x

Bursa Transfer Liga 1: Bomber Asing Barito Putera, Rafael Silva Resmi Dilepas

Sabtu, 28 Januari 2023 13:42 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Rafael Da Silva, bomber Barito Putera resmi dilepas di bursa transfer Liga 1 2022-2023. Ia dirumorkan akan kembali ke Brasil.

FOOTBALL265.COM - Bomber asing Barito Putera, Rafael Silva resmi dilepas di bursa transfer Liga 1 2022-2023. Nampaknya, ia akan kembali ke negara asalnya, Brasil.

Kabar ini memang belum diumumkan secara resmi oleh manajemen Barito Putera, tetapi Rafael Silva sudah menuliskan salam perpisahan di Instagram-nya.

"Saya pergi, dan saya harap kalian, teman-teman, memiliki hari yang indah," ungkap Rafael Silva, sembari mengunggah cuplikan video penampilannya di Barito.

Dalam cuplikan video tersebut, nampak beberapa momentum di mana Rafael Silva mencetak gol, kemudian selebrasi dengan menari, juga momen kocak saat berlatih.

"Senang bisa menari dengan kalian, tapi inilah saatnya untuk mencari tantangan baru," tulis Rafael Silva sebagai caption.

Baca Juga

Rafael Silva juga mengaku bangga bisa menjadi bagian dari sejarah klub, sebagai salah satu pencetak gol terbanyak. Hingga kini Rafael sudah membukukan total 31 gol.

"Saya bangga bisa masuk dalam sejarah klub ini, menjadi pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah klub," sambung pesepak bola berusia 31 tahun itu.

Baca Juga

"Saya akan menyimpan kalian semua di hatiku, karena berbagi hari-hari dengan kalian semua adalah hal yang hebat. Saya berharap yang terbaik untuk Barito Putera."

Akun Instagram @informacaocoral yang kerap membahas rumor transfer pemain Brasil, mengatakan jika Rafael Silva akan pulang kampung dan membela Santa Cruz FC.

Baca Juga

1. Transisi Kiper Barito Putera

Pelatih kiper Barito Putera, Ismairi bersama Yoewanto Setya Beny, M. Riyandi, dan Aditya Harlan.

Dengan hengkangnya Rafael Silva, maka kondisi Barito Putera yang awalnya surplus pemain asing, akan kembali menggunakan empat pemain impor di Liga 1 2022-2023.

Mereka yang sudah bergabung adalah Renan Alves (bek), Mike Rigoberto Gelito Ott (gelandang), dan Gustavo Tocantins (striker).

Satu lagi pemain yang sempat hadir di skuat Barito Putera, tetapi belum terpakai adalah Ryota Noma (gelandang). Namun rumor ini belum dikonfirmasi oleh pihak manajemen.

Di sisi lain, juga ada pergeseran pemain lokal. Kiper senior Aditya Harlan resmi dipinjamkan ke Persita Tangerang.

Aditya Harlan yang sudah membela Barito Putera sejak tahun 2012, memang diketahui sebagai pemain kelahiran ibukota Jakarta. 

Baca Juga

Sehingga, keputusannya hijrah ke Persita Tangerang membuatnya seolah mengikuti jejak Rafael Silva, yakni pulang kampung.

Sebelumnya, Barito juga melepas kiper muda jebolan akademi, Yogi Hermawan.

Maka dari itu, guna menyiasati kekurangan di sektor penjaga gawang, Barito Putera dirumorkan akan merekrut kembali eks kiper mereka, Yoewanto Setya Beny.

Baca Juga

"Welcome back, Beny. Beny bergabung mengisi slot kiper yang ditinggalkan oleh Aditya Harlan," tulis salah satu akun IG suporter Barito, @sopbuntut1988official.

"Beny kembali lagi setelah meninggalkan Barito Putera di musim 2020, berkelana ke Persija, dan menjadi pilihan utama kiper di Sriwijaya FC, sebelum Liga 2 dihentikan."

Menarik untuk menantikan pengumuman resmi manajemen Barito Putera. Apakah Yoewanto Setya Beny akan benar-benar menjadi pesaing Joko Ribowo musim ini?

Baca Juga
Barito PuteraRafael da SilvaLiga IndonesiaRafael SilvaYoewanto Setya BenyLiga 1Berita Bursa TransferBerita Liga 1Transfer PemainAditya HarlanLiga 1 2022-2023

Berita Terkini