x

Dubes Palestina: Kehadiran Israel di Piala Dunia U-20 Ketentuan FIFA, Indonesia Hanya Tuan Rumah

Kamis, 16 Maret 2023 00:50 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, berkomentar soal polemik kedatangan Israel ke tanah air untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2023.

FOOTBALL265.COM - Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, berkomentar soal polemik kedatangan Israel ke tanah air untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2023.

Ia menyadari Indonesia hanya memfasilitasi perhelatan tersebut dalam kapasitas sebagai tuan rumah ajang bagi pesepakbola masa depan itu dan menjalankan aturan dari FIFA.

Kehadiran Israel di ajang Piala Dunia U-20 2023 Indonesia memang menimbulkan sedikit masalah. Sebab gelombang pro dan kontra mulai bermunculan akan hal ini.

Akarnya tentu saja konflik antara Israel dan Palestina dimana sebagian besar masyarakat lebih memihak pada Palestina.

Namun di tengah gejolak tersebut, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun angkat suara. Baginya kehadiran Israel ke Indonesia adalah ketentuan FIFA.

Baca Juga

"Kami mengetahui masing-masing federasi di dunia memiliki aturannya sendiri ada di FIFA," katanya saat menggelar konferensi pers, Rabu (15/3/2023).

"Dalam hal ini Indonesia berhasil memenangkan bidding sebagai tuan rumah FWC U20 dan tentu saja kepesertaan masing-masing negara yang ikut tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak suka dengan negara yang ikut serta tersebut,"

Baca Juga

"Indonesia hanya menfasilitasi. Masing-masing ikut serta sebagai bagian dari kompetisi sesuai aturan yang berlaku," imbuhnya.

Zuhair juga menyakini dukungan Indonesia terhadap Palestina tidak akan berubah, meski Israel datang ke Indonesia dan ikut bertanding dalam Piala Dunia U-20 yang akan diikuti 24 negara yang sudah lolos dari enam zona konfiderasi.

Contohnya saja di Piala Dunia 2022 lalu dimana banyak sekali dukungan untuk kemerdekaan negara yang beribukotakan Ramallah tersebut baik dari pemain maupun suporter meski tidak ikut berlaga di Qatar.

Baca Juga

1. Palestina Enggan Intervensi

Dubes Palestina: Kehadiran Israel di Piala Dunia U-20 Ketentuan FIFA, Indonesia Hanya Tuan Rumah

"Namun kita tahu Palestina muncul dan hadir di event tersebut seakan-akan Palestina hadir sebagai salah satu tim yang bertanding di Piala Dunia," sambung Zuhair Al-Shun lagi.

"Kita tahu banyak negara yang menyuarakan dukungan kepada Palestina. Ini menunjukan Palestina ada di hati banyak kalangan di dunia. Saya yakin Palestina senantiasa berada di hati bangsa Indonesia, Pemerintah Indonesia dan di hati negara Indonesia,"

"Dukungan terhadap Palestina oleh Indonesia selalu konsisten. Dukungan Indonesia tidak akan pernah berubah," pungkasnya kemudian.

Zuhair ikut menegaskan bahwa Palestina selalu menghormati dan tidak akan mengintervensi keputusan masing-masing negara.

Meski demikian tetap saja banyak tidak senang dengan kehadiran Israel nantinya di Piala Dunia 2020. Terutama karena FIFA dianggap menutup mata pada tindakan mereka pada Palestina.

Baca Juga

Netizen di media sosial cukup berani mengangkat isu standar ganda dimana dalam konflik Rusia vs Ukraina, dengan cepat agenda untuk memboikot segala yang berhubungan dengan negara Beruang Merah termasuk dalam sepakbola.

FIFA dan juga UEFA ikut menjatuhkan hukuman berupa larangan bertanding bagi timnas dan juga klub Rusia dalam kompetisi yang berada dalam naungan mereka.

Baca Juga

Padahal jargon politik harus dipisahkan dengan sepakbola selalu digaungkan sejak lama namun dua federasi terbesar di muka bumi itu seolah melakukan tebang pilih dalam mengambil keputusan.

Sebagai informasi Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia bakal berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Sebanyak 24 negara akan ambil bagian dalan perhelatan Pialq Dunia U-20 2023.

Indonesia sebagai tuan rumah sudah menyiapkan enam stadion. Di mana keenam stadion tersebut antara lain, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Manahan (Solo), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung)

Baca Juga
FIFAIndonesiaIsraelPalestinaPiala Dunia U-20Bola InternasionalPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini