x

Tak Dibawa ke Kamboja, Kiper Persib Doakan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Jumat, 28 April 2023 16:04 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Penjaga gawang Persib, Satrio Azhar, saat sesi latihan perdana untuk persiapan Liga 1 2022-2023 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (17/05/22). Foto: Arif Rahman/Football265.com

FOOTBALL265.COM - Penjaga gawang Persib Bandung, Satrio Azhar, mengaku sedih tidak masuk dalam daftar pemain yang disiapkan Timnas Indonesia U-22 untuk tampil di SEA Games 2023.

Pasalnya, sebelumnya Satrio sudah mengikuti pemusatan latihan atau Training Center (TC) bersama Timnas Indonesia U-22 bersama gelandang Persib, Beckham Putra Nugraha.

Namun, dalam daftar pemain yang dibawa ke Kamboja untuk persiapan menghadapi SEA Games 2023, tidak ada nama Satrio Azhar dan hanya Beckham dari Persib yang dibawa.

Satrio mengakui, persaingan di Timnas Indonesia U-22 sangat ketat, pasalnya penjaga gawang yang mengikuti pemusatan latihan mayoritas sering mendapatkan kesempatan bermain di klubnya masing-masing. Sedangkan, dia belum merasakan atmosfer pertandingan di level kompetisi.

"Yang pastinya perasaan sedih pasti ada, melihat saingan kiper kiper-kiper di Timnas juga bagus semua. Apalagi mereka rata-rata bermain reguler di klubnya, dan Satrio yang belum pernah masuk line up di tim jadi mungkin itu menjadi suatu pertimbangan pelatih juga," ungkap Satrio.

Baca Juga

Meski tidak masuk dalam daftar pemain Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023, namun Satrio Azhar mengaku bangga bisa mengikuti pemusatan latihan bersama skuad Garuda dibawah asuhan pelatih Indra Sjafri.

Apalagi, mengikuti pemusatan bersama Timnas Indonesia merupakan pengalaman pertamanya, sehingga banyak ilmu baru yang didapat selama TC bersama skuad Garuda.

Baca Juga

"Tapi Satrio bangga dengan apa yang sudah Satrio capai sejauh ini, apalagi ini pertama kalinya Satrio gabung di pemusatan tim Nasional gitu," ujarnya.

Selain itu, Satrio Azhar tetap memberikan dukungan dan mendoakan rekan-rekannya di Timnas Indonesia U-22 agar bisa tampil maksimal dan meraih hasil maksimal pada SEA Games 2023.

"Tetap support terus teman-teman yang bermain untuk SEA Games nanti dan semoga mendaptkan mendali emas untuk Indonesia," tegas Satrio Azhar.

Baca Juga

1. Persiapan Timnas Indonesia U-22 Menuju SEA Games 2023

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon U-22, Minggu (16/04/23).

Pada SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 tergabung di Grup A bersama Kamboja, Filipina, Timor Leste dan Myanmar. Pertandingan pertama Skuad Merah Putih adalah melawan Filipina pada Sabtu (29/04/23).

Menjelang laga perdana menghadapi Filipina, Indra Sjafri telah mempelajari kekuatan lawan. Jajaran pelatih timnas Indonesia U-22 menganalisa video pertandingan kubu seberang.

Laga pertama dikatakan sangat penting untuk dimenang lantaran hal itu akan berdampak besar terhadap mental pemain timnas Indonesia U-22.

"Kami sudah mulai mencari komposisi terbaik lawan Filipina, siapa saja pemain yang kira-kira paling cocok kita mainkan di game pertama," ujar eks pelatih Bali United itu.

"Game pertama tentu menjadi sangat penting. Pertandingan pertama itu adalah modal awal untuk bisa sukses selanjutnya dalam setiap turnamen," tambah Indra Sjafri.

Baca Juga

Sementara itu, kapten tim Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, merasa optimis Timnas Indonesia U-22 bisa meraih gelar juara pada SEA Games 2023 di Kamboja.

Menurut pemain yang akrab disapa Jupe ini, melihat komposisi Timnas Indonesia U-22 untuk meraih medali emas pada SEA Games 2023 sangat besar, karena mayoritas pemain yang disiapkan sering mendapatkan kesempatan bermain di klubnya masing-masing.

Baca Juga

Sebagai informasi, pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri, sebelumnya memanggil pemain untuk persiapan menghadapi SEA Games 2023, mereka menjalani pemusatan latihan di Jakarta, mulai 1 hingga 26 April 2023.

Selain pemusatan latihan, Timnas Indonesia U-22 mengagendakan beberapa pertandingan uji coba, baik dengan klub lokal maupun dengan Timnas negara lain.

"Peluang besar buat juara, karena mayoritas pemain rata-rata bermain reguler di klub, mudah-mudahan bisa memberikan hasil yang maksimal," kata Jupe kepada INDOSPORT.com

Baca Juga

Mantan bek Timnas Indonesia ini menambahkan, dengan sering mendapatkan kesempatan bermain di klubnya masing-masing, maka tim pelatih skuad Garuda tidak akan sulit untuk menyatukan pemain.

Selain itu, dengan sering tampil reguler di kompetisi, pemain Timnas Indonesia memiliki pengalaman, hal itu menjadi modal bagus bagi mereka untuk tampil di SEA Games 2023. Sehingga, saat memperkuat skuad Garuda mereka diharapkan bisa menampilkan permainan terbaiknya.

"Indikasinya mereka kan semua bermain reguler dan pilihan utama di klub masing-masing, itu yang penting buat mereka. Saat kumpul di Timnas untuk SEA Games, dengan pengalaman di klub jadi modal bagi mereka," ucap Jupe.
 

Bola InternasionalTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023Satrio Azhar

Berita Terkini