x

Timnas U-22 Hajar Filipina di SEA Games 2023, Pengamat Sepak Bola: Belum Meyakinkan!

Minggu, 30 April 2023 12:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-22 usai mencetak gol ke gawang Filipina di SEA Games 2023, Sabtu (29/04/23).

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia U-22 menang telak atas Filipina di laga perdana SEA Games 2023, Sabtu (29/4/23) petang. Begini tanggapan pengamat sepak bola.

Timnas Indonesia U-22 sukses mengalahkan Filipina dengan skor 3-0 pada penyisihan Grup A SEA Games 2023, yang digelar di Olympic Stadium, Pnom Penh, Kamboja.

Tiga gol kemenangan Garuda atas Filipina lahir lewat aksi Marselino Ferdinan di akhir babak pertama, disusul Irfan Jauhari dan Fajar Fathurrahman di akhir babak kedua.

Berkat hasil ini, Timnas Indonesia U-22 sempat memimpin klasemen Grup A SEA Games 2023 dengan perolehan tiga poin, meski kemudian disusul Kamboja.

Meski menang telak, namun pengamat sepak bola nasional, Akmal Marhali justru mengatakan bahwa kemenangan Timnas Indonesia U-22 kali ini tidak meyakinkan.

Baca Juga

"Meski menang, penampilan tim arahan Indra Sjafri ini belum meyakinkan. Masih banyak melakukan kesalahan mendasar, mulai salah komunikasi sampai salah umpan," blak-blakan Akmal Marhali.

"Salah umpan, transisi permainan yang tidak efektif, komunikasi yang lemah, dan penyelesaian akhir juga masih payah," ujar Koordinator Save Our Soccer (SOS) tersebut.

Baca Juga

Menurut Akmal Marhali, Timnas Indonesia U-22 sudah mendominasi atas Filipina sejak awal babak pertama, cukup mengherankan mengapa gol baru tercipta saat injury time.

"Menguasai jalannya pertandingan, Garuda Nusantara baru bisa mencetak gol di menit ke-45 lewat Marselino Ferdinan," ungkap Akmal Marhali melalui laman Instagram.

Apalagi jika mengingat Marselino Ferdinan adalah pemain yang bergabung baru-baru ini, bukan pemaij yang sejak awal mengikuti TC Timnas Indonesia U-22 bersama Indra Sjafri.

Baca Juga

1. Banjir Kritik, Akmal Tetap Apresiasi Timnas U-22

Laga penyisihan Grup A SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 vs Filipina U-22, Sabtu (29/4/2023). (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia U-22 memang berhasil menang atas Filipina dengan skor 3-0. Dua gol susulan datang dari Irfan Jauhari dan Fajar Fathurrahman di penghujung babak kedua.

Garuda Muda bisa saja menang 4-0 atas Filipina, andai sepak penalti yang dilakukan oleh Rizky Ridho bisa menembus gawang Filipina. Sayangnya, hal itu tidak terjadi.

Hal ini juga yang sangat disayangkan oleh pengamat sepak bola, Akmal Marhali.

"Babak kedua, segala serangan yang dilakukan juga mandeg. Sempat mendapat hadiah penalti, Rizky Ridho yang bertindak sebagai eksekutor gagal mencetak gol."

"Baru di akhir babak kedua, tim Merah Putih mencetak dua gol lewat Irfan Jauhari menit 89, dan gol Fajar Fathurrahman menit 92."

Baca Juga

"Peluang Indonesia punya 24, tapi hanya 7 yang on target, dan hanya tiga gol tercipta."

Meski demikian, pengamat sepak bola, Akmal Marhali tetap memberikan apresiasi atas perjuangan Timnas Indonesia U-22 yang berhasil mencatatkan cleansheet.

"Menariknya, di lima pertemuan terakhir di SEA Games, Indonesia cleansheet saat bertemu Filipina," ungkap Akmal lagi.

Baca Juga

Pada SEA Games 1997, Timnas Indonesia menang 2-0. Berlanjut di SEA Games 2015, Garuda kembali menang 2-0 atas Filipina.

Berikutnya di SEA Games 2017, Timnas Indonesia berhasil menang 3-0. Memasuki SEA Games 2021, Merah Putih pun kembali pesta gol saat menang 4-0 atas The Azkals.

Kini di SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 besutan Indra Sjafri melanjutkan tren kemenangan atas Filipina dengan skor 3-0.

Setelah ini, Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Myanmar di matchday kedua SEA Games 2023, pada Kamis (04/05/23).

Baca Juga
Indra SjafriSEA GamesFilipinaIndra SjafrieTimnas IndonesiaBola InternasionalSave Our Soccer (SOS)Akmal MarhaliTimnas Indonesia U-22Berita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini