x

Tegas Tolak Israel Main di Piala Dunia U-20 Indonesia, Ganjar Pranowo: Bukan Bisikan Partai

Selasa, 4 April 2023 13:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Politisi Ganjar Pranowo mengelak jika penolakannya terhadap kedatangan Israel ke Piala Dunia U-20 di Indonesia atas "bisikan" dari partai.

FOOTBALL265.COM - Politisi Ganjar Pranowo mengelak jika penolakannya terhadap kedatangan Israel ke Piala Dunia U-20 di Indonesia atas "bisikan" dari partai PDIP. 

Sebagaimana diketahui, Ganjar Pranowo adalah salah satu pihak yang vokal menolak kedatangan Israel ke Indonesia, karena bertentangan dengan konstitusi RI dan amanat Bapak Proklamator, Ir. Soekarno.

"Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia-Afrika, Gerakan Non-Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat Beliau," ujarnya.

"Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah terobosan bersama, tanpa kehadiran Israel," kata Ganjar Pranowo lagi.

Baca Juga

Namun, pernyataan ini rupanya menjadi titik awal bagi FIFA untuk mengambil keputusan penting, membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Sejak FIFA mengesahkan pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia, Ganjar Pranowo akhirnya mendapat serangan bertubi-tubi di media sosial, khususnya dari penggemar sepak bola.

Baca Juga

Hal ini juga diyakini membuat elektabilitas Ganjar Pranowo menurun, jelang tahun politik 2024.

Banyak opini yang beredar jika Ganjar memang di-setting sedemikian rupa oleh partai yang menaunginya, PDI Perjuangan (PDIP) yang pimpinan Megawati Soekarnoputri, agar elektabilitasnya menurun.

Namun, hal itu dibantah mentah-mentah oleh dirinya. Menurut Ganjar Pranowo, penolakan terhadap Israel memang pernyataan yang keluar dari dirinya sendiri, bukan 'titipan' dari partai, termasuk Megawati.

Baca Juga

1. Klarifikasi Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Saat hadir menjadi bintang tamu dalam program Mata Najwa yang dipandu oleh Najwa Shihab, Ganjar Pranowo mengaku tidak mendapatkan 'titipan' dari partai, khususnya dari Megawati Soekarnoputri.

"Jadi iya, ini perintah partai?" tanya Najwa Shihab.

"Kami sepakat, kami punya pemikiran yang sama, dan kami harus ber-statemen bersama," jawab Ganjar Pranowo.

"Ini perintah Ibu Mega?" lanjut Najwa Shihab lagi.

"Saya tidak bertemu Ibu Mega pada (bahasan) soal ini. Tapi rasa-rasanya kalau saya mengikuti media, bagaimana Sekjen (PDIP) juga menyampaikan, saya kira kita punya persamaan keputusan dan pemikiran pada soal ini," jawab Ganjar.

Baca Juga

"Bu Mega pernah menghubungi Anda langsung, meminta Anda menyampaikan sikap secara tegas?" lanjut Najwa Shihab.

"Tidak," tegas Ganjar.

Menariknya, meski elektabilitasnya mulai menurun jelang tahun politik dengan banyaknya cercaan di media sosial, tetapi Ganjar Pranowo mengaku tidak menyesal bahwa ia telah mengeluarkan pernyataan penolakan terhadap Israel.

Baca Juga

"Tidak, saya tidak pernah menyesal, karena (ini) sebuah sikap dan keputusan yang harus kita ambil," katanya.

Ganjar Pranowo belakangan ini getol memberikan klarifikasi terkait statement kontroversial darinya, termasuk bertemu dengan pemain Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah ini juga dikabarkan akan maju dalam bursa pemilihan calon Presiden RI, pada Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga
IsraelPiala Dunia U-20Ganjar PranowoBola InternasionalLiga IndonesiaNajwa ShihabPiala Dunia U-20 2023Timnas Indonesia U-20

Berita Terkini