x

Jejak Pemain Persija Jakarta di Ajang SEA Games Bersama Timnas Indonesia

Senin, 1 Mei 2023 11:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bukan saat ini saja Persija Jakarta mengirimkan pemain-pemain terbaiknya untuk bergabung bersama Timnas Indonesia di ajang SEA Games. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia U-22 sedang berjuang di ajang SEA Games 2023, Kamboja. Skuad Garuda Muda pun berambisi meraih emas usai 32 tahun puasa medali di ajang Asia Tenggara ini.

Kini beban tersebut pun berada di pundak pelatih yakni Indra Sjafri dan penggawa Timnas Indonesia U-22 untuk bisa menjadi yang terbaik di SEA Games kali ini.

Setidaknya di SEA Games kali ini yang berlangsung di Kamboja, Indra Sjafri memboyong 20 pemain terbaik. Menariknya, dari nama-nama tersebut, yang dibawa ada empat pemain Persija Jakarta.

Keempat pemain Persija Jakarta yang membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games kali ini antara lain Witan Sulaeman, Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, dan penggawa anyar Persija Jakarta, Rizky Ridho.

Namun sejatinya, bukan saat ini saja Persija Jakarta mengirimkan pemain-pemain terbaiknya untuk bergabung bersama Timnas Indonesia di ajang SEA Games.

Baca Juga

Setidaknya sejak enam edisi atau SEA Games terakhir atau sejak 2011 Persija Jakarta selalu rutin mengirimkan pemain-pemain terbaiknya untuk bergabung bersama Timnas Indonesia.

Berikut INDOSPORT mencoba merangkum deretan pemain Persija di edisi SEA Games beberapa waktu lalu.

Baca Juga

SEA Games 2011 Jakarta

Dalam ajang SEA Games 2011 yang berlangsung di Jakara ini Timnas Indonesia kala itu digawangi oleh pelatih Rahmad Darmawan.

Di SEA Games kali ini setidaknya ada empat pemain Persija Jakarta di skuad Timnas Indonesia edisi kali ini. Mereka antara lain Andritany Ardhiyasa, Hasyim Kipuw, Mahardiga Lasut, dan Ramdani Lestaluhu.

Sayang meski berstatus tuan rumah karena SEA Games 2011 berlangsung di Jakarta, Timnas Indonesia gagal meraih medali emas.

Saat itu Timnas Indonesia harus puas meriah medali perak karaeng skuad Garuda takluk oleh Malaysia di partai final.

Baca Juga

1. SEA Games 2013 dan 2015

Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, juga pernah berlaga di SEA Games. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

SEA Games 2013 Naypyidaw, Myanmar

Dalam SEA Games edisi kali ini yang berlangsung di Myanmar, kursi ke pelatihan Timnas Indonesia masih digawangi oleh Rahmad Darmawan. Di edisi 2013, kembali terdapat empat pemain Persija Jakarta.

Di mana keempat pemain Persija Jakarta yang bahu membahu di Timnas Indonesia dalam SEA Games 2013 antara lain Andritany Ardhiyasa, Syahrizal Syahbuddin, Ramdani Lestaluhu, dan Egi Melgiansyah.

Harapan kembali meraih medali emas pun masih tersemat dalam SEA Games kali ini. Terlebih pada edisi sebelumnya Timnas Indonesia hampir saja meraih medali emas namun gagal di final.

Di SEA Games 2013, Timnas Indonesia juga berhasil melaju hingga babak final. Harapan meraih medali emas pun masih sama.

Namun sayang medali emas yang di depan mata sirna setelah Timnas Indonesia kembali takluk di partai puncak. Kali ini skuat Garuda takluk dari Thailand dengan skor 0-1.

Baca Juga

SEA Games 2015 Singapura

Dalam SEA Games 2015 yang berlangsung di Singapura, kursi kepelatihan dipegang Aji Santoso. Meski pergantian kursi ke pelatihan, pemain Persija Jakarta tetap menghiasi skuad Timnas Indonesia di SEA Games 2015.

