x

Shin Tae-yong Nilai Marselino Terlalu Buru-buru Pindah ke Belgia, Kok Bisa?

Rabu, 8 Februari 2023 21:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Latihan Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Lapangan C Senayan, Rabu (08/02/23). Latihan dimulai pukul 11WIB dibawah terik matahari.

FOOTBALL265.COM - Pelatih timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, rupanya menyayangkan keputusan Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh yang terlalu cepat pindah ke luar negeri. Padahal dia sudah punya rencana untuk dua pemain muda tersebut.

Diketahui, Marselino telah pindah ke klub Liga 2 Belgia, KMSK Deinze. Sedangkan Ronaldo dikabarkan tengah menjalani trial di klub Liga Turki.

Menurut Shin Tae-yong, Marselino dan Ronaldo adalah pemain yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni. Keduanya bahkan sudah diberikan debut bersama timnas senior.

"Saya akan ceritakan, memang tidak ada laporan detail tentang kontrak Marselino Ferdinan seperti apa," kata Shin Tae-yong, Rabu (8/2/23).

"Saya fokus ke Piala Dunia U-20 tahun ini, jadi mulai dari kemarin memang sengaja menggunakan Marselino dan Ronaldo di skuat U-23, juga senior juga untuk Piala Dunia U-20," jelasnya.

Baca Juga

Juru taktik asal Korea Selatan itu sedikit kecewa karena Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh pergi tanpa pamit kepadanya ataupun PSSI. 

Padahal, keduanya dipanggil untuk pemusatan latihan menjelang Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan pada 1-18 Maret mendatang.

Baca Juga

Shin Tae-yong menilai, andai bertahan sebentar lagi, Marselino bisa saja mendapatkan klub yang lebih bagus. Pasalnya, jebolan Persebaya Surabaya itu bisa dapat panggung di Piala Dunia U-20 2023.

"Seharusnya Marselino bisa saja ke luar negeri setelah Piala Dunia U-20 selesai. Pastinya nilai pasar dia akan berbeda setelah Piala Dunia U-20 selesai. Apalagi musim Eropa baru mau mulai di bulan itu juga," ujar Shin Tae-yong.

"Tapi sayang saja kesempatannya hilang untuk menjadi lebih baik dalam dapatkan tim yang lebih baik dari sekarang. Seharusnya setelah Piala Dunia selesai," tambahnya.

Baca Juga

1. Kirim Surat

Marselino Ferdinan gabung klub Belgia, KMSK Deinze.

Kehadiran Marselino sangat dibutuhkan timnas U-20 di Piala Asia 2023. PSSI sudah berkirim surat resmi kepada KMSK Deinze agar bisa dilepas.

Saat ini, timnas Indonesia U-20 sedang melakukan pemusatan latihan di Jakarta. Ada 30 nama yang dipanggil, termasuk pemain keturunan Brasil, Hugo Samir dan Brandon Scheunemann (blasteran Jerman).

Baca Juga

Tapi belum semuanya bergabung karena ada yang masih membela klubnya di Liga 1 dan luar negeri, seperti Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh.

Di Piala Asia U-20 2023, timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah. Kejuaraan berlangsung mulai 1-18 Maret nanti.

Baca Juga

Pada laga perdana, timnas Indonesia akan melawan Irak (1 Maret), lalu berduel dengan Suriah (4 Maret), dan terakhir melawan tuan rumah (7 Maret).

BelgiaPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaMarselino FerdinanPiala Dunia U-20 2023Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Ronaldo KwatehOne Football

Berita Terkini