x

Jadi MoTM Timnas U-22 di SEA Games, Ilham Rio Fahmi Ternyata Sudah Kebal Dikritik

Senin, 1 Mei 2023 12:31 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain muda Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi menjadi man of the match Timnas Indonesia U-22 vs Filipina di SEA Games 2023.

FOOTBALL265.COM - Sukses menjadi man of the match di laga Timnas Indonesia U-22 vs Filipina di SEA Games 2023, Ilham Rio Fahmi ternyata sudah kebal dikritik oleh netizen.

Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 3-0 pada laga perdana Grup A di SEA Games 2023, yang dihelat di Olympic Stadium, Kamboja, Sabtu (29/04/23).

Tiga gol Timnas Indonesia dibukukan oleh Marselino Ferdinan pada menit ke-45, Irfan Jauhari pada menit ke-89, dan Muhammad Fajar Fathurrahman di menit ke-90+2'.

Kemenangan itu tak lepas dari peran salah satu pemain, yaitu Ilham Rio Fahmi. Bek sayap kanan Persija Jakarta itu memberikan kontribusi besar untuk kemenangan Timnas U-22.

Ilham Rio Fahmi tampil gemilang sepanjang laga, tangguh dalam mengawal pertahanan, serta cerdas dalam membantu serangan.

Baca Juga

Ilham Rio Fahmi memberikan assist untuk gol Marselino Ferdinan pada menit 45'. Hal ini berawal dari kecerdikan Rio yang melihat Marselino berlari masuk ke kotak penalti.

Bek berusia 21 tahun itu memberi umpan matang, dan sukses dikonversi Marselino Ferdinan menjadi gol pembuka, dengan sepakan keras ke sudut kiri gawang Filipina.

Baca Juga

Ilham Rio Fahmi juga memberikan assist untuk gol Fajar Fathurrahman pada menit ke-90+2'. Rio melihat Fajar tidak terkawal di sayap kiri, dan ia memberi umpan lambung.

Fajar yang menerima umpan matang Rio tak berpikir dua kali, ia langsung melepaskan sepakan keras ke arah gawang Filipina.

Faktanya, kontribusi besar Ilham Rio Fahmi tak lepas dari banyaknya kritik netizen yang mengarah padanya, apalagi di SEA Games 2021 lalu, ia menjadi bulan-bulanan netizen.

Baca Juga

1. Ilham Rio Fahmi: Kritik jadi Motivasi

Pemain Timnas Indonesia U-22, Ilham Rio Fahmi.

Beberapa waktu lalu, Ilham Rio Fahmi mengungkapkan bahwa ia sudah kebal akan kritik, apalagi saat ini ia bermain di Persija Jakarta yang punya basis fans sangat besar.

"Untuk kritik menurut saya fair aja dalam sepak bola, karena itu sebagian dari sepak bola, kalau enggak dipuji ya dikritik," ungkap Ilham Rio di Youtube Chandra Margatama.

"Saya juga kebetulan bermain di klub sebesar Persija Jakarta. Kalau saya bermain tidak sesuai harapan pun pasti akan dikritik oleh Jakmania," ujarnya.

"Karena kita mempunyai basis suporter yang sangat besar, jadi sudah biasa kritikan itu."

"Kritikan itu saya jadikan motivasi buat saya ke depannya agar bisa lebih baik lagi dari sebelumnya," kata pesepak bola kelahiran Banjarnegara tersebut.

Baca Juga

Dengan berbekal kritik dan masukan dari banyak orang, Ilham Rio Fahmi mengaku menjadikannya sebagai motivasi agar bermain lebih baik lagi di klub dan Timnas.

"Sebenarnya saya enggak nyangka bisa dipanggil ke Timnas Indonesia, karena itu impian atau mimpi seluruh pesepak bola Indonesia, membela Timnas Indonesia."

Baca Juga

Meski begitu, sebagai pemain yang tengah membawa nama besar Indonesia di kancah internasional, Ilham Rio Fahmi tetap berharap mendapat dukungan dari suporter.

"Untuk suporter Timnas Indonesia, tetap dukung Timnas Indonesia dalam keadaan apapun, pokoknya support terus dan bantu doa agar Timnas Indonesia lebih baik lagi kedepannya."

Setelah ini, Ilham Rio Fahmi dkk di Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Myanmar pada babak penyisihan Grup A SEA Games 2023, Kamis (04/05/23), di Olympic Stadium, Kamboja.

Baca Juga
Persija JakartaSEA GamesTimnas U-22Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Berita Timnas IndonesiaRio FahmiSEA Games 2023

Berita Terkini