x

Putuskan Hengkang Musim Depan, Ini 4 Momen Terbaik Firmino Bersama Liverpool

Sabtu, 4 Maret 2023 20:14 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Liverpool dipastikan harus mengucapkan selamat tinggal pada salah satu pemain terpentingnya di era modern, Roberto Firmino, pada musim depan.

FOOTBALL265.COM - Liverpool dipastikan harus mengucapkan selamat tinggal pada salah satu pemain terpentingnya di era modern, Roberto Firmino, pada musim depan.

Setelah delapan tahun mengabdi di Anfield dengan 353 penampilan berbuah 107 gol, 78 assist, plus tujuh trofi termasuk satu Liga Inggris akhirnya sang bintang Brasil memutuskan untuk pergi.

Firmino sebelumnya sudah sering dirumorkan bakal hengkang dari Liverpool sejak beberapa tahun terakhir namun sepertinya 2022/2023 akan benar-benar jadi musim pamungkasnya bersama The Reds.

Kontrak yang akan segera berakhir pada Juni mendatang dan tidak adanya kesepatakan untuk memperpanjang kerjasama membuatnya memutuskan untuk mencari tantangan baru.

Agenda dari Firmino, Roger Wittmann, mengamini jika kliennya memang bakal mencari klub anyar di 2023/2024. Belum ada bocoran kemana pemain 31 tahun itu akan merapat namun yang jelas keputusannya sudah bulat.

Baca Juga

"(Roberto Firmino) akan meninggalkan Liverpool pada musim panas ini. Saya jamin itu dan ini adalah cara terbaik untuk mengakhiri petualangan hebat selama delapan tahun," beber Wittmann pada Scores365.

Firmino didatangkan Liverpool dari Hoffenheim pada Juli 2015 seharga 41 juta Euro. Tidak banyak yang menyangka jika ia akan jadi pemain top di Liga Inggris meski belum punya pengalaman merumput di sana.

Baca Juga

Ia mungkin tidak punya pamor sementereng Mohamed Salah ataupun Sadio Mane yang jadi rekannya di lini depan semasa era sukses Liverpool dewasa ini namun bukan berarti perannya kalah besar.

Kemampuannya bermain di segala posisi di barisan penyerang membuatnya jadi anggota skuad yang berharga. Kesiapan untuk bekerja keras juga membuatnya selalu jadi andalan oleh manajer Jurgen Klopp dengan taktik pressing-nya.

Mungkin sejatinya Roberto Firmino masih bisa berbaju The Reds untuk satu atau dua tahun lagi namun sepertinya rebuild memang sudah harus dijalankan. Berikut ini empat momen terbaik 'Bobby' selama membela Liverpol.

Baca Juga

1. 1. Gol Perdana

Roberto Firmino

Dengan harga transfernya yang terhitung mahal sekaligus ekspektasi untuk langsung memberikan dampak positif bagi Liverpool membuat gol pertama Roberto Firmino untuk Si Merah sangat ditunggu.

Sayangnya tidak bisa demikian. Butuh lima bulan sebelum ia bisa pecah telur terutama karena awal kedatangannya ke Merseyside sempat terganggu cedera punggung.

Tidak tanggung-tanggung, Firmino 'memilih' Manchester City untuk jadi korban perdanananya di ajang Liga Inggris 2015/2016.

Pada pekan ke-13, Liverpool bertandang ke Etihad Stadium dan sukses menang besar 1-4. Firmino terlibat di tiga gol perdana timnya sekaligus.

Pertama crossing rendahnya membentur Eliaquim Mangala menjadi gol bunuh diri sebelum membidani lesakan Philippe Coutinho. Golnya sendiri ia cetak di penghujung babak pertama dengan tap-in menyambut sodoran manja dari Coutinho.

Baca Juga

2. Cetak Gol Ke-100

Hanya ada 19 pemain yang bisa mencetak 100 gol untuk Liverpool dan Roberto Firmino adalah salah satunya.

Capaian tersebut ia ukir pada laga Liga Inggris musim ini melawan AFC Bournemouth, 27 Agustus 2022.

Baca Juga

Firmino benar-benar dominan di laga tersebut. Ia menjadi arsitek tiga gol pertama The Reds yang dikemas oleh Luis Diaz, Harvey Elliott, dan Trent Alexander-Arnold.

Setelahnya ia mengukir namanya sendiri di papan skor sekali di masing-masing babak. Liverpool pun menang dengan skor mencolok 9-0.

Dengan ini Firmino akan selalu dikenang sebagai pemain dengan 100 gol lebih untuk Liverpool layaknya Steven Gerrard, Robbie Fowler, Kenny Dalglish, dan Michael Owen.

Baca Juga

2. 3. Akhiri Puasa dan Trofi Pertama dengan Liga Champions

Firmino bersama dengan skuat Liverpool dalam konvoi juara Liga Champions 2018/19.

Di musim 2018/2019 Liverpool mendapatkan tekanan besar untuk mengakhiri puasa gelar mereka selama tujuh tahun. Terutama setelah belanja cukup banyak untuk mendukung Jurgen Klopp.

Pada musim sebelumnya mereka berpeluang untuk menjadi juara Liga Champions namun harus kalah di tangan Real Madrid. Beruntung mereka bisa melakukan back-to-back ke final dan mengklaim trofi Kuping Besar dengan Roberto Firmino punya peran yang masif.

Firmino bermain di semua pertandingan Liverpool di Liga Champions kecuali pada leg kedua semifinal vs Barcelona dan itupun hanya karena cedera.

Selebihnya ia selalu tersedia untuk dimainkan. Sumbangsung paling vital dari eks Figuirense itu jelas dua gol dan satu assist kala menghadapi Porto di delapan besar.

Di final, Liverpool kemudian bisa menghajar Tottenham Hotspur 2-0 dan Firmino memenangkan titel mayor pertama dalam kariernya.

Baca Juga

4. Juara Liga Inggris

Setelah menjadi kampiun Liga Champions, Liverpool dan roberto Firmino masih tetap lapar. Pada 2019/2020 mereka bertekad untuk menjadi juara untuk kali pertama di Liga Inggris dalam era Premier League.

Hasilnya pasukan Jurgen Klopp begitu perkasa musim itu. Dari 38 pekan, hanya ada tiga kekalahan yang mereka derita.

Baca Juga

Firmino memainkan peran besar sebagai tandem untuk Mohamed Salah dan Roberto Firmino. Ia memastikan keduanya punya pasokan bola yang cukup sekaligus masih bisa mengantongi sembilan gol dan delapan assist.

LIverpool pun bisa mengklaim trofi Liga Inggris ke-19 mereka sepanjang sejarah sekaligus mengakhiri penantian sejak 1990.

Roberto Firmino akan selalu dikenang atas jasanya tersebut. Meski di musim depan ia tidak akan ada di Anfield lagi.

Baca Juga
LiverpoolRoberto FirminoLiga Inggris

Berita Terkini