x

3 Pemain Persib Sudah Gabung TC Timnas U-20, Dari Persija Nasibnya Belum Jelas

Jumat, 10 Februari 2023 14:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Indra Sjafri pelatih Timnas Indonesia untuk Sea Game 2023.

FOOTBALL265.COM - Direktur teknik PSSI, Indra Sjafri, menyampaikan bahwa tiga pemain Persib Bandung sudah bergabung ke pemusatan latihan timnas Indonesia U-20. Kini, pelatih tinggal menunggu empat nama dari Persija Jakarta dan dua lainnya dari luar negeri.

Tiga pemain yang bergabung ke TC timnas U-20 adalah Kakang Rudianto, Robi Darwis, dan Ferdiansyah. Mereka telah diizinkan oleh Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono

"Tiga pemain Persib bergabung. Saya dapat laporan barusan dari Jeje (penerjemah Shin Tae-yong) katanya hari ini (semalam), soalnya Pak Teddy bilang sudah oke," kata Indra Sjafri, Kamis (9/2/23).

Setelah tiga nama tersebut bergabung, tim pelatih timnas U-20 masih menunggu kabar dari empat pemain Persija, yakni Cahya Supriadi, Doni Tri Pamungkas, Muhammad Ferrari, Alfriyanto Nico, plus dua lain dari luar negeri, yaitu Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan.

Untuk Persija, asisten pelatih timnas U-20, Nova Arianto telah bertemu Thomas Doll. Diskusi mereka menghasilkan sejumlah syarat yang diminta klub karena tenaga empat pemain tersebut sangat dibutuhkan.

Baca Juga

Kendati berusia muda, empat pemain Persija tersebut selalu menjadi langganan line up Thomas Doll. Apalagi, tim Ibu Kota punya peluang bersaing di tangga juara, sehingga butuh pemain yang konsisten.

"Kemarin ada diskusi antara coach Doll, Ganesha Putra (Wakil Presiden Persija) dan Nova Arianto. Di situ memang masih ada Persija Jakarta bikin persyaratan dan kita sama-sama memaklumi," ujar Indra Sjafri.

Baca Juga

"Kalau dari sisi Thomas Doll memang saya dan coach Shin Tae-yong bilang dia benar. Tapi seperti disampaikan Menpora, ini Merah Putih. Panggilan negara. Kalau dari yang lain-lain kami setuju lah, bahwa pemain matang di klub. Itu yang kami minta," sambungnya.

Indra Sjafri belum bisa memastikan kapan empat pemain tersebut bisa bergabung. PSSI kini terus berkomunikasi intens dengan Ganesha Putra selaku Wakil Presiden Persija.

Baca Juga

1. Marselino dan Ronaldo

Latihan Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Lapangan C Senayan, Rabu (08/02/23). Latihan dimulai pukul 11WIB dibawah terik matahari.

Sementara untuk Marselino dan Ronaldo Kwateh, PSSI juga terus melakukan pendekatan melalui surat resmi ke klub Liga 2 Belgia, KMSK Deinze yang menaungi Marselino. Mereka juga membangun komunikasi dengan Dusan Bogdanovic selaku sang agen.

Untuk Ronaldo Kwateh, asisten pelatih timnas U-20, Nova Arianto, telah berbicara dengan Julius Kwateh selaku agen dan paman dari sang pemain.

"Kami komunikasi hampir setiap hari. Kami jalin bagaimana supaya ini semuanya datang, termasuk saya mulai bicara dengan agennya Marselino. Kita bersurat ke klub Marsel dan Ronaldo," jelas Indra Sjafri.

"Ronaldo Kwateh itu di Turki, kan agennya kakak bapaknya. Coach Nova sudah komunikasi dengan Julius Kwateh," tambahnya.

Baca Juga

Sementara itu, Shin Tae-yong mengaku memahami situasi klub. Tapi, dia berharap ada jalan keluar, sebab dia juga membutuhkan pemain tersebut untuk bisa menjalankan program latihan.

"Saya bisa mengerti pihak klub seperti apa. Mereka ingin juara dan menang juga di liga. Tapi ini proyek negara, Piala Dunia U-20. Semua harus sama-sama saling bantu dan harus bisa mengorbankan diri untuk proyek negara," tuntasnya.

Saat ini, timnas Indonesia U-20 saat ini sedang melakukan persiapan untuk menyambut Piala Asia 2023 di Uzbekistan pada pada 1-18 Maret mendatang. 

Baca Juga

Ada 30 pemain yang dipanggil. Tim ini sekaligus menjadi cikal bakal skuat yang bermain di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni nanti.

Hasil nanti di Piala Asia U-20 akan menjadi gambaran dan evaluasi bagi Shin Tae-yong untuk persiapkan tim menuju Piala Dunia U-20. Karena itu, dia butuh semua pemain terbaik. 

Persib BandungPersija JakartaIndra SjafriNova AriantoTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20One Football

Berita Terkini