x

Gagal Lengkapi Derita Persita di Liga 1, Begini Kata Pelatih Persis Solo

Minggu, 29 Januari 2023 19:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Persita Tangerang melawan Persis Solo di Indomilk Arena, Sabtu (28/1/23). (Foto: Persis Solo)

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, bersyukur timnya masih bisa meraih satu poin di Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (28/01/23). Laga berjalan sulit hingga Laskar Sambernyawa gagal melengkapi derita Persita Tangerang di Liga 1 2022/2023.

Rentetan kekalahan Persita dalam lima partai terakhir gagal dilanjutkan Persis Solo. Dalam laga pekan ke-21 Liga 1 ini, permainan Persis Solo tak berkembang.

Samsul Arif dkk. kesulitan membuat peluang. Sebaliknya, Persita berkali-kali membombardir pertahanan Persis Solo, terutama dari sayap kanan dan kiri.

Situasi bertambah sulit ketika kapten Persis Solo, Muhammad Abduh Lestaluhu, terkena kartu merah karena mendorong wasit Juhandri Setiana menit ke-76.

Makanya, ketika laga berakhir dengan skor 0-0, Leonardo Medina masih bersyukur. Hasil imbang ini melanjutkan tren buruk tiap bertemu Persita.

Baca Juga

Dalam tujuh pertemuan sejak tahun 2007, Persita memenangkan empat laga dan tiga partai lain berakhir imbang.

"Pertandingan berjalan sulit. Saya ucapkan selamat kepada Persita, karena mereka berhasil menahan kami," kata Leonardo Medina usai pertandingan.

Baca Juga

Menurut Leonardo, performa yang ditunjukkan Ryo Matsumura dkk. tak sesuai harapan. Untuk pertama kali sejak pekan ke-12, Persis Solo kalah telak dalam penguasaan bola.

Berdasarkan catatan dari tim statistik Liga 1, Persita menguasai 61 persen penguasaan bola, serta melepaskan sebelas tembakan dengan tiga diantaranya mengarah ke gawang.

Sementara Persis Solo hanya mencatatkan 39 persen penguasaan bola, melepaskan sepuluh tembakan dan hanya satu yang tepat sasaran. Akurasi umpan yang biasanya di atas 85 persen merosot ke angka 77 persen.

Baca Juga

1. Bus Persis Diserang

Persita Tangerang melawan Persis Solo di Indomilk Arena, Sabtu (28/1/23). (Foto: Persis Solo)

"Kita tidak bermain sesuai dengan apa yang seharusnya kita inginkan dan tidak bisa memberikan kemenangan pada suporter," tutur Leonardo.

"Tapi satu poin ini sangat penting serta membuat kita akan terus berkembang dan bermain lebih baik lagi pada laga selanjutnya," imbuh Leonardo.

Leonardo menyebut situasi bertambah sulit ketika Abduh keluar dari lapangan. Ketika bermain dengan sepuluh pemain, satu-satunya hal paling realistis adalah mempertahankan kedudukan 0-0.

"Mungkin kami tidak mencetak gol karena laga berjalan sulit. Bermain dengan sepuluh pemain itu sangat sulit," tegas Leonardo.

Setelah ini, Persis Solo akan melakoni laga pekan ke-22 Liga 1 2022/2023 dengan menjamu Bhayangkara FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (02/02/23) sore.

Baca Juga

Leonardo memastikan Persis Solo menatap laga melawan Bhayangkara FC dengan semangat tinggi.

"Kami akan terus bersiap untuk laga selanjutnya. Sekarang sudah enam pertandingan kami tidak menelan kekalahan. Ini bagus buat kami," papar Leonardo.

Baca Juga

Setelah pertandingan ini, Persis Solo memutuskan untuk langsung pulang ke kota Solo via jalur darat. Sayangnya, dalam perjalanan pulang, bus Persis Solo diserang sekelompok orang tak dikenal.

Penyerangan terjadi mulai dari wilayah Kelapa Dua hingga pintu masuk tol Penanggungan. Salah satu ofisial bagian statistik bernama Viktor harus menerima empat jahitan karena terkena pecahan kaca.

Kasus ini sudah ditangani Polres Tangerang Selatan. Salah satu pelaku penyerangan berhasil diamankan oleh para pemain Persis Solo sendiri yang turun dari bus.

Baca Juga
Persita TangerangPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini