x

Coret Sutan Zico dan Rendy Juliansyah dari Timnas U-22, Indra Sjafri: Kualitasnya Enggak Bagus

Sabtu, 11 Maret 2023 10:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri angkat bicara mengenai pencoretan Sutan Zico dan Rendy Juliansyah dari pemusatan latihan jelang SEA Games 2023. (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri angkat bicara mengenai pencoretan Sutan Zico dan Rendy Juliansyah dari pemusatan latihan jelang SEA Games 2023. Dia mengambil keputusan itu karena kualitas kedua pemain itu tidak sesuai kriteria.

Setelah latihan selama sepekan, Indra Sjafri mencoret 17 pemain pada TC tahap pertama, termasuk Sutan Zico dan Rendy yang selama ini jadi langganan Timnas U-16 dan U-19.

Tim pelatih Timnas U-22 melakukan pencoretan berdasarkan evaluasi dan penilaian setelah tiga internal game serta berdasarkan hasil tes fisik, psikologi dan kecerdasan pemain.

"Karena kualitas enggak bagus, kita pulangkan," kata Indra Sjafri saat disinggung soal pencoretan Sutan Zico dan Rendy Juliansyah. 

"Akumulasi dari penilaian penilaian itulah makanya kita, masuk tadi ke pertanyaan Rendy, Zico. Kan ada yang lain yang lebih berkualitas enggak adil dong saya? Ada yang lain yang lebih berkualitas. Walaupun dia dulu pemain Tim nasional. Yang terpilih yang kualitas tertinggi," ujarnya.

Baca Juga

Setelah mencoret 17 pemain pada seleksi tahap pertama, Indra Sjafri kemudian memanggil 17 pemain baru. Pemain yang datang akan jalani seleksi tahap kedua mulai 9-16 Maret bersama 17 nama lainnya yang lolos seleksi dari tahap pertama.

Untuk pemain baru, ada beberapa nama familiar yang datang seperti Muhammad Salman, Andre Octaviansyah dan Brylian Aldama dari Persebaya Surabaya. Lalu ada Andy Harjito dan Komang Teguh Trisnanda dari Borneo FC.

Ada pula striker muda Bhayangkara FC yang mulai tampil reguler di Liga 1 2022, Titan Agung dan rekannya David Maulana.

Baca Juga

"Jadi kemarin kita sudah pulangkan 17 pemain, lalu kami panggil 17 lagi dari pemain-pemain Liga 2 dan ada dari Persebaya tiga orang," ujar Indra Sjafri.

"Jadi ini gabungan dan saya melihat mereka punya potensi sekali dan saya pikir kalau nanti sudah masuk ke tahap latihan, saya pikir punya prospek untuk menjadi pesaing pemain 2021 yang bermain reguler di Liga 1," ujarnya.

Baca Juga

1. Pemain yang Mampu Tampil 2 Posisi

Timnas Indonesia U-22 pada sesi latihan di Senayan, Sabtu (08/03/23). (Foto: PSSI)

Adapun kriteria pemain idaman Indra Sjafri untuk dibawa ke SEA Games 2023 adalah bisa bermain di dua posisi. Itu untuk menyiasati keterbatasan pemain dan jadwal padat di kejuaraan multi event tersebut.

Untuk tampil di SEA Games 2023, Timnas U-20 hanya membawa 20 pemain, tanpa pemain senior. Itu merupakan regulasi baru yang ditetapkan.

Baca Juga

Karena minim pemain, Indra Sjafri lantas mencari pemain yang bisa bermain lebih dari satu posisi. Dia mencoba memainkan beberapa pemain bukan di posisi aslinya saat internal game Timnas U-22, Selasa (07/03/23) di Lapangan B Senayan, Jakarta.

Secara umum, pelatih 60 tahun itu menjelaskan, pemain incaran untuk SEA Games 2023 adalah dari skuad Timnas U-20 yang sebelumnya disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021 yang kemudian batal beraksi karena pandemi Covid-19.

SEA Games 2023 nanti akan berlangsung di Kamboja mulai 5-17 Mei. Target Indra Sjafri adalah juara. Ia ingin menuntaskan rasa penasaran setelah Timnas Indonesia hanya mendapat medali perak di SEA Games 2019 di Filipina.

Baca Juga
Indra SjafriTimnas IndonesiaLiga IndonesiaRendy JuliansyahSutan ZicoBerita Liga 1Berita Timnas Indonesia

Berita Terkini