x

Lisensi Tak Terpenuhi, I Putu Gede Jadi Pelatih Caretaker Arema FC?

Jumat, 10 Februari 2023 15:53 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Pelatih Arema FC, I Putu Gede.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga 1, Arema FC memang telah mengumumkan secara resmi bahwa nahkoda tim sudah terisi dari keberadaan I Putu Gede Swisantoso per Selasa (07/02/23).

I Putu Gede menjadi pengganti Javier Roca dan langsung menjalani debut saat Arema FC mengalahkan Rans Nusantara FC 2-1 di Bogor, Rabu (08/02/23).

Namun, penunjukan itu tak lantas mengakhiri beragam spekulasi. Pertanyaan besar pun muncul perihal lisensi eks Pelatih PSMS Medan tersebut.

Sebagaimana diketahui, I Putu Gede sejauh ini memegang lisensi kepelatihan AFC A. Dan jelas, lisensi itu tak memenuhi Regulasi Liga 1.

Persyaratan perihal lisensi pelatih kepala memang diatur pada Regulasi Liga 1 Pasal 33 tentang dokumen pendaftaran ofisial.

Baca Juga

Pasal 2 ayat d poin i menyebutkan, "pelatih kepala sekurang-kurangnya sertifikat AFC Pro, UEFA Pro".

Namun, ada pengecualian jika memang seorang head coach tidak mengantongi lisensi yang disyaratkan di atas. Poin yang sama melanjutkan, "atau yang setara yang mendapatkan pengakuan dari  AFC yang dibuktikan dengan dokumen RECC (recognition of experience dan current competence)".

Baca Juga

Lantas jika tidak memenuhi semua unsur diatas, apakah status I Putu Gede adalah hanya sebagai pelatih caretaker alias sementara di Arema FC?

Pasal 32 Regulasi ayat 11 menjelaskan, bahwa klub berlogo kepala singa tentu harus segera menunjuk pelatih baru pengganti Javier Roca, selambat-lambatnya 30 hari setelah pergantian pelatih.

Baca Juga

1. Klub Tak Menjelaskan

Komisaris PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia, Tatang Dwi Arifianto.

Sehubungan dengan itu, Arema FC sendiri tidak menjelaskan secara gamblang bagaimana posisi yang dijabat I Putu Gede didalam staf kepelatihan.

Klub hanya menyebut, bahwa legenda hidup Arema Malang itu didaftarkan untuk mengisi staf kepelatihan yang sudah dihuni beberapa figur.

Baca Juga

"Dipilihlah opsi untuk memasukkan I Putu Gede masuk ke dalam jajaran tim Pelatih Arema FC," bilang Komisaris PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia, Tatang Dwi Arifianto Selasa (07/02/23).

Baca Juga

Dengan mengantongi lisensi AFC A, tentu I Putu Gede tidak bisa menjabat sebagai head coach. Jabatannya kemungkinan hanya sebatas caretaker sampai klub menunjuk pelatih baru.

Jika asumsi itu benar, maka posisi I Putu Gede akan setara dengan para asisten pelatih seperti Kuncoro, Siswantoro dan Singgih Pitono jika pelatih baru benar ditunjuk klub nantinya.
 

Liga IndonesiaI Putu Gede SwisantosoArema FCLiga 1

Berita Terkini