x

Kalah di Laga Perdana, Shin Tae-yong Minta Pemain Timnas Indonesia U-20 Tidak Kena Mental

Kamis, 2 Maret 2023 14:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Iraq U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent), Rabu (01/03/23). (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengimbau anak asuhnya agar tidak down setelah kalah dari Irak di laga perdana Grup A Piala Asia U-20 2023. Mereka masih punya kesempatan karena masih ada dua laga tersisa.

Pada laga Rabu (01/03/23) malam di Lokomotiv Stadium, Indonesia menyerah 0-2 dari Irak. Padahal, skuad Garuda unggul jumlah pemain sejak awal babak kedua setelah gelandang Irak, Charbel A dikartu merah pada akhir babak pertama. 

Menurut Shin Tae-yong, laga pertama dalam sebuah turnamen memang sangat sulit. Setelah menelan hasil pahit, ia meminta Hokky Caraka dan kawan-kawan segera bangkit dan bersiap untuk dua laga tersisa lawan Suriah dan Uzbekistan. 

"Pada sebuah turnamen, pertandingan pertama selalu penting. Tentu saja dua pertandingan berikutnya juga akan menjadi pertandingan berat, tapi kami tidak akan menyerah. Kami juga mengincar kemenangan, bukan hanya sekedar berpartisipasi," katanya.

Baca Juga

"Hasil akhir kedua pertandingan itu mungkin bisa menjadi momok (menakutkan) bagi tim kami," imbuhnya.

Untuk laga kedua lawan Suriah, Shin Tae-yong akan lakukan evaluasi. Dia harus membenahi mental pemain Timnas Indonesia U-20 karena banyak kritikan yang diterima usai kekalahan semalam. 

Baca Juga

"Tentu saja ini adalah periode waktu yang cukup singkat sebelum pertandingan kedua. Namun yang terpenting adalah menjaga atmosfir tim, dan saya tidak akan membuat mereka pesimis," tuturnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan ada banyak evaluasi usai kekalahan dari Irak. Penyelesaian akhir yang buruk jadi salah satu penyebab, karena Indonesia banyak ciptakan peluang emas, tapi tak satu pun jadi gol.

Baca Juga

1. Bukan karena Cuaca

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Iraq U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent), Rabu (01/03/23). (Foto: PSSI)

Shin Tae-yong menampik kekalahan semalam disebabkan kesulitan adaptasi cuaca. Baginya, itu yang paling menonjol adalah kurangnya konsentrasi para pemain.

"Terkait cuaca yang dingin memang sangat berbeda dengan di Indonesia. Tapi jika kami mengatakan kami kalah karena cuaca, itu bukanlah alasan yang tepat," ucapnya.

Baca Juga

"Saya rasa, kekalahan kami hari ini adalah karena kurangnya konsentrasi jadi kami harus mengatasinya," tuntasnya.

Kekalahan dari Irak membuat Indonesia terpuruk di dasar klasemen Grup A tanpa poin. Situasi skuad Garuda Nusantara sebenarnya sama dengan Suriah yang berada di tempat ketiga meski kalah 0-2 dari Uzbekistan.

Pada laga selanjutnya yang akan berlangsung Sabtu (4/3), Timnas Indonesia U-20 akan bertemu Suriah dan Irak menghadapi Uzbekistan.

Baca Juga
Bola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini