x

SOS Sebut Honor Perangkat Pertandingan Liga 1 Belum Dibayar Senilai Rp1,62 Miliar

Kamis, 27 April 2023 22:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Penambahan dua asisten wasit pada pertandingan Liga 1 2021/2022. Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Akmal Marhali mengatakan ada masalah baru yang muncul di PSSI dan PT LIB terkait bayaran perangkat pertandingan di Liga 1.

Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali mengatakan ada masalah baru yang muncul di PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait bayaran perangkat pertandingan. Dia menyebut nilainya mencapai Rp1,62 miliar.

Sebelumnya, PSSI jadi sorotan karena juara Liga 1 2022/23 tidak mendapat hadiah uang tunai, lalu honor match commisioner dan volunter Elite Pro Academy (EPA) 2022/2023 juga belum dibayarkan.

Save Our Soccer, kini disebut menerima laporan lain terkait honor perangkat pertandingan Liga 1 2022/23 mulai dari wasit utama, asisten wasit, wasit tambahan, wasit cadangan hingga  match commisioner.

Karena bayaran yang belum turun, beberapa wasit disebut sampai menggadaikan surat berharga untuk menyambung hidup. 

Baca Juga

"Sungguh menyedihkan dan memprihatinkan. Bahkan, ada perangkat pertandingan yang ingin menggadaikan BPKB kendaraan dan surat tanah demi memenuhi kebutuhan keluarga untuk lebaran," kata Akmal.

"Inilah wajah buruk tata kelola sepakbola Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga

Berdasarkan rilis SOS, honor perangkat pertandingan Liga 1 yang belum dibayarkan terhitung mulai pekan 31 sampai pekan 34.

Adapun rincian bayarannya adalah wasit utama (Rp10 juta), asisten wasit (2 orang x Rp7,5 juta), wasit tambahan (2 orang x Rp5 juta), wasit cadangan (Rp5 juta) dan match commisoner (Rp5 juta).

Total, dalam satu laga biaya yang harus dikeluarkan untuk perangkat pertandingan Rp 45 juta. Jumlah itu  dikalikan 4 pekan dan dikali 9 pertandingan per pekan, maka terhitung ada tunggakan sekitar Rp1,62 miliar.

Baca Juga

1. Bisa Terjadi Match Fixing

Penambahan dua asisten wasit pada pertandingan Liga 1 2021/2022. Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Menurut SOS, ditundanya pembayaran tersebut bisa memicu terjadinya match fixing. Hal ini harus dibenahi sesegera mungkin.

"Entah apa alasan dari PT LIB menunda pembayaran honor  perangkat pertandingan. Tapi, budaya buruk ini tidak boleh terulang ke depan," ujar Akmal Marhali.

"Penundaan pembayaran honor perangkat pertandingan membuka celah terjadinya pengaturan skor. Baik itu match acting, match setting, maupun match fixing," imbuhnya.

Menelaah jumlah pemasukan uang dari sponsor Liga 1 musim ini, seharusnya tidak ada keterlambatan pembayaran.

PT LIB dari kompetisi mendapatkan sekitar Rp 370 miliar. Rinciannya, Rp 220 miliar dari hak siar dan Rp 150 miliar dari sponsor BRI.

Baca Juga

Bila setiap klub hanya mendapatkan Rp 5,5 miliar sebagai subsidi, artinya dana yang keluar hanya Rp 99 miliar. Artinya, masih ada Rp 270 miliar.

"LIB harus membuka laporan keuangannya secara transparan kepada pemilik saham. Kemana saja uang sponsor Liga 1 digunakan. Dan, harus ada langkah hukum bila terjadi penggelapan. Ini demi sepakbola Indonesia yang sehat, profesional dan bermartabat," kata Akmal.

Baca Juga

Save Our Soccer juga mendukung  langkah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengaudit keuangan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan melibatkan dengan firma audit ternama Ernst & Young.

"Semoga audit yang dilakukan bisa membuka borok sepakbola Indonesia. Kalau sakitnya sudah stadium 4 dan harus diamputasi maka pengurus PSSI harus berani melakukannya. Ini demi kebaikan  sepakbola Indonesia," tegas Akmal.

SOS berharap audit yang dilakukan bisa dibuka secara transparan. Apalagi PSSI adalah Lembaga Publik yang menurut Komisi Informasi Publik (KIP) harus terbuka soal keuangan.

"Contoh FAS (PSSI-nya Singapura) yang membuka laporan keuangan mereka di situs federasi untuk diketahui publik," tuntasnya. 

Baca Juga
PSSILiga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini