x

Godaan Klub Asia Barat dan Malaysia, Ambisi PSS Sleman Sulit Ditolak Marian Mihail

Sabtu, 29 April 2023 02:02 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
Penyerang PSS Sleman, Saddam Gaffar, berusaha mengukur waktu dengan membawa bola ke pojok lapangan.

FOOTBALL265.COM - Marian Mihail punya alasan kuat untuk menolak tawaran dari Asia Barat dan Malaysia demi gabung PSS Sleman.

Marian Mihail punya alasan kuat untuk menolak tawaran dari Asia Barat dan Malaysia demi gabung PSS Sleman. Mihail melihat tim Elang Jawa punya ambisi besar di Liga 1 musim 2023-2024.

Mihail baru saja diumumkan PSS Sleman sebagai pelatih baru pada kompetisi musim 2023-2024. Mihail diperkenalkan bersama beberapa staf kepelatihan, salah satunya eks Napoli, Bertrand Crasson.

Kehadiran Mihail cukup istimewa. Ia merupakan pelatih yang mengawali karir sejak tahun 1996, berbekal lisensi kepelatihan profesional serta ilmu dari sekolah sepak bola Perancis, Clairefontaine.

Sekolah itu cukup istimewa karena Arsene Wenger merupakan salah satu alumninya. Begitu pula dengan direktur teknik Perancis, Gerard Houllier.

Baca Juga

Setelah mendapat penghargaan sebagai pelatih muda tahun 1996, ketika menangani sportul Studentesc Bucharest, ia gabung tim Steaua Bucharest sebagai sporting director.

Perjalanan bersama Steaua cukup manis karena raihan gelar juara liga serta piala super Rumania.

Baca Juga

Keberhasilan menembus karir bagus di Rumania membuatnya diminati klub-klub Asia Barat. Ia pernah menjadi bagian dari tim Al Qrdaha (Suriah), Al Riyadh (Arab Saudi), Al Jaish (Kuwait), Al Jahra (Kuwait) dan Al Wahda (Uni Emirat Arab).

Pria yang memegang lisensi UEFA Pro sejak tahun 2005 ini kemudian diangkat federasi sepak bola Rumania sebagai direktur teknik. Jabatan itu dia emban cukup lama, mulai dari tahun 2011-2014.

Mihail juga dikenal sebagai salah satu guru dari pelatih-pelatih di Rumania. Ia merupakan instruktur teknis dan dosen untuk kursus kepelatihan lisensi UEFA Pro di Rumania.

Baca Juga

1. Tertantang Melatih di Asia

Pelatih Rumania Marian Mihail yang diisukan akan bergabung ke PSM Makassar.

Setelah menikmati masa menjadi dosen dari para pelatih di Rumania, Mihail tertantang untuk kembali ke Asia, tepatnya Asia Tenggara.

PSS Sleman merupakan klub kedua yang dipegangnya di Asia Tenggara. Pada tahun 2017-2018 lalu, ia juga sempat menjalani masa singkat di klub Vietnam, Thanh Hoa.

Mihail pun membeberkan alasan utamanya menerima pinangan dari manajemen PSS Sleman. Ketika tawaran untuk kembali ke Asia Barat berdatangan, Mihail pilih menolak.

Baca Juga

Begitu pula ketika ada tawaran dari beberapa klub Malaysia. Menurut Mihail, PSS Sleman punya ambisi besar yang membuatnya tertarik gabung dalam proyek mengeruk prestasi.

"Saya menolak tawaran dari Timur Tengah dan memilih Sleman karena saya terkesan dengan proyek klub yang sangat ambisius dan serius," kata Mihail, Jumat (28/4/23).

Baca Juga

Ambisi besar ini sudah diperlihatkan PSS dengan perekrutan pemain pada bulan April ini. PSS berhasil meyakinkan Jonathan Bustos yang dua musim terakhir jadi otak permainan Borneo FC.

Bersama Jonathan Bustos, hadir pula Esteban Vizcarra. Sosok yang terakhir kali membela Madura United ini punya pengalaman panjang di Indonesia.

Baca Juga

Terbaru, ada gelandang asal Jepang, Kei Sano. Ia merupakan pemain yang dua musim terakhir cukup bersinar di Malta. Dia mencatatkan delapan gol dan dua assist bersama St.Andrews FC pada musim 2020-2021.

Lalu, Kei Sano mendapatkan 25 pertandingan ketika membela Sirens FC. Ia berkontribusi pada tujuh gol dan empat assist.

PSS Sleman tinggal mengumumkan nama-nama lain yang akan segera datang. Sumber INDOSPORT menyebut gelandang petarung, Wahyudi Hamisi dalam perjalanan ke Sleman.

"Informasi yang saya terima, Wahyudi Hamisi, akan diperkenalkan PSS," ucap sumber INDOSPORT.

Menarik untuk menantikan perjalanan Mihail di Indonesia. Setelah era Leo Chitescu yang bersinar di PSM Makassar pada 2007-2008 lalu, pelaku sepak bola Rumania terhitung jarang masuk ke Indonesia.

Baca Juga
PSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini