x

Breaking! PSSI Resmi Pastikan Drawing Piala Dunia U-20 di Bali Batal

Minggu, 26 Maret 2023 16:53 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
PSSI pada Minggu (26/03/23), akhirnya memastikan bahwa drawing atau pembagian grup Piala Dunia U-20 di Bali batal.

FOOTBALL265.COM - PSSI pada Minggu (26/03/23), akhirnya memastikan bahwa drawing atau pembagian grup Piala Dunia U-20 di Bali batal. Berita ini diutarakan langsung oleh anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga.

Drawing pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 yang diikuti Timnas Indonesia direncanakan berlangsung pada 31 Maret 2023 di Bali.

Namun belakangan kabar mengenai batalnya drawing pembagian grup Piala Dunia U-20 memang telah berembus kencang belakangan ini.

Kini kabar terkait batalnya drawing pun sudah dikonfirmasi resmi oleh PSSI. Melalui anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, dinyatakan bahwa drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali batal.

"Kemarin kami sudah dapat informasi dari FIFA, LOC. Dalam pemberitahuannya memang belum ada surat resmi tapi pesannya jelas bahwa drawing di Bali dibatalkan FIFA," ucap Arya Sinulingga di GBK Arena, Senayan, Jakarta.

Baca Juga

Meski belum ada surat resmi dari FIFA terkait batalnya drawing ini, PSSI memastikan bahwa drawing dipastikan batal.

"Memang kami belum dapat surat resmi dari FIFA, tapi pesannya jelas bahwa dibatalkan. Ya kami memaklumi," tegas Arya.

Arya pun menjelaskan pembatalan drawing ini pun tak lepas dari adanya penolakan terkait keikutsertaan Israel dari Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Baca Juga

"Karena memang adanya penolakan dari Gubernur Bali yang menolak kedatangan Israel," jelas Arya.

"Sehingga dengan sendirinya di mana Israel adalah peserta Piala Dunia, jadi tidak mungkin drawing dilakukan tanpa keikutsertaan seluruh pesertanya," kata Arya.

"Dengan penolakan ini wajar kalau FIFA melihat drawing ini harus dibatalkan," katanya.

Piala Dunia U-20 2023 memang dijadwalkan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang. Sebanyak 24 negara dipastikan tampil di ajang ini termasuk salah satunya adalah Israel yang lolos sah dari babak kualifikasi.

Baca Juga

1. Rumor Drawing Ditunda Usai Keberatan Gubernur Bali

PSSI pada Minggu (26/03/23), akhirnya memastikan bahwa drawing atau pembagian grup Piala Dunia U-20 di Bali batal.

Sebelumnya, muncul isu FIFA akan membatalkan pelaksanaan drawing Piala Dunia U-20 yang seharusnya berlangsung di Bali, 31 Maret 2023 nanti.

Meski agenda drawing dibatalkan, kegiatan lain terkait penyelenggaraan turnamen seperti inspeksi stadion tetap berjalan seperti biasa. FIFA akan melanjutkan proses penilaian terhadap kesiapan venue.

FIFA memang belum menyampaikan alasan pembatalan. LOC atau panitia lokal masih terus berkoordinasi dengan FIFA dan meng-update informasi berikutnya yang mana dilakukan pada hari ini.

Desas desus batalnya drawing Piala Dunia U-20 2023 telah diutarakan Pengamat sepak bola yang juga koordinator Save Our Soccer, Akmal Marhali pada Jumat (24/03/23).

Dia memperkirakan Indonesia akan kena sanksi atau banned dari FIFA jika sampai batal menggelar Piala Dunia U-20 2023 pada Mei mendatang. Bisa dipastikan FIFA akan memberikan sanksi berat.

Baca Juga

"Saya dengar rumor bahwa acara official drawing Piala Dunia U20 di tanggal 31 Maret batal. Meski santer, tapi saya masih cari info terus, dan jika info itu benar, maka Indonesia pasti kena sanksi di-ban oleh FIFA," ujar Akmal Marhali di Jakarta, Jumat (24/03/23) kemarin.

Pelaksana tugas (Plt) Menpora, Muhadjir Effendy telah menerima surat dari gubernur Bali, I Wayan Koster terkait penolakan tim Israel bertanding di Bali saat Piala Dunia U-20 tahun 2023 pada 20 Mei - 11 Juni mendatang.

Baca Juga

Pada surat tertanggal 14 Maret 2023 bernomor T.00.426/11470/SEKRET, gubernur Bali berharap Plt Menpora mengambil kebijakan untuk melarang tim dari negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali.

Dalam surat itu, Wayan Koster berpandangan kebijakan politik Israel terhadap Palestina tidak sesuai dengan kebijakan politik pemerintah Indonesia. Selain itu, kata dia, tidak ada hubungan diplomatik antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Israel.

Terkait hal tersebut, Muhadjir Effendy mengatakan sudah melakukan komunikasi langsung dengan gubernur Bali, I Wayan Koster, terkait surat tersebut untuk mencari jalan keluar terbaik agar pelaksanaan Piaal Dunia U-20 di Indonesia bisa berjalan lancar sesuai rencana awal. 

Baca Juga
FIFAPSSIIsraelPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaArya Sinulingga

Berita Terkini