Setidaknya kembali empat pemain Persija Jakarta kembali menghiasi skuad Timnas Indonesia di SEA Games 2015, Singapura.

Baca Juga

Keempat pemain tersebut antara lain Viva Mario Yagalo, Abduh Lestaluhu, Syaiful Indra Cahya, dan Adam Alis. Sayang dalam SEA Games kali ini sepertinya prestasi Timnas Indonesia meredup.

Setelah pada dua edisi SEA Games sebelumnya Timnas Indonesia berhasil melenggang hingga babak final, di edisi 2015 Timnas Indonesia hanya sampai di babak semifinal.

Bahkan mirisnya, di SEA Games kali ini Timnas Indonesia tidak berhasil merebut medali karena dalam perebutan perunggu mereka dipukul Vietnam dengan skor telak 0-5.

Baca Juga

2. SEA Games 2017 dan 2019

Luis Milla pernah menangani skuad SEA Games 2017 Timnas Indonesia. Foto: Herry Ibrahim/Football265.com.

SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia

Dalam SEA Games 2017, skuad Timnas Indonesia ditangani oleh pelatih asal Spanyol, Luis Milla. Meski pergantian pelatih dan ditangani pelatih sekelasnya, Persija Jakarta tetap mengirimkan pemain terbaiknya.

Setidaknya dalam SEA Games 2017 terdapat tiga pemain Persija Jakarta. Ketiganya antara lain Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanusa, dan Muhammad Hargianto.

Dalam SEA Games 2017, tentu Timnas Indonesia mencoba bangkit usai terpuruk di gelaran 2015 yang gagal merebut medali. Di edisi ini, mereka juga gagal melenggang ke babak final.

Namun dalam perebutan medali perunggu, Timnas Indonesia berhasil merebut medali perunggu usai menaklukkan Myanmar dengan skor 3-1.

SEA Games 2019 Manila, Filipina

Di edisi SEA Games 2019 yang berlangsung di Manila, Filipina, kursi ke pelatihan Timnas Indonesia kembali ditangani pelatih lokal yakni Indra Sjafri.

Namun dalam SEA Games 2019, Persija Jakarta tidak banyak mengirim pemain di Timnas Indonesia. Setidaknya hanya ada satu kala itu, yakni Feby Eka Putra.

Namun di SEA Games 2019 Timnas Indonesia hampir mengulang kenangan manis medali emas pada tahun 1991 karena kala itu event juga berlangsung di tempat yang sama.

Hal itu pun hampir terjadi karena Timnas Indonesia juga berhasil melenggang hingga babak final.

Sayang di partai puncak Timnas Indonesia kembali gagal merebut medali emas karena Timnas Indonesia takluk 1-3 oleh Vietnam di partai final.


3. SEA Games 2021

Selebrasi gol gelandang Persija Jakarta, Syahrian Abimanyu. Foto: Nofik Lukman Hakim/Football265.com.

SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam

Dalam SEA Games 2021 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, ini sempat tertunda karena situasi pandemi Covid-19. Alhasil perhelatan pun berlangsung pada tahun 2022.

SEA Games 2021 ini pun kursi kepelatihan Timnas Indonesia ditangani oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Di edisi kali ini ia mencoba mengombinasikan pemain muda dan senior.

Tetapi meski begitu pemain Persija Jakarta tetap menghiasi skuad SEA Games kala itu.

Setidaknya di SEA Games 2021 terdapat tiga pemain Persija Jakarta. Mereka antara lain Ilham Rio Fahmi, Firza Andika, dan Syahrian Abimanyu.

Sayang dalam SEA Games kali ini Timnas Indonesia kembali gagal melenggang hingga babak final. Alhasil mereka hanya mampu mempersembahkan medali perunggu.

Dalam perebutan mendali perunggu, Timnas Indonesia berhasil menang atas Malaysia lewat drama adu penalti.

Persija JakartaSEA GamesTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini