x

Klub Liga 1 Dibebaskan Gelar Pramusim, Persis Solo Incar Penghuni Papan Atas

Selasa, 18 April 2023 18:34 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan Liga 1 antara Persis Solo vs Arema FC di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Rabu (15/03/23). (Foto: Instagram@persisofficial)

FOOTBALL265.COM - Persis Solo menyambut positif kebijakan PSSI untuk membebaskan klub-klub Liga 1 Indonesia menggelar agenda pramusim. Selain klub luar negeri, mereka juga mengincar penghuni papan atas musim lalu.

Turnamen pramusim selalu menghadirkan pro-kontrak di setiap musimnya. Risiko pemain cedera sangat besar mengingat masa persiapan setiap tim belum tahap maksimal.

Carlos Fortes menjadi salah satu pemain yang cedera parah pada Piala Presiden 2022. Dia mengalami cedera hamstring yang memaksanya absen hampir semua pertandingan putaran pertama Liga 1.

Menatap 2023-2024, PSSI membuat kebijakan bahwa setiap tim dibebaskan menggelar pramusim sendiri-sendiri. Tidak ada lagi turnamen, seperti Piala Menpora 2021 atau Piala Presiden 2022.

Kebijakan ini dibuat PSSI dalam sarasehan sepak bola di Surabaya pada awal Maret lalu. Belakangan juga diamini direktur operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno.

Baca Juga

Terkait hal itu, bos Persis Solo, Kevin Nugroho, menyambut positif. Dia mendukung penuh kebijakan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, agar klub-klub bisa menjadwalkan agenda pramusim sendiri-sendiri.

"Dari Pak Ketum memang membebaskan klub bikin agenda pramusim sendiri. Kebijakan itu lebih enak sih," kata Kevin Nugroho kepada awak media.

Baca Juga

Persis sudah punya satu agenda pramusim melawan klub internasional. Agenda ini digagas bersama Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Ada dua klub yang disebut-sebut akan menjadi lawan Persis Solo. Namun, Kevin Nugroho belum mau membeberkan identitas dua klub tersebut. "Yang pasti preseason itu di Juni," tutur Kevin.

Baca Juga

1. Tergantung Pelatih

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Persis Solo)

Selain agenda itu, Persis Solo punya niatan menguji kekuatan melawan tim-tim lokal. Kevin membidik klub-klub yang musim lalu berada di peringkat atas.

Namun, rencana itu masih akan dibicarakan manajemen bersama pelatih Leonardo Medina Arellano. Manajemen nanti tinggal menjalankan saja.

"Tergantung nanti coach mau mengajak siapa. Kemungkinan besar tim-tim yang pada klasemen musim lalu berada di atas kami," ungkap Kevin.

Baca Juga

Di Liga 1 2022-2023, Persis Solo menduduki peringkat ke-10 dengan raihan 44 poin. Posisi itu dikunci usai menekuk Persik Kediri 1-0, Kamis (13/4/23), melalui gol tunggal Ferdinand Sinaga.

Sembilan tim yang berada di atas Persis Solo antara lain PSM Makassar, Persija Jakarta, Persib Bandung, Borneo FC, Bali United, Persebaya Surabaya, Bhayangkara FC, Madura United, dan Persita Tangerang.

Baca Juga

Sebelum memasuki fase pramusim, Persis Solo terlebih dulu kerja keras untuk menentukan skuat musim depan. Ada beberapa nama baru yang sudah diikat namun belum diperkenalkan.

Sementara itu, ada 10 nama yang bakal dilepas Persis Solo berdasarkan bocoran dari sumber INDOSPORT. Satu nama yang secara resmi telah keluar adalah Ferdinand Sinaga.

PSSIPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One FootballLeonardo Medina Arellano

Berita Terkini