x

Kapten Timnas U-20 Bongkar Biang Kerok Kegagalan Bekuk Uzbekistan di Piala Asia U-20

Rabu, 8 Maret 2023 10:22 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Kapten Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri, membongkar 'biang kerok' kegagalan atasi Uzbekistan di Piala Asia U-20 2023. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Kapten Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri membongkar 'biang kerok' kegagalan atasi Uzbekistan di Piala Asia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 dipastikan gagal lolos ke perempat final Piala Asia U-20, usai hanya bermain imbang 0-0 vs Uzbekistan di Stadion Istiqlol, Selasa (07/03/23) malam.

Uzbekistan langsung mendapatkan peluang pada babak pertama, lewat Abubakir Ashurov dan Po'latkhoja Koldorkhonov. Beruntung, kiper Daffa Fasya masih sigap menepis.

Sang kiper kembali membuat penyelamatan pada menit ke-30, dengan menggagalkan tendangan milik Saidafzalkhon Akhorov.

Uzbekistan hampir unggul menjelang turun minum, walau akhirnya tendangan Javokhir Utamurodov melebar tipis di kanan gawang.

Baca Juga

Memasuki babak kedua, tepat pada menit ke-54, sundulan Muhammad Ferarri dari sudut sempit, memanfaatkan operan Robi Darwis, ditepis kiper Otabek Boymurodov.

Pecobaan lainnya dari Hokky Caraka lewat tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti pada menit ke-81, masih bisa diblok oleh pemain di lini pertahanan Uzbekistan.

Baca Juga

Rakhmanoliev Umarali hampir membuat Uzbekistan unggul, setelah tendangannya dari luar kotak penalti membentur pemain Indonesia, tetapi mengenai mistar gawang.

Kiper Daffa Fasya Sumawijaya sangat banyak melakukan penyelamatan hingga detik-detik terakhir, sampai akhirnya bisa cleansheet dan tak ada gol yang tercipta.

Kapten Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferarri pun turut membongkar 'biang kerok' kegagalan Garuda Muda mengantisipasi permainan Uzbekistan.

Baca Juga

1. Ferrari: Fisik Kami Kalah

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Suriah U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Tashkent), Uzbekistan, Sabtu (04/03/23). (Foto: PSSI)

Menurut Ferarri, pemain Timnas Indonesia U-20 memang kalah postur dari Uzbekistan. Namun, mereka memiliki semangat tinggi.

"Semua orang tahu memang dari segi fisik kami kalah, tapi tak ada yang tidak mungkin di sepak bola," ungkap Ferarri dalam sesi konferensi pers usai pertandingan.

"Para pemain Timnas Indonesia U-20 itu cepat, dan hal itu bisa jadi modal kami untuk mengungguli lawan," katanya.

Pada pertandingan melawan Uzbekistan yang berakhir imbang 0-0, Garuda Muda masih kesulitan menciptakan peluang, dan hanya mencatatkan total empat tembakan.

Namun dalam sisi pertahanan, para pemain belakang Timnas Indonesia U-20 tampil baik, bahkan berhasil mementahkan 18 tembakan yang dilepaskan Uzbekistan.

Baca Juga

"Alhamdulillah meski hasilnya kurang memuaskan, kami bermain baik," lanjut Ferarri, yang merupakan salah satu pilar pertahanan Timnas Indonesia U-20.

"Apa yang diinginkan pelatih bisa kami terapkan, termasuk dalam defend, sehingga kami tidak kebobolan di laga ini," sambung pemain jebolan Persija Jakarta tersebut.

Baca Juga

Sayangnya, kegagalan Timnas Indonesia dalam mencetak gol ke gawang Uzbekistan, membuat Garuda Muda dipastikan gagal lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023.

Sepanjang keikutsertaan tim di Piala Asia U-20 ini, Garuda Muda tercatat kemasukan dua gol dari Irak, dan memasukkan satu gol ke gawang Suriah.

Masih banyak evaluasi yang harus dilakukan Muhammad Ferarri dkk, sebelum menatap Piala Dunia U-20 2023 yang akan dihelat di Indonesia, pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 nanti.

Baca Juga
UzbekistanTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20Muhammad FerarriPiala Asia U-20 2023

Berita Terkini