x

Liga 1: Waktu Persiapan Hadapi Persis Singkat, Persib Berencana Rotasi Pemain

Selasa, 4 April 2023 00:42 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Persib, Luis Milla saat memimpin latihan di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (06/03/23).

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, mengakui timnya memiliki waktu persiapan yang cukup singkat, sehingga berencana melakukan rotasi pemain saat hadapi Persis Solo pada pekan 32 Liga 1, Selasa (04/04/23).

Pasalnya, sebelum menjamu Persis, skuat Maung Bandung melakoni pertandingan tandang Liga 1 2022-2023 menghadapi Persija Jakarta, di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jumat (31/03/23).

Sehingga, tim kebanggaan Bobotoh hanya memiliki waktu recovery atau persiapan sekitar tiga hari sebelum menghadapi Persis Solo di Stadion Pakansari, Bogor.

Luis Milla menuturkan, untuk menjaga kondisi kebugaran anak asuhnya, maka pada pertandingan pekan ke-32 kompetisi Liga 1 2022-2023 pihaknya berencana untuk melakukan rotasi pemain.

"Memang kami memiliki waktu yang singkat untuk menghadapi pertandingan ini," kata Luis Milla saat konferensi pers menjelang pertandingan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (03/04/23).

Baca Juga

"Tapi ini kompetisi dan rencananya adalah mengubah beberapa pemain (rotasi) dan ini menurut saya normal," ucap pelatih yang sempat menangani Timnas Indonesia ini menambahkan.

Salah satu pemain yang disiapkan untuk tampil sejak menit awal pada pertandingan menghadapi Persis Solo, yakni Ricky Kambuaya. Gelandang bernomor punggung 55 itu, saat ini kondisinya sudah siap untuk bertanding.

Baca Juga

"Menurut saya yang terpenting adalah tim dan hari ini juga ada Ricky (Kambuaya), rencananya dia akan bermain dari menit pertama besok," ungkap Luis Milla.

Sebelumnya, Ricky Kambuaya sempat absen memperkuat skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1 2022-2023. Lantaran, dia harus memperkuat Timnas Indonesia, diantaranya saat FIFA Match menghadapi Burundi.

Selain itu, Ricky Kambuaya juga sempat absen karena mendapat akumulasi kartu kuning. Sehingga, dari 31 pertandingan di kompetisi Liga 1 2022-2023, Kambuaya bermain di 19 laga. 

Baca Juga

1. Rotasi Maung Bandung

Laga Liga 1 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Patriot (Bekasi), Jumat (31/03/23).

"Sebelumnya dia banyak membela tim nasional dan setelah itu ketika kembali dia kerap mendapat kartu kuning saat bermain," ujar pelatih yang sempat memperkuat Barcelona dan Real Madrid saat masih menjadi pesepakbola ini.

"Itu bisa jadi masalah bagi kami. Jadi karena itu dia tidak bisa terus menerus bermain dan membuatnya tidak begitu percaya diri," ucap Luis Milla menambahkan.

Luis Milla berharap, pada pertandingan nanti Ricky Kambuaya bisa menjawab kepercayaan yang diberikan oleh dengan menampilkan permainan terbaiknya, apalagi skuat Maung Bandung menargetkan kemenangan.

Kemenangan atas Persis dibutuhkan oleh skuat Maung Bandung, untuk mengangkat motivasi dan kepercayaan diri pemain, setelah di laga sebelumnya gagal meraih poin usai ditaklukkan Persija Jakarta dengan skor 2-0.

"Tapi besok rencananya dia akan bermain dan saya harap bisa menunjukan kepercayaan dirinya, saya harap melihat kontribusi dari Ricky dengan kepercayaan dirinya, lalu selain itu saya mungkin melakukan perubahan lainnya," tegas.

Baca Juga

Sementara itu, Persis Solo, memiliki waktu persiapan dan recovery yang cukup lama, jika dibandingkan dengan skuat Maung Bandung. Pasalnya, mereka melakoni laga terakhir di kompetisi Liga 1 2022-2023 pada 21 Maret 2023.

Saat itu, Persis Solo melakoni pertandingan tandang menghadapi tuan rumah Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Martapura. Pada laga tersebut, mereka berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-3.

Baca Juga

Sehingga, dari segi persiapan Persis Solo cukup diuntungkan jika dibandingkan dengan skuat Maung Bandung. Ditambah lagi, kemenangan atas Barito Putera menjadi modal untuk menghadapi Persib.

Meski demikian, pada pertandingan nanti Persib bakal mendapat dukungan langsung dari Bobotoh, pasalnya laga pekan ke-32 kompetisi Liga 1 2022-2023 bisa dihadiri oleh penonton.

Selain itu, Persib memiliki catatan pertemuan yang bagus saat menghadapi Persis Solo, pasalnya pada putaran pertama Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, skuat Maung Bandung berhasil meraih kemenangan dengan skor 1-2.

Baca Juga
Persib BandungPersis SoloLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini