x

Delapan Pemain Terancam Absen saat PSIS Semarang Hadapi Madura United

Jumat, 3 Maret 2023 19:40 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain PSIS Semarang Carlos Fortes bersama Wawan Febrianto merayakan usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang di Piala Presiden. Foto: Nofik Lukman Hakim/Football265.com

FOOTBALL265.COM - PSIS Semarang terancam tak diperkuat delapan pemain saat menjamu Madura United pada laga pekan ke-29 Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri, Semarang, Selasa (07/03/23). Pos bek tengah menjadi posisi yang paling mengkhawatirkan.

PSIS bermain tanpa lima nama saat kalah dari Bhayangkara FC 2-3, Rabu (01/03/23). Pada momen itu, pelatih PSIS, Gilbert Agius, sempat mengeluhkan situasi sulit tersebut, meski pada akhirnya lima nama pengganti bermain bagus.

Menatap laga pekan ke-29, ada delapan pemain yang berpotensi absen melawan Madura United. Brandon Scheunemann dan Kartika Vedhayanto sudah dipastikan absen.

Brandon mendadak dipanggil Timnas Indonesia U-20 untuk berangkat ke Uzbekistan menyusul cederanya Zanadin Fariz. Brandon sudah berangkat ke Uzbekistan.

Keberangkatan Brandon dikonfirmasi Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi. PSIS dengan senang hati melepas Brandon ke Piala Asia U-20 2023, meski punya imbas ke Liga 1 2022/2023.

Baca Juga

"Yang terpenting Brandon di Uzbekistan mencari ilmu yang banyak dan nantinya bisa ditularkan ke pemain muda PSIS lainnya," kata Yoyok Sukawi.

Berbeda dengan Brandon, Vedha dipanggil Timnas Indonesia U-22 yang diproyeksikan untuk SEA Games 2023. Vedha sudah mengikuti sesi perdana di Lapangan A, Jakarta, Rabu (01/03/23).

Baca Juga

Vedha dipanggil bersama 33 nama lain. Mereka akan dipantau dalam dua tahap hingga 16 Maret 2023 melalui sistem promosi dan degradasi oleh pelatih Indra Sjafri.

Selain dua nama itu, kondisi enam nama lain masih dipantau karena mengalami cedera. Mereka adalah Carlos Fortes, Vitinho, Wahyu Praseto dan Hari Nur Yulianto.

Empat nama itu sudah absen pada laga melawan Bhayangkara FC. Lalu, pada laga di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Alfeandra Dewangga dan Ryo Fujii keluar dari lapangan dalam kondisi cedera.

Baca Juga

1. Dihantam Badai Cedera

Penyerang PSIS Semarang, Hari Nur Yulianto. Foto: Nofik Lukman Hakim/Football265.com

PSIS Semarang belum merilis update terbaru tentang kondisi delapan nama tersebut. Jika semua nama benar-benar absen, PSIS punya masalah besar di sektor bek tengah.

Bayu Fiqri kemungkinan tetap dipasang sebagai bek tengah, sama seperti saat melawan Bhayangkara FC. Sebagai tandem Bayu Fiqri, PSIS tak ada opsi lain selain memainkan bek asal Bali, Meru Kimura.

Lalu sebagai opsi atas absennya Ryo Fujii, PSIS punya Delvin Rumbino. Dalam dua laga terakhir, eks PSM Makassar ini tampil bagus, baik saat membantu pertahanan maupun lini depan.

Untuk sektor depan yang ditinggal Fortes dan Hari Nur, PSIS punya Rizky Dwi Pangestu. Mantan pilar Sulut United ini sudah mencatatkan gol pertamanya di Liga 1 2022/2023 ke gawang Bhayangkara FC.

Sementara untuk penghuni pos gelandang sayap kanan pengganti Vitinho, PSIS memiliki Riyan Ardiansyah. Jebolan PPLM ini tampil bagus saat melawan Bhayangkara FC.

Baca Juga

Kejutan para pengganti itu cukup memuaskan Gilbert Agius pada laga melawan Bhayangkara FC. Mereka tampil bagus meski hasil akhirnya harus kalah 2-3.

"Dari cara bermain kita, kita berhasil mencetak dua gol dan membuat banyak kesempatan, termasuk Taisei mendapat situasi satu lawan satu, dan banyak sekali kesempatan buat melalui proses," kata Gilbert Agius.

Baca Juga

"Saya senang bukan perkara hasil, tapi saya senang dengan cara bermain yang ditampilkan pada pertandingan ini," lanjut Gilbert Agius.

Namun, pada laga ini PSIS Semarang sudah bisa memainkan gelandang muda, Ridho Syuhada. Jebolan tim Elite Pro Academy (EPA) PSIS ini absen melawan Bhayangkara FC karena akumulasi kartu kuning.

PSIS Semarang perlu memaksimalkan laga ini jika ingin memenuhi target masuk lima besar pada klasemen akhir Liga 1 2022/2023. PSIS kini ada di peringkat sepuluh dengan 35 poin.

Baca Juga
PSIS SemarangMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Hari Nur Yulianto

Berita Terkini