x

Berkandang di Jakarta, Arema FC Jadi Satu-Satunya Tim Nomaden di Liga 1

Rabu, 15 Februari 2023 14:56 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Pertandingan pada laga Liga 1 pekan ke-23 antara Persija Jakarta vs Arema FC di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (12/02/23).

FOOTBALL265.COM - Arema FC dipastikan menjadi satu-satunya tim kontestan Liga 1 yang hidup nomaden, alias tak pulang ke markas aslinya di Malang, Jawa Timur.

Situasi itu terjadi selepas tim dengan julukan Singo Edan itu memutuskan untuk berkandang di Jakarta. Semua jadwal home digelar di Stadion PTIK.

Sementara banyak jadwal laga yang dilakoni Arema FC di sekitaran Jakarta. Sehingga, opsi untuk tidak pulang ke Malang disinyalir sebagai efisiensi waktu dan biaya.

Hal itu dimulai Jayus Hariono dkk sejak menjamu PSM Makassar pada jadwal home berstatus sanksi di Stadion PTIK Jakarta, Sabtu (04/02/23) lalu.

Tim peraih trofi juara Piala Presiden 2017, 2019 dan 2022 itu lantas berpindah ke Bogor ketika menghadapi Rans Nusantara FC, Rabu (08/02/23).

Baca Juga

Pergerakan mereka juga masih di Jabodetabek, lantaran masih harus menghadapi Persija Jakarta di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (12/02/23).

Sementara pada jadwal terdekat, Arema FC akan kembali menggelar laga home menjamu Barito Putera pada Sabtu (18/02/23) mendatang.

Baca Juga

"Pertandingan melawan Barito Putera (pekan ke-25 Liga 1) tetap di Stadion PTIK (berstatus tanpa penonton)," ucap Pelatih Arema FC, I Putu Gede.

Kendati harus nomaden alias tak pulang ke Malang, dia optimis situasi itu tidak menjalar pada penurunan motivasi bertanding anak asuhnya.

"Situasi nomaden ini kami tangani bersama, harus didukung. Tapi saya yakin para pemain kuat (secara mental)," imbuh pengganti Javier Roca tersebut.

Baca Juga

1. Pengalaman Baik

Pelatih Arema FC, I Putu Gede.

I Putu Gede pun mencoba berpikir positif dari situasi Arema FC. Bahwa dengan nomaden, masih ada hal positif yang bisa dipetik sebagai pelajaran.

Setidaknya, hal ini bisa dijadikan pengalaman bagi para pemain muda di Arema FC untuk lebih menguatkan mental mereka dalam kompetisi.

"Bagi saya pribadi, ini pengalaman yang sangat baik ke depan. Juga menjadi pengalaman bagus untuk para pemain," beber I Putu Gede.

Dan sebagai eks pesepak bola, tugasnya adalah tetap memberi motivasi pemainnya agar tidak menurun meski harus nomaden di Liga 1.

"Saya tekankan kepada para pemain, bahwa dimana pun kita bertanding, tidak ada masalah," eks kapten tim Arema Malang itu membeberkan.

Baca Juga

Pada satu sisi, situasi nomaden ini sangat menguntungkan untuk mendukung masa recovery pemain dengan jarak tempuh yang tidak jauh.

Sehingga, dia berharap kondisi fisik Dendi Santoso dkk terjaga dengan baik untuk melakoni jadwal lanjutan pada kompetisi Liga 1.

Baca Juga

Pada jadwal terdekat, Arema FC akan menjamu Barito Putera pada lanjutan pekan ke-25 Liga 1 di Stadion PTIK Jakarta pada Sabtu (18/02/23) mendatang.

"Tim ini bisa melewati masalah dengan baik kalau bersama-sama. Dan memang ini lah yang harus dihadapi," bilang I Putu Gede.

"Sekarang, kami diuji dengan kekalahan (saat melawan Persija). Tapi kekalahan akan membuat tim ini semakin kuat," pungkas dia.

Baca Juga
Liga IndonesiaI Putu Gede SwisantosoArema FCLiga 1

Berita Terkini