x

Bersyukur Barito Putera Amankan 3 Poin, RD Akui 'Menderita' Lawan Persebaya

Jumat, 10 Maret 2023 14:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Barito Putera berhasil mengamankan poin penuh, pada pertandingan kandang Liga 1 2022-2023 setelah menaklukkan Persebaya Surabaya 2-1.

FOOTBALL265.COM - Barito Putera berhasil mengamankan poin penuh, pada pertandingan kandang Liga 1 2022-2023 setelah menaklukkan Persebaya Surabaya 2-1 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kamis (09/03/23).

Pada pertandingan pekan ke-29 kompetisi Liga 1 2022-2023, dua gol kemenangan Barito Putera dicetak oleh Yuswanto Aditya menit 33' dan Renan Alves 80'. Sedangkan untuk gol tunggal Persebaya, melalui Ahmad Nufiandani menit 53'.

Setelah pertandingan, pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan, bersyukur anak asuhnya bisa mengamankan poin penuh. Selain itu, RD sapaan akrabnya menuturkan, tidak mudah bagi pasukannya meraih kemenangan pada laga tersebut alias mereka harus 'menderita'.

Pasalnya, Persebaya merupakan salah satu tim kuat di kompetisi Liga 1 2022-2023, bahkan pada pertandingan tersebut tim besutan pelatih Aji Santoso sempat menyamakan kedudukan pada menit 53' melalui Ahmad Nufiandani.

"Pertama puji syukur Alhamdulillah kita bisa meraih tiga poin di pertandingan yang menurut saya sangat berat hari ini, tentu kita harus bersyukur dengan hasil hari ini," kata RD saat konferensi pers setelah pertandingan.

Baca Juga

RD menyadari pada babak pertama, anak asuhnya banyak bermain di wilayah sendiri, lantaran mengantisipasi permainan Persebaya. Sehingga, pasukannya kurang berani untuk melakukan serangan. 

Meski demikian, pada babak pertama anak asuhnya bisa memanfaatkan peluang yang didapat untuk mencetak gol, sehingga skor berubah 1-0 untuk keunggulan Barito Putera.

Baca Juga

"Di pertandingan tadi babak pertama praktis memang kita hanya fokus kepada apa yang saya sampaikan, yaitu untuk anak-anak solid di sepertiga lapangan tengah dan di tengah lapangan sendiri," ungkapnya.

"Dan itu momen yang akhirnya anak-anak sendiri kurang berani keluar menyerang dan mungkin terlalu berpikir mengantisipasi kelebihan lawan dan kita sukses mengungguli satu gol," ucapnya.

Baca Juga

1. Bangkit di Babak Kedua

Pertandingan Liga 1 antara Persik Kediri vs Barito Putera di Stadion Brawijaya (Kediri), Sabtu (04/03/23). (Foto: Instagram@psbaritoputeraofficial)

Memasuki babak kedua, anak asuhnya mulai berani menekan pertahanan lawan, meskipun RD menyadari ada risiko dengan menerapkan strategi terbuka. Persebaya sendiri, bisa mencetak gol di menit 52 melalui Ahmad Nufiandani.

"Dan di babak kedua kita mulai berani keluar melakukan serangan, memang ada risiko ketika menekan ada ruang kosong yang bisa dimanfaatkan oleh lawan, itu sebuah resiko dari sebuah serangan, akhirnya kita bisa kemasukkan satu," ujarnya.

Meski kemasukan satu gol, RD tetap mengapresiasi kerja keras yang ditampilkan oleh pasukannya. Pasalnya, sepanjang pertandingan mereka bermain penuh motivasi untuk mengamankan poin penuh.

Sehingga, Renan Alves pada menit 80' bisa mencetak gol sekaligus membawakan Barito Putera meraih kemenangan pada pertandingan pekan ke-29 kompetisi Liga 1 2022-2023.

"Tapi secara keseluruhan anak-anak hari ini tadi dibuat sukses atau tidaknya strategi yang kita mainkan, anak-anak bermain dengan hati, anak-anak bermain dengan sangat luar biasa," kata RD.

Baca Juga

Penampilan apik dan motivasi tinggi yang ditampilkan anak asuhnya pada pertandingan menghadapi Persebaya, diharapkan bisa kembali ditunjukkan oleh Rizky Pora dkk pada laga selanjutnya di kompetisi Liga 1.

Sebagai informasi, setelah menghadapi Persebaya Surabaya, Barito Putera akan melakoni pertandingan pekan ke-30 kompetisi Liga 1 2022-2023 menghadapi Dewa United, 14 Maret 2023.

Baca Juga

"Kita lihat tadi anak-anak itu saya sangat senang, semoga momen seperti ini bisa terus diperlihatkan pemain di setiap pertandingan," tegasnya.

Mewakili tim, RD mengucapkan terima kasih kepada suporter yang sudah memberikan dukungan kepada Barito Putera. Sehingga, anak asuhnya memiliki motivasi berlipat untuk menampilkan permainan terbaiknya dan mengamankan poin penuh.

"Terima kasih kepada seluruh suporter Barito Putera, terima kasih atas suportnya yang datang maupun yang tidak datang ke stadion," ungkap Rahmad Darmawan (RD).

Baca Juga
Persebaya SurabayaBarito PuteraRahmad DarmawanLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini