x

Opsi Inti untuk Ferdinand Sinaga, Pelatih Persis Solo: Tergantung Strategi

Kamis, 9 Februari 2023 16:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Striker Persis Solo, Ferdinand Sinaga.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, memuji penampilan Ferdinand Sinaga dalam kemenangan 3-2 atas Madura United, Senin (6/2/23). Namun, soal pilihan utama di Liga 1 Indonesia 2022-2023, kebutuhan strategi tetap menjadi pertimbangan utama.

Ferdinand Sinaga jadi pilihan utama dalam laga pekan ke-23 Liga 1 musim ini, dengan opsi mencadangkan bomber asing berpaspor Spanyol, Fernando Rodriguez.

Inilah momen pertama bagi Ferdinand berada cukup lama di atas lapangan. Dalam laga di Pamekasan, striker berusia 34 tahun ini dimainkan selama 89 menit.

Posisi inti ini didapat karena pada laga sebelumnya Ferdinand mencetak gol pertama di Liga 1 2022-2023. Dia menyarangkan gol saat Persis Solo kalah 1-3 dari Bhayangkara FC.

Situasi ini juga didukung jeleknya sentuhan akhir Fernando Rodriguez dalam beberapa laga. Dia kerap membuang peluang emas, terutama saat bola bawah.

Baca Juga

Keputusan memberikan Ferdinand Sinaga tempat inti berbuah manis. Meski tak mencetak gol, satu umpan silangnya salah diantisipasi bek Madura United, Novan Setyo, hingga berbuah gol pertama Persis Solo.

Ferdinand juga cukup rajin menjalankan strategi. Dalam sistem Persis Solo, penyerang tak sekadar bertugas mencetak gol, melainkan juga ikut membantu menekan lawan.

Baca Juga

Terkait performa Ferdinand Sinaga, pelatih Leonardo Medina memberikan pujian. Menurutnya, eks PSM Makassar dan Persib Bandung itu menjalankan apa yang telah direncanakan tim pelatih.

Pelatih asal Meksiko ini menegaskan setiap pemain memiliki peluang yang sama untuk dimainkan, termasuk pada posisi penyerang. Semua dipilih berdasarkan kebutuhan strategi, bukan nama besar.

"Ferdinand bermain bagus. Dia menampilkan performa yang apik. Ini bukan soal nama atau gaya bermain, tapi ini soal strategi pelatih. Kami bisa menang melawan tim bagus seperti Madura, karena kami bermain kolektif," kata Leonardo Medina.

Baca Juga

1. Jangan Dibandingkan

Selebrasi para pemain Persis Solo usai menceta gol ke gawang Madura United di laga BRI Liga 1. (Foto: Persis Solo)

Leonardo Medina tak suka ketika performa para pemain mulai dibanding-bandingkan. Di media sosial, ada banyak netizen mendukung Ferdinand dimainkan dari awal, ketimbang Fernando Rodriguez.

Lagi-lagi, Leonardo menegaskan bahwa strategi pelatih menentukan siapa yang akan dimainkan. Makanya, semua pemain bekerja keras selama masa persiapan agar siap ketika masuk starting eleven.

"Stop untuk membandingkan satu pemain dengan pemain lain. Mereka semua profesional, kerja keras dan paling penting strategi yang kami mainkan menuntut pemain untuk bermain dalam level yang sama," papar Leonardo 
Medina.

Baca Juga

Setelah ini, Persis Solo akan menghadapi Borneo FC dalam laga pekan ke-23 Liga 1 2022-2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (12/2/23).

Masih ada dua sesi latihan untuk menentukan sosok tepat yang mengisi barisan depan Persis Solo. Bila melihat performa dua laga terakhir, Ferdinand Sinaga punya kans lebih besar.

Baca Juga

Namun, Fernando Rodriguez juga bisa masuk tim inti lagi. Keunggulannya dalam memanfaatkan bola atas bisa menjadi opsi memanfaatkan crossing manja dari sektor kanan dan kiri.

Dalam laga ini, Persis Solo wajib mendapatkan tiga poin jika ingin terus berada di 10 besar klasemen sementara Liga 1 2022-2023.

Ferdinand SinagaPersis SoloMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Fernando RodriguezBola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One FootballLeonardo Medina Arellano

Berita Terkini