski membuat Napoli sangat kuat di tengah. Buktinya Liverpool saja bisa dibantai Napoli dengan skor sangat telak yaitu 0-4 pada ajang Liga Champions di tahun lalu.


2. Napoli Sangat Sulit Dikalahkan

Selebrasi Victor Osimhen saat mencetak gol di laga Liga Italia antara Salernitana vs Napoli. REUTERS/Ciro De Luca

Terakhir alasan Napoli bakal juara Liga Italia musim ini karena mereka sangat sulit dikalahkan. Terutama di Liga Italia musim ini, di mana Napoli sejauh ini hanya baru kalah sekali saja.

Hal itu jelas sangat luar biasa melihat Napoli bisa begitu sangat kuat sampai-sampai sangat sulit dikalahkan oleh tim-tim yang melawannya.

Baca Juga

Memang sulit mencari kelemahan Napoli, ketika kehilangan banyak pemain inti saja, Luciano Spalletti mampu mencari pengganti sepadannya.

Belum lagi lini tengah yang sangat kuat membuat Napoli seperti tim tak bercela di Liga Italia musim ini. Itulah alasan Napoli bakal menjadi juara Liga Italia musim ini.

JuventusNapoliLiga Italia

Berita Terkini