x

Hadapi Filipina, Timnas Indonesia Punya Rekor Buruk di Laga Perdana SEA Games

Sabtu, 29 April 2023 14:03 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Timnas Indonesia U-22 memiliki rekor buruk jelang melakoni laga perdana grup A SEA Games 2023 kontra Filipina. Rekor apa tersebut?

FOOTBALL265.COM – Timnas Indonesia U-22 memiliki rekor buruk jelang melakoni laga perdana grup A SEA Games 2023 kontra Filipina. Rekor apa tersebut?

Laga antara Timnas Indonesia U-22 vs Filipina sendiri akan digelar pada Sabtu (29/04/23) pukul 16.00 WIB di Olympic Stadium.

Dalam menyambut duel ini, kedua tim telah mempersiapkan diri secara matang sejak jauh-jauh hari. Bahkan persiapan itu dilanjutkan di Kamboja selaku tuan rumah pesta olahraga ini.

Sejak jauh-jauh hari, Indonesia dan Filipina telah tiba di Kamboja untuk melakukan adaptasi dan dan mematangkan strategi masing-masing.

Di sisi lain, duel ini pun membuat kedua tim kerap bertemu di fase grup. Pada SEA Games 2021 lalu, Indonesia dan Filipina sempat bertemu, di mana skuad Garuda menang dengan skor 4-0.

Baca Juga

Jauh sebelum itu, Timnas Indonesia U-22 dan Filipina juga terbilang rutin bertemu di SEA Games edisi lainnya, sebelum edisi 2023 ini.

Dalam sejarahnya, kedua tim telah bertemu sebanyak sembilan kali di pentas SEA Games, di mana Indonesia mampu menang sebanyak delapan kali dan imbang sekali saja.

Baca Juga

Dengan rekor tersebut, Timnas Indonesia U-22 yang dipimpin Indra Sjafri diyakini bisa meraih kemenangan saat melakoni laga perdana kontra Filipina di SEA Games 2023.

Akan tetapi, rekor apik melawan Filipina ini dibarengi rekor buruk yang dimiliki tim Merah Putih di SEA Games kala menghadapi laga perdana.

Dalam empat edisi terakhir SEA Games, Timnas Indonesia U-22 hanya sekali menang di laga perdana. Akankah rekor buruk itu berlanjut kala melawan Filipina di SEA Games 2023 ini?

Baca Juga

1. Sekali Menang

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Marc Klok bersama teman-teman di laga SEA Games 2021. Foto: PSSI

1. Indonesia 0-3 Vietnam (SEA Games 2021)

Pada SEA Games 2021 lalu, Timnas Indonesia melakoni laga perdana melawan tuan rumah penyelenggaraan yakni Vietnam.

Bermain di hadapan pendukung tuan rumah, tim besutan Shin Tae-yong itu harus bertekuk lutut dari Vietnam dengan skor 0-3.

Di laga tersebut, Egy Maulana Vikri dkk mampu bermain apik dan menahan imbang Vietnam arahan Park Hang-seo di babak pertama.

Tapi di babak kedua, Vietnam mampu mencetak tiga gol lewat Nguyen Tien Linh, Dung Do Hung, dan Le Van Do ke gawang Indonesia.

Meski tumbang, Timnas Indonesia mampu bangkit dan berhasil lolos ke semifinal serta meraih medali perunggu di SEA Games 2021.

Baca Juga

2. Indonesia 2-0 Thailand (SEA Games 2019)

Di SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina, Timnas Indonesia yang dibesut oleh Indra Sjafri mampu meraih kemenangan di laga perdananya.

Tak tanggung-tanggung, tim yang dikalahkan Indonesia adalah Thailand saat keduanya melakoni laga perdana grup B pada 26 November 2019.

Baca Juga

Saat itu, dua gol Timnas Indonesia ke gawang Thailand dicetak oleh Egy Maulana Vikri di menit ke-4 dan Osvaldo Haay di menit ke-87.

Berkat kemenangan itu, Timnas Indonesia bisa menemani Vietnam lolos ke semifinal dengan status Runner Up grup B.

Di semifinal, Timnas Indonesia bisa menang atas Myanmar dan lolos ke final. Namun di partai puncak, tim Merah Putih kalah dari Vietnam sehingga hanya meraih medali perak.

Baca Juga

2. Sekali Imbang, Sekali Kalah

Indonesia sukses raih poin pertama di Sea Games 2017

3. Indonesia 1-1 Thailand (SEA Games 2017)

Di SEA Games 2017 yang dihelat di Malaysia, Timnas Indonesia melakoni laga perdana melawan Thailand di grup B.

Di laga tersebut, Indonesia hanya mampu bermain imbang kontra Thailand dengan skor 1-1, usai gol Chaiyawat Buran disamakan oleh Septian David Maulana.

Meski mendapati hasil imbang di laga perdana, Indonesia dan Thailand berhasil meraih hasil positif di laga lanjutan grup B, sehingga lolos ke semifinal bersamaan.

Namun di semifinal, hanya Thailand yang lolos ke final. Sedangkan langkah Indonesia dihentikan oleh Malaysia di babak semifinal.

4. Indonesia 2-4 Myanmar (SEA Games 2015)

Di SEA Games 2015 yang digelar di Singapura, Timnas Indonesia memulai kampanyenya dengan buruk usai ditaklukkan Myanmar di laga perdana.

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia yang digawangi Abduh Lestaluhu dkk harus tumbang dengan skor 2-4 dari Myanmar.

Meski kalah di laga perdana, Indonesia bisa bangkit dan berhasil menemani Myanmar lolos ke semifinal SEA Games 2015.

Sayangnya di babak semifinal, Indonesia harus bertekuk lutut di hadapan Thailand yang kala itu berhasil menjebol gawang tim Merah Putih dan menang dengan skor 5-0.

Indra SjafriSEA GamesFilipinaTimnas U-22In Depth SportsTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini