x

Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia Batal, Pengamat: Erick Thohir Terganjal Hal Ini

Minggu, 9 April 2023 20:34 WIB
Editor: Herry Ibrahim
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu saat bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infatino.

FOOTBALL265.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir dinilai telah berjuang maksimal untuk mempertahankan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal ini disampaikan oleh pengamat sepak bola Yusuf Kurniawan.

Menurut pria yang akrab disapa Yuke tersebut, Erick Thohir sudah berusaha dengan sangat keras meskipun pada akhirnya FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Tak hanya itu Yuke menyebut upaya Erick itu gagal akibat ulah sebagian elite politik yang menentang kehadiran Tim Nasional Israel di Indonesia.

"(Upaya Erick Thohir) sudah optimal, tetapi sayang upaya Erick tidak maksimal karena tersandera oleh sikap politis para elite politik kita yang menentang kehadiran tim sepakbola Israel," ungkap Yuke di Jakarta, Minggu (09/04/23).

Menariknya, pandangan Yuke sama dengan temuan Survei Nasional yang dilaksanakan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Baca Juga

Salah satu temuan LSI adalah 80,6% responden percaya bahwa Ketum PSSI Erick Thohir sudah berupaya optimal agar Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 tetap dilaksanakan di Indonesia.

Atas temuan ini, Yuke memandang bahwa itu merupakan fenomena akan harapan baru karena pengurus-pengurus PSSI yang sebelumnya kadung terstigma negatif. 

Baca Juga

"Jadi, istilahnya siapa aja ketumnya yang penting orang baru. Setidaknya bisa memberikan harapan baru lebih baik daripada mempertahankan orang lama yang terbukti memberikan harapan palsu," tegasnya.

Baca Juga

1. Penyebab Utama

Ketum PSSI, Erick Thohir Bertemu Presiden FIFA.

Dengan demikian, hasil negosiasi dengan FIFA agar Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 tetap dilaksanakan di Indonesia akan tetap sama, meskipun pelaku negosiasinya adalah orang lain selain Erick Thohir.

"(Hasilnya akan) tetap sama saja," kata Yuke.

Dia menambahkan bahwa penyebab utama Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 adalah karena Indonesia dianggap tidak mampu memegang komitmen dengan kesepakatan persetujuan yang telah dibuat sendiri. 

Baca Juga

"Kebetulan yang jadi pemicunya Israel, yang suka gak suka, memang anak istimewa FIFA."

"FIFA jelas standart ganda, tetapi suka gak suka, kita yang harus kompromi dengan hal itu, jika ingin tetap bisa beredar di orbit sepakbola internasional yang jadi propertinya FIFA," pungkas Yuke.

Baca Juga
FIFAPSSIErick ThohirIsraelPiala Dunia U-20Bola InternasionalPiala Dunia U-20 2023Timnas Indonesia U-20

Berita Terkini