x

Proliga 2023: Bandung BJB Tandamata Gagal Tutup Putaran 2 dengan Kemenangan

Jumat, 17 Februari 2023 11:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain voli putri asal Turki, Ceren Kapucu menjalani debut bersama Bandung BJB Tandamata di Proliga musim 2023, saat menghadapi tim putri Jakarta BIN, Minggu (08/01/23).

FOOTBALL265.COM - Tim bola voli putri Bandung BJB Tandamata, gagal meraih kemenangan pada pertandingan putaran kedua seri pamungkas Proliga 2023, usai dikalahkan Jakarta Popsivo Polwan, Kamis (16/02/23).

Pertandingan yang digelar di GOR UNY Yogjakarta, berlangsung dalam lima set. Pada set pertama, Bandung BJB Tandamata harus mengakui keunggulan Jakarta Popsivo Polwan 21-23. 

Kemudian pada set kedua Bandung BJB Tandamata berhasil unggul 25-19, namun di set ketiga Jakarta Popsivo Polwan kembali unggul atas tim besutan pelatih Alim Suseno 28-30.

Pada set keempat, Bandung BJB Tandamata berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, setelah unggul 25-15. Namun, di set penentuan Wilda Siti Nurfadihlah dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Jakarta Popsivo Polwan 10-15, sehingga skor berakhir 2-3.

Meski gagal meraih kemenangan, Bandung BJB Tandamata tetap lolos ke babak final four Proliga 2023. Selain itu, selama babak penyisihan tim asal Kota Bandung ini mengoleksi enam kemenangan dengan memperoleh 19 poin dari 10 laga yang telah dilakoni.

Baca Juga

Manajer Bandung BJB Tandamata Ayi Subarna mengatakan, kekalahan pada pertandingan pamungkas putaran kedua Proliga 2023 tersebut lantaran tim lawan bisa membaca permainan dari Wilda Siti Nurfadihlah dan kawan-kawan.

"Permainan mudah dibaca lawan. Pengaruh setter sangat penting sekali," kata Ayi kepada wartawan setelah pertandingan, Kamis (16/02/23).

Pada pertandingan tersebut, Bandung BJB Tandamata menurunkan beberapa pemain lapis kedua. Menurut Ayi, penampilan mereka masih belum maksimal, sehingga hal itu akan menjadi catatan bagi tim pelatih.

Baca Juga

"Pemain lapis kedua menjadi tim inti belum menunjukkan performance masih naik turun. Belum stabil permainannya," ujarnya.

Setelah pertandingan terakhir di putaran kedua Proliga 2023, Bandung BJB Tandamata akan langsung fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi babak final four yang akan digelar pada pekan depan.

Ayi menuturkan, untuk mengahadapi babak final four Proliga 2023, tim pelatih harus bisa mempersiapkan anak asuhnya dengan matang diantaranya dengan menambah prosi latihan. Terutama untuk receive dan juga setter.

Baca Juga

1. Fokus Bangkit

Bandung BJB Tandamata saat menghadapi Jakarta Elektrik PLN pada putaran kedua Proliga 2023. (Foto: Dokumentasi Proliga)

Selain itu, dengan persiapan yang matang, diharapkan penampilan Bandung BJB Tandamata bisa maksimal dan melangkah ke babak selanjutnya. Apalagi, tim besutan pelatih Alim Suseno ini menargetkan untuk kembali meraih gelar juara.

"Kenapa harus ditambah? Karena itu modal utama dalam satu pertandingan. Mudah-mudahan babak final four nanti ada perubahan," harapnya.

Kapten tim Bandung BJB Tandamata, Wilda Siti Nurfadihlah, mengakui pertandingan pemungkas putaran kedua Proliga 2023 melawan Popsivo Polwan benar-benar menguras tenaga meski persiapan yang dilakukan sesuai program. 

Selain itu, meski hasil pertandingan tidak sesuai dengan harapan, dia tidak ingin larut dalam kekecewaan dan akan fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi babak final four Proliga 2023.

Wilda menambahkan, saat babak final four akan berusaha lebih keras lagi, agar Bandung BJB Tandamata bisa meraih hasil maksimal dan mempertahankan gelar juara Proliga.

Baca Juga

"Pertandingan yang sangat melelahkan. Tapi kami akan terus berusaha lebih baik. Apalagi target kita adalah mempertahankan predikat juara," tegas Wilda. 

Sebagai informasi, selain Bandung BJB Tandamata, tim yang sudah memastikan diri lolos ke final four adalah Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta BIN dan Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia. 

Baca Juga

Rencananya, babak final four Proliga 2023 nanti akan berlangsung di tiga kota. Pekan pertama akan berlangsung di GOR GOR Tri Dharma Gresik pada 23-26 Februari 2023.

Kemudian pada pekan selanjutnya, babak final four Proliga 2023 akan bermain di GOR Jatidiri, Semarang. Pekan kedua ini akan berlangsung pada 2-5 Maret mendatang.

Sedangkan untuk pekan ketiga final four Proliga 2023 akan berlangsung GOR Sritex Arena Solo. Pekan akhir dari final four ini akan berlangsung 9-12 Maret 2023 mendatang.

Baca Juga
ProligaVoliLiga IndonesiaBandung BJB TandamataProliga 2023

Berita Terkini