x

Barito Putera Waspada Arema yang Bertabur Pemain Timnas, Pelatih Lokal Selevel Asing

Sabtu, 18 Februari 2023 09:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Barito Putera waspada Arema FC, jelang pertemuan pekan ke-25 BRI Liga 1 2022-2023, Sabtu (18/02/23) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

FOOTBALL265.COM - Barito Putera waspada Arema FC, jelang pertemuan pekan ke-25 Liga 1 2022-2023, Sabtu (18/02/23), di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Arema FC yang kini dilatih oleh I Putu Gede, menjamu skuad Barito Putera yang diambilalih oleh Rahmad Darmawan, di Stadion Patriot Bekasi mulai pukul 15.00 WIB.

Ada dua kelebihan I Putu Gede Swisantoso yang diwaspadai oleh Rahmad Darmawan.

Pertama, ia memiliki jiwa Malangan, sangat kental dengan keseblasan Arema FC. Kedua, ia sudah mengadopsi banyak ilmu dari pelatih asing sebelumnya, Javier Roca.

"Saya rasa Putu Gede bukan orang baru di Malang. Karakteristik di Malang sangat kental dengan Putu," ungkap Rahmad Darmawan dalam sesi konferensi pers.

Baca Juga

"Saya melihat kualitas Putu Gede dalam membangun timnya enggak lebih kurang, enggak jauh beda dengan Javier Roca yang mengutamakan position ball," ujarnya.

Pelatih yang akrab disapa RD itu juga telah melihat gaya permainan terakhir Arema FC, baik saat menghadapi Rans Nusantara FC maupun saat menghadapi Persija Jakarta.

Baca Juga

Dengan materi pemain bertabur Timnas, hal inilah yang nantinya akan diwaspadai dan diantisipasi oleh skuad Barito Putera saat pertandingan berlangsung.

"Mungkin kelebihan pemain Arema saat melawan Rans dan Persija itu, kita bisa berhati-hati untuk pertandingan besok."

"Karena mereka mempunyai individu pemain di level nasional, jadi kewaspadaan harus kami antisipasi," lanjut Rahmad Darmawan lagi.

Baca Juga

1. Barito Putera Manfaatkan Paceklik Arema FC

Skuat Barito Putera di Liga 1 2022-2023.

Meski sudah mengantongi kekuatan dan celah untuk menghadapi Arema FC, pelatih Rahmad Darmawan juga tentu menyiapkan anak asuhnya sebaik mungkin.

Apalagi di laga sebelumnya, Barito Putera meraih kemenangan telak saat menghadapi Rans Nusantara FC. Laskar Antasari sukses menggulung Rans di angka 4-1.

Kemenangan tersebut menjadi motivasi para pemain untuk menghadapi laga berikutnya menghadapi Arema FC.

"Secara keseluruhan semua pemain siap untuk pertandingan besok," ungkap RD.

"Tinggal bagaimana mereka siap untuk menjaga motivasi bermain, seperti di pertandingan terakhir," tandasnya.

Baca Juga

Sekadar informasi, Arema mengalami paceklik sejak Tragedi Kanjuruhan. Skuat Singo Edan meraih satu kemenangan dan empat kekalahan di sepanjang tahun 2023.

Hal ini membuat tim tergusur ke peringkat 13 klasemen sementara dengan koleksi 29 poin. Posisi ini juga rawan, karena suatu saat bisa disalip oleh PSS Sleman.

Baca Juga

Sementara Barito Putera juga harus diakui kurang maksimal bersama pelatih Rodney Goncalves. Manajemen pun memanggil pelatih Rahmad Darmawan kembali.

Pada laga debutnya bersama Barito Putera, RD langsung memberikan kemenangan 4-1 saat menghadapi mantan anak asuhnya, Rans Nusantara FC.

Meski saat ini masih berada di zona merah klasemen Liga 1, tetapi Barito Putera mulai mengancam posisi Persikabo 1973 yang ada di atas mereka, dengan selisih hanya 3 poin.

Baca Juga
Barito PuteraRahmad DarmawanAremaLiga IndonesiaI Putu Gede SwisantosoArema FCLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini