x

5 Fakta Menarik Usai Kekalahan La Furia Roja di Laga Skotlandia vs Spanyol

Rabu, 29 Maret 2023 04:40 WIB
Editor: Juni Adi
Luis de la Fuente saat masih menjabat sebagai pelatih Timnas Spanyol U-21

FOOTBALL265.COM - Kekalahan Spanyol dari Skotlandia di pertandingan kedua Grup A Kualifikasi Euro 2024 melahirkan sejumlah fakta.

Duel seru tersaji di pertandingan lanjutan babak Kualifikasi Euro 2024 Grup A antara Skotlandia vs Spanyol di Stadion Hampden Park, pada Rabu (29/03/23) dinihari WIB.

Bertindak sebagai tuan rumah, Skotlandia menang meyakinkan dengan skor akhi 2-0. Pemain Manchester United, Scott McTominay jadi bintang lapangan dengan memborong gol.

Kemenangan ini membuat Skotlandia memimpin klasemen Grup A Kualifikasi Euro 2024 dengan koleksi 6 poin, diikuti oleh Spanyol di urutan dengan mengemas 3 poin dari 2 pertandingan.

Tanda-tanda kekalahan Spanyol sudah terlihat di awal babak pertama karena mereka sudah kebobolan lewat gol cepat McTominay di menit ke-7.

Baca Juga

Scott McTominay sukses mencetak gol lewat sepakan kaki kirinya usai menerima umpan Andy Robertson. Skor 1-0 untuk keunggulan Skotlandia.

Spanyol tidak tinggal diam mereka coba menyamakan kedudukan namun peluang yang didapat Joselu, bolanya masih membentur mistar gawang Skotlandia. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Baca Juga

Memasuki babak kedua, Skotlandia masih memperlihatkan permainan yang sengit. Sementara Spanyol kesulitan membongkar pertahanan Skotlandia.

Terbukti Spanyol malah kebobolan untuk kedua kalinya setelah McTominay mecetak gol di menit ke-51. Skor 2-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Selanjutnya, Skotlandia akan bertandang ke markas Norwegia pada 17 Juni mendatang, sementara Spanyol akan menghadapi Italia pada 16 Juni 2023 nanti.

Baca Juga

1. Kemenangan Pertama Skotlandia

Gavi (kanan) berduel dengan Sander Berge di laga Spanyol vs Norwegia (26/03/23). (Foto: REUTERS/Jon Nazca)

Kemenangan Skotandia atas Spanyola di pertandingan Kualifikasi Euro 2024 ini dengan skor 2-0, merupakan yang pertama kali mereka rasakan setelah terakhir kalinya di tahun 1985 lalu.

Kala itu Skotlandia menang 3-1 atas Spanyol di Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa pada 27 Februari 1985. Namun setelah itu, Skotlandia tak pernah lagi mampu menang melawan Spanyol sebelum kemenangan tahun ini.

Margin Kekalahan Pertama Spanyol 

Kekalahan dari Skotlandia merupakan yang pertama kalinya dirasakan oleh Spanyol dengan margin dua gol tanpa balas sejak Juni 2016, dan pertama kalinya di Kualifikasi Euro sejak Oktober 2006 ketika kalah 2-0 dari Swedia.

Catatan Impresif David Garcia

David Garcia mencetak debut pertama kalinya tampil untuk tim senior Spanyol di pertandingan internasional resmi FIFA dalam Kualifikasi Euro 2024.

Meski negara kalah, namun David Garcia bermain sangat baik. Pemain berposisi sebagai bek itu mampu memenangkan 10 dari 13 kali duel berhadapan dengan pemain Skotlandia.

Enam di antaranya adalah duel di udara. Ia menyamai catatan Daniel Carvajal saat debut di timnas Spanyol dengan mencatatkan 10 kali dari 15 kali duel dengan lawan di laga debut.

Koleksi Gol Scott McTominay

Dua gol yan dicetak oleh Scott McTominay di menit ke-7 dan ke-51, menambah koleksi golnya untuk timnas Skotlandia. Kini, ia sudah mengemas 3 gol serta 2 assist dari 38 pertandingan yang sudah dilakoni untuk Skotlandia.

Mimpi Buruk Luis de la Fuente

Luis de la Fuente adalah pelatih pertama yang kalah dalam pertandingan tandang pertamanya sebagai pelatih Spanyol sejak Vicente Miera pada September 1991 (0-2 melawan Islandia), juga di kualifikasi Piala Eropa.  

SpanyolSkotlandiaKualifikasi EuroBola InternasionalScott McTominayLuis de la Fuente

Berita Terkini