x

Hasil Liga Champions Manchester City vs RB Leipzig: 5 Gol Haaland Bawa Citizens ke Perempat Final

Rabu, 15 Maret 2023 05:11 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Erling Haaland jadi lakon utama laga leg kedua 16 Besar Liga Champions antara Manchester City vs RB Leipzig yang digelar Rabu (15/03/23) dengan skor akhir 7-0. (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

FOOTBALL265.COM - Erling Haaland jadi lakon utama laga leg kedua 16 Besar Liga Champions antara Manchester City vs RB Leipzig yang digelar Rabu (15/03/23) dengan skor akhir 7-0.

Bomber internasional Norwegia itu mencetak lima gol The Citizens yang tidak hanya meloloskan klubnya ke perempat final saja dengan agregat 8-1 namun juga memecahkan sejumlah rekor luar biasa.

Haaland kini resmi menjadi pencetak gol terbanyak dalam semusim untuk City dengan 39 lesakan. Rekor sebelumnya dipegang pleh Tommy Johnson (38) nyaris satu abad yang lalu.

Opta juga mencatat jika ia adalah pemain termuda (22 tahun) dan tercepat (25 laga) untuk bisa mencetak 30 gol di Liga Champions. Sebelumnya pun hanya ada dua pemain lain yakni Lionel Messi (2012) dan Luiz Adriano (2014) yang bisa menjebol gawang lawan lima kali dalam satu laga kompetisi tertinggi Eropa tersebut.

RB Leipzig sama sekali tidak bisa membendung performanya. Meski ada dugaan jika keputusan wasit berat sebelah dalam partai yang digelar di Etihad Stadium ini, namun Die Roten Bullen tetap kalah kelas di berbagai lini.

Baca Juga

Jalannya Pertandingan

Pesta gol Erling Haaland di laga Manchester City vs RB Leipzig bermula dengan hattrick di babak pertama. Gol pembukanya sempat diwarnai kontroversi karena wasit memberikan penalti atas tim tamu meragukan usai Benjamin Heirichs diduga melakukan handball dala situasi sepak pojok.

Namun Haaland tidak peduli. Dari titik putih ia menghujamkan sepakan geledek yang sama sekali gagal digapai kiper Janis Blaswich pada menit ke-20.

Baca Juga

Empat menit berselang jala gawang Leipzig bergetar lagi. Leipzig mendapati mereka diserang habis-habisan dan sempat bernafas lega kala sepakan Kevin De Bruyne hanya menghantam mistar namun Haaland dengan sigap melakukan rebound dengan kepalanya.

Di masa injury time babak pertama tiga gol sudah tercetak atas nama Haaland. Ruben Dias pada awalnya berniat menanduk masuk bola kiriman Jack Grealish namun si kulit bundar hanya menerpa tiang dan melayang di atas garis gawang.

Haaland yang lagi-lagi berada dalam posisi tepat langsung mencocok masuk bola meski masih dalam hadangan satu pemain Leipzig.

Baca Juga

1. Babak Kedua

Erling Haaland mencetak gol keduanya di laga Manchester City vs RB Leipzig (15/03/23). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

Mesin gol Manchester City masih belum berhenti di paruh kedua. Hanya saja Ilkay Gundogan untuk sesaat membuat publik Etihad sadar jika bukan hanya Erling Haaland saja yang bisa mencetak angka.

Ilkay Gundogan yang berperan sebagai kapten dalam laga ini menunjukkan skill luar biasa kala ia memperdaya sejumlah pemain RB Leipzig sebelum melepas tembakan kaki kiri ke tiang jauh yang tak bisa digapai kiper pada menit ke-49.

Lima menit kemudian Haaland kembali menuliskan namanya di papan skor. Leipzig seolah tidak belajar untuk tidak membiarkannya untuk punya ruang bergerak saat sepak pojok dan kembali eks Borussia Dortmund itu mendapatkan gol mudah dari corner kick.

Gluttrick (lima gol) Haaland akhirnya lengkap di menit ke-57. Untuk kesekian kalinya ia membuktikan jika dirinya memang 'nomor 9' terbaik saat ini di dunia.

Manuel Akanji semula hendak menyundul masuk bola sepak pojok kiriman dari sisi kanan namun Janis Blaswich mampu melakukan save dengan ujung jarinya.

Baca Juga

Malang bagi sang stopper, Haaland sudah siap menyambut bola liar dan dengan satu sentuhan saja gol kelima tercatat atas nama putra Alf Inge Haaland tersebut.

Pep Guardiola tidak lama setelah itu memutuskan untuk menarik keluar Erling Haaland dan memasukkan Julian Alvarez. Akan tetapi keran gol City belum juga berhenti mengalir.

Baca Juga

De Bruyne menutup pembantaian Manchester City atas RB Leipzig dengan sebuah gol brilian meski publik akan lebih mengingat laga ini sebagai laga dimana Haaland mengamuk.

Saat jam menunjukkan menit 90+2, playmaker Belgia tersebut melepas tembakan keras berjarak 25 yard yang tepat mengarah ke sudut kanan atas gawang Blaswich.

Skor 7-0 kemudian jadi hasil akhir pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions ini.

Baca Juga

2. Susunan Pemain Manchester City vs RB Leipzig

Erling Haaland

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes, Manuel Akanji, John Stones, Ruben Dias, Nathan Ake, Kevin De Bruyne, Rodri Hernandez, Ilkay Gundogan, Bernardo Silva, Erling Haaland, Jack Grealish

RB Leipzig (4-2-3-1): Janis Blaswich, Benjamin Henrichs, Willi Orban, Josko Gvardiol, David Raum, Amadou Haidara, Kevin Kampl, Konrad Laimer, Emil Forsberg, Dominik Szoboszlai, Timo Werner

Manchester CityLiga ChampionsKevin De BruyneIlkay GundoganRB LeipzigErling Braut Haaland

Berita Terkini